x

6 Bek yang Paling Sering Mencetak Gol di Lapangan

Kamis, 7 Maret 2019 09:10 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi Sergio Ramos usai cetak gol ke gawang Atletico Madrid

INDOSPORT.COM - Umumnya, pemain sepak bola yang bertugas utama untuk mencetak gol adalah penyerang atau striker, bisa juga gelandang serang dan gelandang sayap.

Sementara untuk gelandang bertahan atau mereka yang berposisi sebagai bek jelas bertugas untuk menjaga lini pertahanan agar timnya tidak kebobolan.

Namun, sepak bola yang modern pada masa kini sudah didasari dengan konsep Johann Cruyff tentang Total Football yang belum pernah ada sebelumnya. Tak heran jika kini Anda dapat melihat striker yang bertahan dan justru para bek mencetak gol.

Berikut, 6 bek yang cukup sering mencetak gol baik ketika bermain untuk klub profesional maupun saat bertugas membela negaranya di tim nasional seperti dikutip dari Sokkaa.

Baca Juga

1. 6. Marcelo - (Brasil, Real Madrid)

Marcelo, bek kiri Real Madrid.

Marcelo adalah tipe pemain yang selalu siap menyerang, membongkar pertahanan lawan dari sisi kiri dan memiliki catatan gol bagus sebagai bek. Ia memiliki kaki kiri yang lihai seperti kebanyakan pemain Brasil.

Dia telah mencetak 36 gol dalam 476 penampilan untuk Real Madrid. Pemain berambut kribo ini sering menggunakan kecepatan kakinya di dalam kotak penalti dan membuat ruang untuk tembakan.

5. Thomas Meunier - (Belgia, PSG)

Thomas Meunier menjadi pencetak gol pembuka bagi Belgia di laga perebutan juara ketiga Piala Dunia 2018 melawan Inggris.

Setelah bermain apik dalam Piala Dunia 2018 bersama Timnas Belgia, Thomas Meunier kembali mencetak gol di Liga Champions untuk klubnya, PSG.

Meunier umumnya mencetak gol dengan berlari ke area penalti, di mana kaki kanannya selalu tepat dan efektif. Pemain berusia 27 tahun itu memiliki 12 gol dalam 95 laga bersama PSG.

4. Marcos Alonso (Spanyol, Chelsea)

Bek kiri Chelsea, Marcos Alonso.

Setelah memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea dari Fiorentina pada musim 2016/17, Marcos Alonso telah menjadi ikon pencetak gol di Inggris.

Ia bahkan mencetak 6 gol pada tahun debutnya. Tak hanya memiliki kaki kiri yang fantastis, Alonso juga lihai mencetak gol dengan kaki kanan dan sundulan. Dia adalah spesialis tendangan bebas bagi tim. Total ia sudah membukukan 15 gol dalam 112 pertandingan bersama tim London Barat.


2. 3. Gerard Pique (Spanyol, Barcelona)

Gerard Pique melakukan selebrasi setelah mencetak gol.

Sangat jarang melihat seorang bek yang mencetak 50 gol sepanjang karirnya. Pique memiliki rekor mencetak gol setiap musim untuk Barcelona.

Itulah yang menjadikannya salah satu bek tengah terbaik. Sikapnya tenang dan sangat waspada di kotak penalti, membuatnya menjadi ancaman dalam setiap serangan.

Berposisi sebagai bek tengah, Pique telah mengemas 43 gol dalam 483 pertandingan bersama Barcelona di seluruh kompetisi.

2. Naldo (Brasil, Schalke 04)

Naldo mengontrol bola saat membela Schalke

Naldo adalah bek asal Brasil yang telah mengoleksi 70 gol. Pemain asal Brasil ini bahkan mencetak gol untuk setiap klub dimana ia berlabuh.

Namun sayangnya, dia tidak bisa mencetak gol untuk tim nasional Brasil. Naldo adalah tipe bek yang memiliki penguasaan bola yang baik, spesialis tendangan bebas, dan bisa menciptakan gol dari bola mati.

Meski bersama klub barunya di AS Monaco ia belum mencetak gol, namun ia pernah aktif mencetak gol bersama mantan klubnya, Wolfsburg, yakni 20 gol dalam 163 laga.

1. Sergio Ramos (Spanyol, Real Madrid)

Sergio Ramos berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Al Ain.

Ketika seorang berposisi sebagai bek tengah berhasil mengoleksi 84 gol dalam 603 laga, maka tak ada kata yang tepat selain melabelinya dengan predikat istimewa. Seperti kebanyakan bek tengah, Ramos adalah ancaman dari bola mati.

Namun, yang membuatnya berbeda dari bek lain adalah keinginannya untuk selalu mengusai bola. Gol menit-menit terakhirnya akan selalu menjadi ingatan manis bagi penggemar Madrid.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM


3. 1. Sergio Ramos (Spanyol, Real Madrid)

Aksi selebrasi Sergio Ramos usai cetak gol ke gawang Atletico Madrid.

Ketika seorang bek berhasil mengoleksi 93 gol, maka tak ada kata yang tepat selain melabelinya dengan predikat istimewa. Seperti kebanyakan bek tengah, Ramos adalah ancaman dari bola mati.

Namun, yang membuatnya berbeda dari bek lain adalah keinginannya untuk selalu mengusai bola. Gol menit-menit terakhirnya akan selalu menjadi ingatan manis bagi penggemar Madrid.

MarceloSergio RamosGerard PiqueNaldoBola InternasionalMarcos Alonso

Berita Terkini