x

Liga Inggris: Luis Diaz Hadir, Liverpool Jadi Tim yang Seimbang

Kamis, 3 Maret 2022 19:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Luis Diaz pada laga Piala FA saat melawan Cardiff City di Anfield pada Minggu (06/02/22) kemarin. FOTO

INDOSPORT.COM - Usai mendatangkan pemain sayap asal Kolombia, Luis Diaz, pada Januari lalu, Liverpool menjelma jadi tim penuh pemain bintang.

Luis Diaz, nampaknya memberi dampak pada Liverpool sejak datang pada Januari silam. Eks pemain klub Portugal, FC Porto, ini mampu menambah kekuatan pasukan Jurgen Klopp ketika turun dalam beberapa pertandingan.

Salah satunya ketika Diaz mampu menjadi pemain kunci dan membantu Liverpool memenangi gelar pertamanya musim ini, yakni Carabao Cup yang diraih usai mengalahkan klub London Barat, Chelsea.

Baca Juga
Baca Juga

Pada pertandingan itu, Luis Diaz memang turun berlaga dan termasuk pemain yang membawa dampak. Kehadirannya membuat Liverpool terlihat seperti tak punya kelemahan di depan lawan.

Salah satu hal yang terlihat dalam pertandingan kontra Chelsea adalah keseimbangan tim, yakni setiap pemain memiliki pelapis.

Baca Juga
Baca Juga

Kiper asal Brasil, Alisson Becker yang tak main dalam pertandingan ini akhirnya menemukan kompetitor yang seimbang dalam tim, yakni ketika kiper kedua Caomihin Kelleher mampu tak kebobolan hingga babak adu penalti.

Selain itu, Caomihin Kelleher mampu mencetak gol dalam babak adu penalti yang membawa Liverpool bisa memenangi laga, tapi bek kanan Trent Alexander-Arnold justru menjadi pemain yang hampir tak tergantikan di posisinya.


1. Pelapis Trent Alexander-Arnold

Diogo Jota mencetak gol di laga Liverpool vs Leicester City (11/02/22). (Foto: REUTERS/Craig Brough)

Khusus untuk Trent Alexander-Arnold, pelatih Jurgen Klopp sepertinya memang perlu mencari solusi pengganti yang seimbang.

Dilansir Mirror, Liverpool sebenarnya masih memiliki pemain yang bisa turun sebagai bek kanan, yakni bek asal Inggris, Joe Gomez. Nasibnya kini tengah tak menentu, karena kesulitan bersaing di posisi bek tengah.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, sosok bek asal Belanda, Virgil van Dijk sangat sulit untuk disaingi, meskipun sang pemain sempat lama absen karena cedera.

Selain itu, sejak tiba di Liverpool beberapa waktu silam, eks bek Southampton ini nampak seperti pemimpin tim dan menjadi salah satu penyandang ban kapten.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan pemain baru pada musim panas 2021, yakni Ibrahima Konate membuat peluang bermain Joe Gomez berkurang, seiring dengan cedera yang lebih sering menderanya.


2. Joel Matip-Virgil van Dijk

Selebrasi Virgil van Dijk pasca mencetak gol di laga Liverpool vs Southampton (27/11/21).

Kemudian, bek asal Kamerun, Joel Matip kembali pada performa terbaik dan menjadi pasangan sepadan Van Dijk di lini belakang.

Penampilan terbaik eks bek Schalke 04 ini pun diperkirakan akan kembali, seperti beberapa musim silam. Liverpool tentu saja tak akan menghabiskan dana untuk membeli bek jika ditaruh di bangku cadangan.

Baca Juga
Baca Juga

Ibrahima konate tentu akan jadi pemain yang ditampilkan. Sang bek kemungkinan akan dicoba sebagai bek kanan, untuk melapis Trent Alexander-Arnold.

Sehingga, Joe Gomez diprediksi akan mencari cara untuk tampil sebagai pemain utama. Performa menawan Joel Matip bahkan diungkap oleh eks pemain Manchester United, Rio Ferdinand beberapa waktu silam.

Baca Juga
Baca Juga

“Matip memiliki kemampuan, yaitu melepaskan umpan yang mampu mengarah langsung pada penyerang. Tetapi, Virgil van Dijk punya kemampuan mendikte permainan, ini senjata yang buruk,” imbuh Ferdinand.

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisVirgil van DijkTrent Alexander-ArnoldLuis Diaz

Berita Terkini