x

Efek Domino Kepindahan Ronaldo ke Man City: Arsenal Keropos, Sterling Terkatung-katung

Jumat, 27 Agustus 2021 16:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Merapatnya Cristiano Ronaldo dari Juventus ke Manchester City menimbulkan efek domino yang kurang menguntungkan bagi Arsenal dan Raheem Sterling. Seperti apa?

INDOSPORT.COM – Merapatnya Cristiano Ronaldo dari Juventus ke Manchester City menimbulkan efek domino yang kurang menguntungkan bagi Arsenal dan Raheem Sterling. Seperti apa?

Hanya hitungan hari jelang penutupan pada akhir bulan ini, bursa transfer musim panas ini memunculkan kejutan, yakni Cristiano Ronaldo yang disebut makin dekat ke Manchester City.

Melalui akun twitter resminya, jurnalis pakar transfer Fabrizio Romano menyebut Ronaldo telah memutuskan untuk meninggalkan Juventus dan meminta pihak klub menjualnya musim panas ini.

Baca Juga
Baca Juga

Manchester City pun menjadi kandidat terkuat untuk mendapatkannya, setelah klub kaya raya lain yakni Paris Saint-Germain mengaku tidak tertarik memboyong Ronaldo.

Lebih lanjut, Ronaldo disebut telah mencapai kesepakatan pribadi dengan pihak Manchester City, di mana kubu The Citizens menawarkan kontrak 2 tahun dengan nominal 15 juta euro per tahun. Dengan demikian, City kini tinggal perlu mencapai kesepakatan dengan Juventus terkait biaya transfer.

Sebagai informasi, kontrak Ronaldo di Juventus tinggal tersisa satu tahun. Situasi ini membuat Manchester City dikabarkan bakal mengajukan tawaran sebesar 30 juta euro.

Baca Juga
Baca Juga

Kabar merapatnya Ronaldo ke Manchester City pun menimbulkan kehebohan, mengingat sang megabintang merupakan mantan pemain Manchester United, yang merupakan rival sekota City.

Seperti diketahui, Setan Merah merupakan klub pertama Ronaldo di luar Portugal. Selama bermain untuk MU, sang megabintang mencetak 118 gol dari 292 laga selama 6 musim, dan menghadirkan sejumlah gelar termasuk 3 Liga Inggris dan 1 Liga Champions.

Di sisi lain, City sendiri terbilang pasif di bursa transfer musim panas ini dengan baru mendatangkan Jack Grealish. Kehadiran Ronaldo, meski sudah berusia 36 tahun, dinilai bisa mengisi kekosongan di lini depan seiring kepergian Sergio Aguero, setidaknya untuk 1-2 musim ke depan.


1. Arsenal Keropos, Sterling Terancam Menganggur

Bintang Manchester City, Raheem Sterling ketika menyundul bola masuk ke gawang Arsenal

Di sisi lain, bakal hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Juventus ke Manchester City, menimbulkan efek domino bagi klub Liga Inggris lainnya, Arsenal, serta salah satu pemain City yakni Raheem Sterling.

Pasalnya, kepergian Ronaldo membuat Juventus harus bergerak cepat di sisa bursa transfer ini untuk mendatangkan penyerang baru.

Sempat dikaitkan dengan Mauro Icardi (Paris Saint-Germain), Juventus kini menjadikan kapten Arsenal yakni Pierre-Emerick Aubameyang sebagai kandidat utama pengganti Ronaldo.

Aubameyang sendiri absen membela Arsenal di 2 laga pertama Liga Inggris karena Covid-19. Namun, sang kapten kembali tampil saat menghadapi West Brom di putaran kedua Piala Liga pada Kamis (26/08/21) dini hari lalu.

Ia langsung tampil gemilang di laga tersebut dengan mencetak hattrick untuk membawa Arsenal menang 6-0.

Jika Pierre-Emerick Aubameyang pindah ke Juventus, maka Arsenal bisa kesulitan mendapatkan pengganti karena mepetnya waktu yang tersedia.

Padahal, mereka jelas membutuhkan penyerang baru untuk menggantikan Aubameyang karena kinerja Alexandre Lacazette musim lalu tak memuaskan, begitu pula performa penyerang muda Eddie Nketiah.

Sementara itu, di kubu Manchester City, kedatangan Ronaldo membuat nasib Raheem Sterling menjadi samar. Pasalnya, kubu The Citizens disebut bakal melepas pemain timnas Inggris itu, jika mendapatkan tawaran yang tepat, demi menyeimbangkan keuangan.

City sempat menawarkan Sterling ke Juventus sebagai bagian dari kesepakatan Ronaldo, tapi Bianconeri menolak dan lebih tertarik pada Gabriel Jesus. Namun, manajer Pep Guardiola menolak melepas Jesus.

Mahalnya banderol dan gaji serta mepetnya sisa waktu di bursa transfer ini pun bakal menyulitkan City untuk mencari peminat Sterling.

Sterling sejatinya disebut menarik minat Barcelona. Namun, krisis finansial membuat Blaugrana harus lebih dulu menjual Antoine Griezmann agar bisa memboyong bintang Inggris itu. Situasi inilah yang membuat kans Sterling ke Camp Nou terbilang kecil.

Sterling bisa saja bertahan di Manchester City. Namun, menit bermainnya diyakini bakal menurun karena Pep Guardiola sejauh ini lebih suka menurunkan Jack Grealish di sayap kiri.

Opsi terbaik yang mungkin terjadi adalah Raheem Sterling bergabung dengan Arsenal yang juga sempat meminatinya, dan membutuhkan tambahan tenaga di lini serang seiring bakal perginya Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun, mahalnya banderol Sterling membuat The Gunners kemungkinan hanya bisa meminjamnya. Di sisi lain, fakta bahwa Arsenal tak bermain di Eropa musim ini berpotensi membuat Sterling menolak pindah ke London Utara, dan memilih menjadi pemain cadangan di Manchester City.

Bursa TransferCristiano RonaldoArsenalRaheem SterlingManchester CityJuventusPierre-Emerick AubameyangBerita Bursa Transfer

Berita Terkini