x

Analisis Piala Indonesia PSM Makassar vs Madura United: Dominasi Duo Belanda dan ‘Ronaldo’

Minggu, 30 Juni 2019 20:05 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – PSM Makassar sukses memetik kemenangan berharga atas Madura United dalam semifinal leg pertama Kratingdaeng Piala Indonesia, berikut analisisnya.

Bertanding di Stadion Andi Mattalata, Makassar, PSM sukses menumbangkan ‘Los Galacticos’ Madura United dengan skor 1-0. Gol semata wayang PSM Makassar sendiri diciptakan oleh Zulham Zamrun.

Baca Juga

Pemain yang berjuluk Cristiano Ronaldo Indonesia itu sukses mencetak gol di menit ke-37 setelah menerima umpan manis dari Asnawi Mangkualam. Dengan hasil itu, PSM Makassar mengantongi keuntungan berupa unggul 1-0 di leg pertama.

Baca Juga

Keberhasilan PSM Makassar unggul atas Madura United di leg pertama bisa dikatakan berkat dominasi yang dilakukan oleh duo Belanda dan ‘Ronaldo’. Lalu kini timbul pertanyaan, bagaimana dominasi yang dilakukan duo Belanda dan ‘Ronaldo’ itu?


1. Dominasi Duo Belanda dan ‘Ronaldo’

Selebrasi pemain PSM Makassar, Zulham Zamrun pada laga Kratingdaeng Piala Indonesia, Minggu (30/06/2019). Foto: Instagram@psm_makassar

Berdasarkan jalannya pertandingan, dapat kita lihat dengan mata telanjang jika berkat kehadiran duo Belanda itu, PSM Makassar sukses mendominasi jalannya laga. Duo Belanda itu adalah Marc Klok dan Wiljan Pluim.

Marc Klok yang saat ini sedang menjalani proses naturalisasi bermain begitu disiplin dalam menjaga keseimbangan tim. Berkali-kali Madura United melancarkan serangan balik sukses dihambat oleh Klok.

Tak hanya itu, Klok juga sesekali membantu penyerangan dengan pergerakan coming from behind sehingga menciptakan situasi overload (pemain PSM lebih banyak dari Madura United di suatu area). Sehingga pergerakan Marc Klok sangat merepotkan.

Sedangkan Wiljan Pluim benar-benar bertindak sebagai otak serangan PSM, berkali-kali ia melepaskan umpan crossing yang sangat berbahaya.

Baca Juga

Tak hanya itu, dengan postur tinggi besarnya, ia sanggup men-delay bola saat sedang membuka pertahanan Madura United.

Sehingga itu membuat Madura United terisolasi di daerah pertahanannya sendiri karena tidak bisa lepas dari tekanan PSM yang dipimpin oleh Pluim.

Tak hanya Pluim sebenarnya, sektor sayap PSM juga begitu hidup dan sukses mengacaukan pertahanan Madura United.

Asnawi Mangkualam yang bertindak sebagai bek kanan, bermain begitu lepas dengan berkali-kali ia melakukan overlap yang membuat pertahanan Madura United kalang kabut. Puncaknya ia memberikan asis bagi gol kemenangan PSM.

Gol kemenangan sendiri diciptakan oleh ‘Cristiano Ronaldo’ Indonesia alias Zulham Zamrun yang terus menari ke sana ke mari menghipnotis pertahanan Madura United di sepanjang laga.

Baca Juga

Namun sayang di babak kedua, peforma dirinya sudah menurun sehingga digantikan di pertengahan laga.

Lantas bagaimana dengan taktik yang dijalankan oleh Madura United? Pelatih Dejan Antonic tampak sadar bahwa ia tidak bisa menandingi lini tengah PSM. Pelatih PSM, Darije Kalezic memiliki Pluim dan Klok yang sukses menguasai lapangan tengah.

Oleh karena itu, Madura United memainkan strategi serangan balik cepat dengan mengandalkan Marckho Merauje dan Greg Nwokolo di sisi sayap. Tapi sayang cara itu masih bisa ditahan oleh PSM di mana Klok bertindak sebagai penyeimbang tim.

Sehingga di babak kedua, Madura United mencoba untuk menandingi lini tengah PSM dengan berharap pada Asep Berlian.

Tapi lagi-lagi itu tidak terlalu efektif sehingga pada akhirnya ini menjadi PR bagi Dejan Antonic untuk mencari cara memenangi duel di tengah melawan Pluim dan Klok di leg kedua nanti, andai ingin mengejar gelar juara Kratingdaeng Piala Indonesia.

Cristiano RonaldoZulham ZamrunPSM MakassarKratingdaeng Piala IndonesiaMadura United FCReviewLiga IndonesiaMarc KlokWillem Jan PluimReview Big MatchBola Indonesia

Berita Terkini