x

Bedah Kekuatan 3 Rival Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF U-23

Kamis, 10 Februari 2022 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan tiga rival di Grup B Piala AFF U-23 2022. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan tiga rival di Grup B Piala AFF U-23 2022 yang bakal kick-off 14 Februari mendatang.

Jika tidak aral melintang, Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni partai perdananya kontra Laos pada 15 Februari. Setelah itu, dilanjut Myanmar pada 18 Februari, dan yang terakhir Malaysia pada 21 Februari.

Para peserta Piala AFF U-23 2022 sendiri memang dibagi menjadi Grup A, B, dan C, masing-masing beranggotakan tiga sampai empat negara.

Di kompetisi sepak bola kelompok usia ini, Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Baca Juga
Baca Juga

Kemudiann, Grup A beranggotakan Kamboja sebagai tuan rumah, ditemani Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Filipina. Sementara itu, mereka yang ada di Grup C adalah Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Dari tiga rival di Grup B, hanya Malaysia dan Myanmar yang pernah berhadapan dengan Indonesia di fase yang sama pada edisi sebelumnya. Saat itu, keduanya gagal lolos ke fase knockout.

Indonesia, yang berstatus runner-up pun melaju ke semifinal menemani Kamboja yang berstatus kampiun grup. Skuat Garuda muda pun melaju jauh di kompetisi yang bangkit sebagai turnamen U-22 tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Di partai puncak usai menghajar Vietnam, mereka berjumpa Thailand dan menang dengan skor tipis 2-1. Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay tampil sebagai pahlawan gol Timnas Indonesia di laga yang digelar di Phnom Penh.

Kini pada edisi Piala AFF U-23 2022, Indonesia dan Malaysia kembali dipertemukan awal di fase grup. Tentu partai keduanya bakal menjadi tontonan seru para pencinta sepak bola di Tanah Air dan Negeri Jiran.

Terlebih lagi, dua negara yang bertetangga ini juga dikenal dengan rivalitas sengit di lapangan hijau. Selain Malaysia dan Myanmar yang sudah pernah segrup dengan Indonesia, Laos juga rival yang layak diwaspadai.

 

1. Kekuatan 3 Rival Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan tiga rival di Grup B Piala AFF U-23 2022. Foto: PSSI.

Nah, sebagai persiapan jelang kick-off Piala AFF U-23 2022 yang hanya tinggal menghitung hari, mari lihat sekilas kekuatan para rival Timnas Indonesia yang berada di Grup B.

Malaysia

Timnas Malaysia U-23 saat ini ditangani oleh pelatih asal Australia, Brad Maloney. Beranjak dari asisten timnas senior, ia didapuk menangani kelompok usia U-19 lalu U-23.

Jelang berlaga di Piala AFF U-23 2022, Malaysia pun mengagendakan laga uji coba termasuk melawan Sabah FA dan juga Kuala Lumpur FA.

Salah satu fokus Brad Maloney di agenda uji coba ini adalah melakukan rotasi, agar masing-masing anak asuhnya mendapatkan menit bermain.

Ia juga diketahui memanggil kembali empat bintang yang turut berpartisipasi di kualifikasi Piala Asia U-23, yakni Sikh Izhan Nazrel Sikh Azman, Ahmad Zikri Mohd Khalili, Muhammad Azrin Afiq Rusmini, dan Harith Haiqal Adam Afkar.

Para pemain ini pun diharapkan bisa menambah kekuatan skuat sekaligus meningkatkan kompetisi antarpemain.

Di Piala AFF U-23 2022, Timnas Malaysia tidak diperkuat pemain asal Amerika Serikat, Wan Kuzri, lantaran masih memiliki masalah di tempat tinggalnya.

Salah satu andalan lainnya yakni Luqman Hakim Shamsudin yang kini bermain untuk klub Belgia, Kortrijk, juga absen.

Myanmar

Selanjutnya ada Myanmar, yang juga berjumpa Indonesia di kompetisi Piala AFF kelompok usia pada 2019 lalu. Pada waktu itu, kedua tim bermain imbang 1-1 yang mana gol skuat Garuda muda dicetak oleh Rachmat Irianto.

Timnas Myanmar U-23 saat ini ditangani oleh pelatih asal Bulgaria, Velizar Popov, yang juga telah mengantongi lisensi Pro UEFA.

Di Piala AFF U-23 2022 ini, Velizar Popov menggunakan kombinasi pemain dari U-19, U-21, dan U-23. Selain itu, mereka juga diperkuat pemain klub Segunda Division Liga Spanyol, CD Leganes, yakni Arthur Pha.

Timnas Myanmar U-23 sudah memulai persiapan sejak bulan Januari lalu. Meski bukan tim unggulan untuk lolos dari fase grup Piala AFF U-23, The Chinthe punya misi yang lebih jauh yakni meraih medali di SEA Games.

Laos

Sama seperti Myanmar, bukan unggulan untuk lolos dari jerat Grup B Piala AFF U-23 2022. Timnas Laos U-23 yang sekarang dibesut oleh Michael Weiss, pelatih asal Jerman yang pernah menangani Filipina dan Mongolia.

Ia pun membawa para pemain yang berpartisipasi di Piala AFF 2020, seperti Phoutthavong Sangvilay, Chony Wenpaserth, dan Bounphachan Bounkong.

Pengalaman pemain-pemain yang sudah berpengalaman sejak usia muda pun jadi kekuatan utama Laos untuk menghadapi persaingan sengit di Piala AFF U-23 2022 ini.

MalaysiaMyanmarLaosTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-23

Berita Terkini