x

Liverpool dan Atletico Madrid Barter Suarez-Firmino, Siapa Diuntungkan?

Jumat, 2 April 2021 20:00 WIB
Editor: Coro Mountana
Liverpool dan Atletico Madrid Barter Suarez-Firmino, Siapa Diuntungkan?

INDOSPORT.COM - Liverpool dan Atletico Madrid sedang mempertimbangkan untuk melakukan barter antara Luis Surez dengan Roberto Firmino, siapa yang kira-kira diuntungkan?

Laporan dari El Gol, Liverpool ternyata mulai berpikir untuk memulangkan salah satu striker terbaiknya, Luis Suarez ke Anfield. Soalnya lini serang Liverpool yang kini ditempati oleh Roberto Fimino-Mohamed Salah-Sadio Mane sedang mandul berat.

Akibatnya Liverpool pun mulai melirik kesempatan untuk bereuni kembali dengan Suarez. Masalahnya adalah Atletico Madrid selaku pemilik Suarez saat ini, tentu tak akan melepas bintangnya dengan mudah.

Baca Juga
Baca Juga

Tapi Atletico Madrid pun melihat peluang dengan menawarkan skema barter pemain. Yaitu Luis Suarez ditukar dengan Roberto Firmino, tampaknya Atletico Madrid cukup tertarik dengan striker Brasil itu.

Tentu proses negosiasi barter Suarez dengan Firmino sejauh ini masih sekadar rumor saja, akan tetapi jika terjadi, bakal menjadi sangat menarik. Liverpool bisa mendapatkan kembali Luis Suarez.

Baca Juga
Baca Juga

Sedangkan Atletico Madrid, meski kehilangan Suarez, tapi malah mendapatkan striker Timnas Brasil, Roberto Firmino. Melihat adanya kemungkinan skema barter antara Liverpool dengan Atletico Madrid, siapa yang kira-kira lebih diuntungkan?


1. Liverpool

Suarez dan Roberto Firmino

Dari sisi Liverpool, mendatangkan Suarez tentu bukanlah hal yang buruk, mengingat sang striker masih sangat tajam hingga sekarang. Terlebih Suarez seperti punya kepentingan yang belum usai dengan Liverpool yaitu bawa The Reds juara Liga Inggris.

Sebelum Liverpool juara Liga Inggris musim lalu, Suarez sudah tinggal sedikit lagi meraih prestasi itu, tapi sayang terpelesetnya Steven Gerrard lawan Chelsea membuyarkan semuanya. Jadi Suarez pasti punya misi untuk benar-benar bawa Liverpool juara Liga Inggris lagi.

Masalahnya adalah jika Suarez datang, apakah ia bisa menggantikan peran Roberto Firmino. Patut diketahui kalau Firmino di Liverpool bukan sekadar striker saja, tapi perannya lebih ke sebagai defensive forward yang tugasnya merebut bola sejak lini pertahanan lawan.

Selain itu, Firmino juga tugas utamanya bukan cetak gol, melainkan membuka ruang bagi Mohamed Salah dan Sadio Mane untuk mencetak gol. Mungkin membuka ruang masih bisa dilakukan Suarez, tapi sebagai defensive forward?

Dengan usia yang sudah tak lagi muda, tentu ada kekhawatiran Suarez bisa menggantikan peran Firmino. Mungkin yang paling masuk akal adalah perlu ada pergantian sistem atau taktik Liverpool jika Suarez memang datang.

Atletico Madrid

Lalu bagaimana dengan Atletico Madrid? Kehilangan Suarez jelas merupakan sebuah kerugian besar. Mengingat ia adalah mesin gol utama Atletico Madrid, kehilangan Suarez bisa menghilangkan setidaknya 50% dari total gol saat ini.

Kedatangan Firmino kami rasa tak serta merta bisa menggantikan peran Suarez sebagai mesin gol utama. Soalnya Firmino ini bukanlah tipe striker yang selalu bisa mencetak 20 gol dalam setiap musimnya.

Jadi rasanya kalau menukar Suarez dengan Firmino, bakal menjadi keputusan yang sangat buruk. Bahkan kalau mau mengganti skema demi mengakomodir Firmino, rasanya tetap sulit karena Atletico tak memiliki bomber mematikan, Joao Felix jelas bukan tipe itu.

Kesimpulannya, sebenarnya barter ini hanya akan merugikan baik itu Atletico Madrid maupun Liverpool. Hanya saja bagi Liverpool, mereka masih bisa mengubah skema agar memaksimalkan potensi Suarez, sedangkan Firmino benar-benar bukanlah striker yang dicari Atletico Madrid.

Bursa TransferAtletico MadridLiverpoolLuis SuarezRoberto FirminoIn Depth SportsFeature

Berita Terkini