x

Mengenal Mattia Zaccagni, Gelandang Subur Italia Calon Pengganti Calhanoglu di AC Milan

Jumat, 8 Januari 2021 12:19 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Klub raksasa Liga Italia, AC Milan, dikabarkan tengah mengincar gelandang serang Hellas Verona, Mattia Zaccagni, yang diproyeksikan sebagai pesaing Calhanoglu.

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Italia, AC Milan, dikabarkan tengah mengincar gelandang serang Hellas Verona, Mattia Zaccagni. Zaccagni ingin didatangkan AC Milan pada musim dingin ini untuk menjadi pesaing Hakan Calhanoglu di lini tengah. 

AC Milan saat ini tengah dalam kegamangan perihal nasib Hakan Calhanoglu. Sampai saat ini, pemain bintang asal Turki itu belum juga menandatangani kontrak baru. 

Meski begitu, Milan berharap Calhanoglu untuk bertahan di San Siro. Terlepas dari nasib tak menentu Calhanoglu, Milan diyakini tetap ingin mendatangkan gelandang serang baru. 

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini tak terlepas dari situasi yang dialami Brahim Diaz. Seperti diketahui, Milan membutuhkan pesaing sekaligus pelapis sepadan bagi Hakan Calhanoglu jika sang pemain bertahan. Selama ini peran itu diemban oleh Brahim Diaz. 

Persoalannya, Brahim Diaz cuma bisa semusim berada di San Siro lantaran Real Madrid tak mengizinkan adanya klausul pembelian permanen untuk bintang mudanya itu. 

Akhirnya, pilihan Milan pun jatuh kepada Mattia Zaccagni. Siapa sebetulnya sosok Mattia Zaccagni sampai-sampai Milan tertarik kepadanya?

Mattia Zaccagni 

Mattia Zaccagni merupakan pemain berposisi gelandang serang tengah yang bermain di klub Hellas Verona. Pemain berusia 25 tahun ini menjalani debut Serie A sejak musim lalu bersama dengan Verona.

Di musim debutnya di Serie A Italia, Mattia Zaccagni dipercaya penuh untuk mengisi posisi gelandang tengah Hellas Verona. Total, 34 penampilan berhasil dicatatkannya dengan kontribusi 2 gol dan 9 assist. 

Statistik ini terbilang gemilang bagi pemain yang merumput di tim promosi. Penampilan apik Mattia Zaccagni turut menaikan pamor Hellas Verona sebagai tim kuda hitam Serie A. 

Pada musim 2020-2021 ini, Mattia Zaccagni kembali dipercaya oleh Hellas Verona untuk mengisi barisan tengah. Zaccagni tampil tak tergantikan musim ini dengan main penuh di 16 pertandingan awal Liga Italia. 

Dari jumlah penampilan itu, ia sudah mencatatkan 4 gol dan 5 assist. Statistik ini lebih baik dibanding musim lalu. 

Maka dari itu, tak heran jika Zaccagni jadi buruan sejumlah klub ternama, termasuk AC Milan, di bursa transfer musim dingin ini. Sebagai seorang gelandang, Mattia Zaccagni terbilang sangat versatile. 

Zaccagni tercatat bisa memainkan banyak posisi dilini tengah mulai dari gelandang tengah, gelandang serang tengah, gelandang kiri, dan sayap kiri. 

Berdasarkan catatan musim ini, Zaccagni telah melakoni peran sebagai gelandang serang sebanyak 12 kali dengan sumbangan 4 gol dan 4 assist. Kemudian, Zaccagni juga dimainkan di posisi gelandang kiri sebanyak satu kali dan sayap kiri dua kali dengan kontribusi satu assit. 

Sebagai seorang gelandang, mantan pemain U-19 Verona ini memiliki kelebihan dalam memberikan umpan kunci. Ia juga piawai dalam melakukan dribel, menahan bola, sampai berkontribusi dalam pertahanan. 

Melihat gaya mainnya, pemain yang pernah dipinjamkan ke Venezia itu tergolong gelandang kokoh yang tak mudah terjatuh atau pun melakukan diving. Itu sebanyak, ia kerap jadi sasaran pelanggaran keras. 

Mattia Zaccagni sering menjadi pemain terbaik untuk tim Verona di lapangan hijau. Situs Whoscored pernah memberikannya rating 8.59 pada laga menghadapi Atalanta (2-0) di mana ia mencetak gol dan assist.  

Kedatangan Mattia Zaccagni ke San Siro tentu bisa memberikan suntikan kekuatan signifikan untuk Rossoneri. Saat ini, Milan begitu ketergantungan kepada sosok Hakan Calhanoglu di pos gelandang serang. 

Masalahnya, meski tampil gemilang di 2020, Hakan Calhanoglu belum lepas sepenuhnya dari penyakit inkonsistensi. Hakan Calhanolgu kerap menemukan hari sial di mana ia gagal memberikan dampak besar di lapangan tengah AC Milan. 

Di sinilah peluang bagi Mattia Zaccagni untuk berkontribusi dan membuktikan diri untuk AC Milan. Zaccagni mampu tampil konsisten di Verona dan kerap mendapat rating 7 ke atas (whoscored). 

Dengan usia yang masih 25 tahun, Mattia Zaccagni pun diyakini bakal jadi aset berharga untuk AC Milan di masa mendatang. Meski begitu, usaha Milan untuk mendapatkannya cukup terjal. 

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, I Rossoneri harus bersaing dengan rival Liga Italia lainnya, AS Roma, yang juga ngebet untuk meminangnya. Untuk bisa mendatangkan Mattia Zaccagni di bursa transfer musim dingin, AC Milan diyakini harus merogoh kocek setidaknya 15 juta euro. 

AC MilanHakan CalhanogluLiga ItaliaBrahim DiazBerita Liga ItaliaMattia Zaccagni

Berita Terkini