x

Mengenal Tan Cheng Hoe, Pelatih Malaysia yang Siap Buat Ulah dengan Timnas Indonesia

Rabu, 4 September 2019 16:03 WIB
Editor: Coro Mountana
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia patut berhati-hati dengan Malaysia yang akan dilatih oleh sosok pelatih bertangan dingin yaitu Tan Cheng Hoe, siapa sebenarnya dia?

Timnas Indonesia akan memulai petualangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan melawan Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (04/09/19) malam.

Laga ini akan menjadi penentu apakah Timnas Indonesia bisa melangkah jauh di kualifikasi Piala Dunia atau tidak.

Baca Juga

Pasalnya, andai gagal mengalahkan Malaysia, maka peluang Timnas Indonesia bakal menjadi pelik. Hal itu dikarenakan selain Malaysia, Timnas Indonesia akan menghadapi tim-tim kuat seperti Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab.

Untuk itu, skuat asuhan Simon McMenemy wajib memetik tiga poin perdana di kandang sendiri atas Malaysia.

Masalahnya, Malaysia bukanlah tim sembarangan di level Asia Tenggara dan tentu memiliki peluang untuk membuat ulah dengan Timnas Indonesia esok malam.

Baca Juga

Itu semua bisa terjadi karena Malaysia ditangani oleh sosok pelatih bertangan dingin seperti Tan Cheng Hoe. Siapa Tan Cheng Hoe?


1. Mengenal Tan Cheng Hoe

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

Tepat di Kedah, Malaysia pada 51 tahun yang lalu, lahirlah Tan Cheng Hoe yang sepertinya sudah ditakdirkan untuk membawa sepak bola Harimau Malaya berkembang lebih muda.

Masa muda Tan Cheng Hoe pun dihabiskan dengan bermain sepak bola sebagai gelandang.

Pensiun dari lapangan hijau tak bisa membuat Tan Cheng Hoe jauh dari kecintaannya dengan sepak bola. Untuk itu, ia pun memutuskan untuk belajar menjadi seorang pelatih dan itu sudah dimulai sejak 2004 saat bertemu K. Rajagopal.

Tercatat semenjak itu Tan Cheng Hoe selalu menemani Rajagopal sebagai asisten pelatihnya melanglang buana membangun sepak bola Malaysia. Mulai dari Malaysia U-19, U-23, hingga akhirnya tim senior pada 2009.

Pernah Punya Pengalaman Sakiti Timnas Indonesia

Maman Abdurahman di final Piala AFF 2010.

Saat menjadi asisten pelatih Rajagopal di Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe pun mendapatkan pengalaman berharga dengan menyakiti Timnas Indonesia.

Tan Cheng Hoe menjadi salah satu kunci bagaimana Malaysia berhasil mengalahkan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010.

Meski hanya menjadi asisten pelatih saja saat itu, tetap saja sedikit banyak ada peran Tan Cheng Hoe dalam pengambilan keputusan Rajagopal dalam final melawan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Seperti yang kita tahu saat itu, Timnas Indonesia kalah agregat 2-5 dari Malaysia.

Sebaliknya, Tan Cheng Hoe bersama Rajagopal justru dinobatkan sebagai pahlawan oleh Malaysia karena mampu menghadirkan satu-satunya trofi Piala AFF ke negeri Jiran. Tentu ini perlu menjadi alarm bagi Timnas Indonesia.

Pasalnya, Tan Cheng Hoe sangat tahu nikmatnya mengalahkan Timnas Indonesia sehingga itu perlu diwaspadai oleh skuat asuhan Simon McMenemy. Namun begitu, ternyata Tan Cheng Hoe pernah sial juga ketika melawan pelatih asal Indonesia.


2. Pernah Dibantai Pelatih Asal Indonesia

Rahmad Darmawan, pelatih asal Indonesia yang pernah membantai Tan Cheng Hoe.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Tan Cheng Hoe ternyata pernah merasakan kekalahan yang sangat telak ketika beradu strategi dengan pelatih asal Indonesia. Adalah Rahmad Darmawan yang pernah membantai Tan Cheng Hoe di Liga Super Malaysia.

Singkat cerita seusai membawa Malaysia juara Piala AFF 2010 bersama Rajagopal, Tan Cheng Hoe naik pangkat menjadi pelatih tapi di tim lokal bernama Kedah pada 2014. Bersama Kedah, Tan Cheng Hoe boleh dikatakan sukses.

Tan Cheng Hoe berhasil menggondol sejumlah trofi bergengsi bagi Kedah seperti Liga Primer Malaysia (2005), Piala Malaysia (2016), dan Malaysia Charity Shield (2017).

Baca Juga

Bukan hanya itu, Tan Cheng Hoe bahkan dinobatkan sebagai pelatih terbaik pada 2016 di Malaysia.

Semua tampak sempurna bagi Tan Cheng Hoe, tapi sebenarnya dirinya pernah mencatatkan noda hitam dengan kalah telak dari T-Team yang diasuh oleh pelatih asal Indonesia, Rahmad Darmawan dalam lanjutan Liga Super Malaysia 2017.

Tepat 15 April, T-Team sukses membantai Kedah dengan skor 5-0 yang mana salah satu golnya dipersembahkan oleh penyerang Persipura di Liga 1 2019, Mamadou Samassa. Namun begitu, nama Tan Cheng Hoe sudah terlanjur begitu harum.

Hingga akhirnya ‘angin’ membawanya ke posisi pelatih Timnas Malaysia sejak 2017 yang lalu.

Bawa Malaysia ke Final Piala AFF 2018

Perayaan juara Vietnam di Piala AFF 2018

Di Malaysia, Tan Cheng Hoe diberikan pekerjaan rumah untuk membangkitkan gairah sepak bola yang sempat lesu usai ditinggal oleh Ong Swee Kim. Ujian bagi Tan Cheng Hoe pun hadir di Piala AFF 2018 di mana tidak ada yang berani menjagokan Malaysia.

Tan Cheng Hoe pun berbicara kepada Fox Sports bahwa Malaysia adalah tim yang tak diunggulkan untuk melangkah jauh.

Namun ternyata itu hanya jebakan saja karena Malaysia berhasil membuat kejutan dengan melaju ke final sebelum dihentikan oleh Vietnam.

Baca Juga

Bahkan dalam perjalanannya ke final Piala AFF 2018, Tan Cheng Hoe berhasil membawa Malaysia menyingkirkan Thailand, tim yang membantai Timnas Indonesia di fase grup. Sejatinya catatan rekor Tan Cheng Hoe bersama Malaysia pun cukup menakjubkan.

Dari 14 laga yang ia pimpin, Malaysia berhasil ia bawa untuk meraih kemenangan sebanyak 8 kali dan hanya menelan kekalahan sebanyak 3 kali saja. Dari catatan itu, Tan Cheng Hoe jelas bukan pelatih sembarangan.

Kualitas dan potensinya bisa dikatakan cukup mirip dengan Rajagopal yang sudah sangat kita kenal pada Piala AFF 2010. Jika Timnas Indonesia lengah esok malam, bukan tidak mungkin Tan Cheng Hoe benar-benar bakal buat ulah atas nama Malaysia.

Piala DuniaRahmad DarmawanMalaysiaPiala Dunia 2022Timnas IndonesiaRajagobal KrishnasamyIn Depth SportsTan Cheng HoeKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini