x

Lama Menganggur dan Berpeluang ke Indonesia, 4 Klub Liga 1 Mampu Boyong Luis Milla

Minggu, 26 April 2020 09:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Terdapat 4 klub sepak bola nasional Liga 1 yang mampu memboyong pelatih asal Spanyol Luis Milla usai lama menganggur (jalan dua tahun).

INDOSPORT.COM - Terdapat 4 klub sepak bola nasional Liga 1 yang mampu memboyong pelatih asal Spanyol Luis Milla usai lama menganggur (jalan dua tahun).

Luis Milla tengah berharap kembali bisa melatih sebuah klub sepak bola usai rehat cukup lama pasca menanganti Timnas Indonesia pada 2018 lalu.

Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu berkeinginan dapat menukangi klub-klub Divisi 2 Liga Spanyol usai pandemi virus corona (COVID-19) ini berakhir.

"Jika tidak, saya masih memiliki opsi lain agar dapat melatih klub lagi, seperti kala berkarier di Uni Emirat Arab (UEA) atau Indonesia," ujar Milla dikutip AS, Jumat (24/04/20).

Baca Juga
Baca Juga

Negara terakhir yang disampaikan Milla cukup realistis akan kondisi saat ini. Pasalnya. pelatih berusia 54 tahun itu sempat menangani Timnas Indonesia.

Milla turut menyumbang medali perunggu untuk Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2017, meski kemudian gagal di Asian Games 2018 serta Piala AFF 2018.

Dengan mengetahui seluk-beluk sepak bola Indonesia, tak ada salahya Milla mengambil kesempatan melatih salah satu klub di Liga 1.

Selain untuk mengangkat reputasi sendiri, setidaknya Milla turut membawa penyegaran perihal taktik atau sistem bermain di lapangan.

Baca Juga
Baca Juga

Maka dari itu, berikut ini diprediksi beberapa klub Liga 1 yang dapat memboyong Luis Milla sebagai kepala pelatih anyar.

1. Bali United

Profil tim Bali United untuk Liga 1 2020.

Bali United menjadi salah satu peserta Liga 1 yang kemungkinan bisa memboyong Luis Milla sebagai kepala pelatih anyar jika melepas Stefano Cugurra.

Pasalnya, Milla memiliki pemahaman taktik yang luar biasa mumpuni. Hal itu terlihat dari perkembangan Timnas Indonesia selama diasuh Milla.

Selain itu, faktor finansial Bali United juga kemungkinan bisa menggaji Milla yang selama di Indonesia memilih tinggal di kawasan Pulau Dewata.

2. Persija Jakarta

Profil tim Persija Jakarta untuk Liga 1 2020.

Berikutnya ada jawara Liga 1 2018 Persija Jakarta yang dapat memboyong Luis Milla. Macan Kemayoran saat ini tengah menyongsong era baru.

Di bawah komando Ferry Paulus, Persija menjadi salah satu klub yang kuat perihal finansial. Hal itu terbukti dengan kontrak para pemain yang diganjar dua tahun lebih.

Selain itu, keinginan Persija dilatih Milla bisa saja terwujud usai pada awal musim 2019, manajemen Macan Kemayoran pernah menjalin komunikasi dengan pihak Milla.

Baca Juga
Baca Juga

3. PSM Makassar

Profil tim PSM Makassar untuk Liga 1 2020.

Selanjutnya, Luis Milla mampu diboyong oleh kampiun Piala Indonesia 2018-19 PSM Makassar. Mengingat Juku Eja kental nuansa Eropa.

Hal itu terbukti dengan kehadiran Robert Rene Alberts (2016-18), Darije Kalezic (2019), dan Bojan Hodak (2020). Tiga pelatih itu berasal dari Eropa.

Tak hanya itu, kualitas skuat PSM juga patut diperhitungkan. Terlebih, Milla dapat satu playmaker andalan dalam sosok Wiljan Pluim.

4. Persib Bandung

Profil tim Persib Bandung untuk Liga 1 2020.

Terakhir, ada pemenang Indonesia Super League (ISL) 2014 Persib Bandung yang diprediksi dapat memboyong Luis Milla jika melepas Robert Rene Alberts.

Persib sempat mengontak Luis Milla pada awal 2019 lalu. Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono.

Selain itu, Milla juga dapat keuntungan karena kembali melatih winger Febri Hariyadi yang selalu menjadi andalan di Timnas Indonesia pada masanya.

Persib BandungPersija JakartaPSM MakassarPelatihLuis MillaBali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1TRIVIABola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini