x

Timnas Pakistan, Negara Muslim Asia Dengan Skuat Penuh Pemain Eropa

Selasa, 30 Juni 2020 19:11 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Timnas Pakistan, Negara Muslim Asia Dengan Skuat Penuh Pemain Eropa

INDOSPORT.COM - Mengenal Timnas Pakistan, sebuah negara muslim di kawasan Asia yang skuatnya penuh dengan pemain dari klub Eropa.

Pakistan sendiri dalam dunia sepak bola memang kurang begitu terkenal, tercatat negara yang memiliki luas 881,913 km2 ini hanya mampu bicara di ajang South Asian Games (SEA Games wilayah Asia Selatan).

Dalam ajang tersebut, Timnas U-23 Pakistan berhasil meraih empat kali medali emas yang didapat pada gelaran tahun 1989, 1991, 2004, dan 2006.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara dalam kelas senior, Timnas Pakistan cuma bisa meraih tempat ketiga pada ajang SAFF Championship (Piala AFF zona Asia Selatan) tahun 1997. Serta empat kali menjadi semifinalis pada tahun 1993, 2003, 2005, dan  2018.

Layaknya negara-negara Asia Selatan, olahraga yang paling populer di Pakistan adalah cricket dan juga hoki lapangan. Beberapa pencapaian manis pun berhasil diraih Pakistan lewat dua cabang olahraga tersebut.

Cricket misalnya, dalam cabang ini Pakistan berhasil menjuarai Piala Dunia cricket tahun 1992, ICC World Twenty20 tahun 2009 serta ICC Champions Trophy tahun 2017 silam.

Sedangkan di ajang hoki lapangan, Timnas Pakistan meraih tiga medali emas ajang Olimpiade, empat kali juara Hockey World Cup, serta menjadi satu-satunya negara Asia yang mampu meraih gelar prestisius dunia sebanyak tiga kali.

Namun meski kekuatan sepak bolanya kurang begitu diperhitungkan, terdapat beberapa fakta serta catatan menarik dari skuat berjuluk 'Pak Shaheen' ini.

Salah satunya adalah pemain Timnas Pakistan yang mayoritas bermain di kompetisi Eropa. Berbeda dengan negara-negara kecil lain, biasanya skuat timnas mereka dihuni oleh pemain yang tampil di kompetisi lokal.

Baca Juga
Baca Juga

Kamboja misalnya, negara dari kawasan ASEAN ini hampir tidak pernah diperkuat oleh pemain yang mentas di luar Liga Kamboja. Alasannya, tidak banyak klub asing yang berminat mendatangkan pemain Kamboja.

Hal yang berbeda justru dirasakan Pakistan, meski kekuatan sepak bola mereka lemah namun banyak tim-tim Eropa yang mau memakai jasa pemain dari Pakistan.


1. Pakistan di Liga Eropa

Striker Timnas Pakistan, Saadullah Khan sempat dirumorkan ke Persib Bandung untuk Liga 1 2019.

Inggris dan Denmark menjadi liga yang paling sering dihuni pemain Pakistan. Tercatat, dalam daftar skuat Timnas Pakistan yang disiapkan tampil di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti, ada sembilan pemain yang tampil di Eropa.

Sembilan pemain tersebut terdiri dari lima pemain asal Liga Denmark, tiga pemain asal Liga Inggris serta satu pemain dari Liga Turki.

Salah satu legenda Pakistan yang bersinar di Liga Inggris adalah Zesh Rehman. Bek berusia 36 tahun tersebut pernah malang-melintang memperkuat tim Britania Raya, diantaranya Fulham, Brighton & Hove Albion, Norwich City, Queens Park Rangers dan Blackpool.

Capaian terbaiknya terjadi saat memperkuat Fulham tahun 2003 hingga 2006 silam, dimana Zesh Rehman berhasil mencatatkan 30 penampilan dan torehan satu gol di ajang Liga Primer Inggris.

Untuk skuad saat ini, pemain yang cukup bersinar adalah Umer Hayat (di kasta teratas Liga Turki), serta Adnan Mohammad yang mentas di kasta tertinggi Liga Denmark.

Sejatinya bukan tanpa sebab kenapa para pemain asal Pakistan bisa banyak tampil di kompetisi Inggris maupun negara Eropa lainnya.

Itu disebabkan karena para pemain Pakistan banyak yang merupakan keturunan atau imigran yang telah lama tinggal di Eropa, sehingga mereka bisa direkrut oleh tim lokal dengan status homegrown.

Hal itu juga dipermudah dengan sistem kewarganegaraan Pakistan yang menganut dwi kewarganegaraan. Sehingga pemain keturunan Pakistan yang lahir di Eropa, masih bisa memperkuat Timnas Pakistan tanpa takut kehilangan status WNA yang menjadi syarat tampil di kompetisi Eropa.

DenmarkLiga Primer InggrisPakistanLiga InggrisBola InternasionalprofilBerita Liga Inggris

Berita Terkini

Berita Terpopuler