x

Usai Babak Belur Lawan Inter Milan, AC Milan Disarankan Pakai Formasi Ini

Selasa, 23 Februari 2021 00:30 WIB
Editor: Coro Mountana
Stefano Pioli, manajer AC Milan

INDOSPORT.COM – Usai dihajar habis-habisan oleh Inter Mian, AC Milan pun mulai disarankan oleh banyak pengamat untuk mengganti formasi.

Ketika AC Milan dihadapkan misi harus menghabisi Inter Milan akhir pekan lalu di Serie A Italia, hasilnya malah anti klimaks. AC Milan malah dibantai 0-3 oleh Inter Milan di San Siro yang merupakan markas mereka.

Berbagai kritikan dari tifosi pun dilayangkan kepada para pemain AC Milan yang tampil buruk. Salah satunya untuk Alessio Romagnoli yang dianggap sebagai salah satu biang kerok kekalahan AC Milan dari Inter Milan.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya kritikan, berbagai saran pun juga ikut diberikan kepada AC Milan usai babak belur lawan Inter Milan. Salah satu saran yang paling menarik perhatian adalah desakan agar AC Milan untuk mengubah formasi saat ini.

Sebagai informasi, AC Milan di bawah asuhan Stefano Pioli, terlihat sering mengandalkan formasi 4-2-3-1. Sebuah formasi yang sangat seimbang sebenarnya, hanya saja para pengamat di La Gazzetta dello Sport melihat, dalam formasi itu terdapat kelemahan.

Yaitu, ketika para pemain sayap seperti Alexis Saelemaekers, Ante Rebic dan Samu Castillejo tampil di bawah perform, itu akan berpengaruh pada AC Milan. Padahal dalam formasi 4-2-3-1, peran seorang pemain sayap sangat penting karena ketika menyerang, polanya jadi 4-3-3.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk itu, diperlukan sebuah formasi yang akan langsung dengan terang-terangan tak memakai peran seorang pemain sayap. Formasi apakah yang disarankan kepada AC Milan usai dibantai Inter Milan?


1. Formasi 4-3-1-2

Aksi Romelu Lukaku di laga AC Milan vs Inter Milan

Dengan melihat materi pemain AC Milan saat ini, para pengamat di media Italia tersebut menyarankan agar setan merah pakai formasi 4-3-1-2. Berkat formasi itu, Fikayo Tomori bisa bermain lebih agresif sebagai bek tengah karena ada 3 pemain tengah yang meng-cover-nya.

Pola tiga pemain tengah juga bisa memaksimalkan peran Sandro Tonali atau Ismael Bennacer sebagai regista. Yang lebih penting lagi adalah, AC Milan jadi tak membutuhkan peran pemain sayap, sedangkan Calhanoglu tetap diberi peran sebagai trequartista.

Di lini depan, Zlatan Ibrahimovic bisa memilih tandemnya antara Mario Mandzukic atau Rafael Leao. Menarik memang melihat bagaimana AC Milan bermain dengan 4-3-1-2, tapi sayang semua itu adalah hak Stefano Pioli apakah ia mau mengganti formasi atau tidak.

Perkiraan pemain AC Milan kalau pakai formasi 4-3-1-2: Donnarumma; Calabria, Tomori, Kjaer, Hernandez; Kessie, Tonali, Meite; Calhanoglu; Ibrahimovic, Leao/Mandzukic.

Serie A ItaliaAC MilanInter MilanStefano PioliLiga Italia

Berita Terkini