x

Fandry Imbiri, Bek Tengah yang Luput dari Perhatian Timnas Indonesia dan Simon McMenemy

Sabtu, 27 Juli 2019 15:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Fandry Imbiri, bek tengah kokoh yang luput dari perhatian Timnas Indonesia dan Simon McMenemy

INDOSPORT.COM - Di tengah maraknya pemberitaan proses naturalisasi Otavio Dutra dan segera masuk Timnas Indonesia, mungkin banyak yang tak memperhatikan kualitas Fandry Imbiri, bek tengah Madura United sejauh Liga 1 2019 ini.

Fandry Imbiri merupakan pemain yang beroperasi di posisi bek tengah dan telah menjadi tumpuan jantung pertahanan Madura United sejak awal Liga 1 2019 ini.

Dengan Otavio Dutra tinggal menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres) untuk penetapan dirinya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), semua mata tertuju pada bek keturunan asing Persebaya Surabaya itu.

Baca Juga

Banyak yang mengatakan bahwa Otavio Dutra bisa langsung dipanggil ke Timnas Indonesia senior yang pada bulan September 2019 mendatang akan segera menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun tak banyak orang yang melihat lebih jauh, bahwa ada bek tengah asli Indonesia kelahiran Jayapura yang punya kualitas tak kalah dari Dutra.

Baca Juga

Bek itu bernama Fandry Imbiri, dan INDOSPORT rasa dia sangat cocok untuk bisa dipanggil seleksi Timnas Indonesia senior oleh pelatih kepala Simon McMenemy.

Masih penasaran kenapa Fandry Imbiri sangat cocok untuk bisa masuk ke Timnas Indonesia? Berikut kami berikan ulasan tentang penampilan Fandry Imbiri dalam dua musim terakhir kariernya di Liga 1.


1. Fandry Imbiri Bersinar Sejak Bersama Persebaya di Liga 1 2018

Fandry Imbiri saat masih bermain untuk Persebaya Surabaya di Liga 1 2018.

Seperti yang kita ketahui, Fandry Imbiri memiliki catatan gemilang bersama Persebaya sebelum memutuskan untuk berlabuh ke Madura United jelang Liga 1 2019 ini.

Saat masih berseragam Persebaya Surabaya, Fandry Imbiri mencatat sebanyak 22 penampilan di Liga 1 2018, dengan mencatat dua gol dan lima kartu kuning. Sebuah statistik yang mengesankan untuk seorang bek tengah.

Dari 22 penampilannya bersama Persebaya dan bermain sebagai bek tengah, Fandry juga berhasil membawa Bajul Ijo mencatat clean sheet sebanyak enam pertandingan di Liga 1 2018 lalu.

Baca Juga

Bahkan saat di Persebaya Surabaya musim lalu, Fandry juga beberapa kali berduet dengan Otavio Dutra. Di mana keduanya tentu sudah memiliki perpaduan jika dipasang sebagai duet bek tengah Timnas Indonesia nantinya.

Bermain cukup baik untuk Persebaya, Fandry Imbiri tiba-tiba memutuskan untuk pindah ke Madura United. Menurutnya, dirinya sedikit kecewa dengan manajemen Persebaya.

"Saya sudah sampaikan ke manajemen Persebaya ingin bertahan. Tapi ada satu dan lain hal membuat saya sedikit kecewa dan akhirnya memilih Madura United yang serius," ucap Fandry kepada awak wartawan saat itu.

Baca Juga

Fandry Imbiri Membuktikan Kualitas di Madura United

Fandry Imbiri (kiri) dikawal Arthur Cunha (kanan) pada laga Madura United vs Arema FC di Stadion Gelora Ratu Pamelingan dalam lanjutan pekan ke-10 Liga 1 2019, Sabtu (20/07/19).

Madura United saat mendatangkan Fandry Imbiri, mereka baru saja merekrut Jaimerson da Silva dari Persija Jakarta. Bek tengah asing asal Brasil yang memiliki kualitas tak terbantahkan.

Keputusan Fandry Imbiri mungkin dipandang sebagian besar pecinta sepak bola akan berujung blunder, apalagi Madura United juga memiliki bek tengah langganan Timnas Indonesia dalam diri Fachruddin Aryanto.

Namun dengan mengejutkan, Fandry Imbiri mampu menggeser Fachruddin dan menjadi langganan Dejan Antonic di jantung pertahanan dengan diduetkan bersama Jaimerson sejak awal Liga 1 2019 ini.

Dari 8 pertandingan Liga 1 2019 yang sudah dimainkan Madura United sejauh musim ini, Fandry Imbiri hanya sekali tak dimainkan. Di mana ketujuh penampilannya hanya sekali dirinya tak bermain penuh 90 menit.

Yang berarti Fandry Imbiri memang benar-benar diandalkan oleh Madura United di jantung pertahanan. Dia juga baru mengoleksi dua kartu kuning dari 7 penampilannya, catatan yang cukup bersih untuk seorang bek tengah di Liga 1 2019.

Baca Juga

Melihat statistik Fandry Imbiri di Liga 1 2019 yang sudah dipaparkan di atas, tentu kalian akan merasa bahwa Simon McMenemy harus memberi kesempatan padanya untuk masuk ke Timnas Indonesia senior.

Jika memang ingin memanggil Otavio Dutra ke Timnas Indonesia, diduetkan dengan Fandry Imbiri mungkin menjadi opsi yang brilian untuk Simon McMenemy di Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang. Siapa yang tahu?

Persebaya SurabayaPiala Dunia 2022Timnas IndonesiaOtavio DutraMadura United FCLiga IndonesiaSimon McMenemyLiga 1Bola IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022Fandry Imbiri

Berita Terkini