x

Marcelo Pitaluga, Harta Karun Liverpool yang Bisa 'Tendang' Dua Seniornya di Tim

Minggu, 13 Maret 2022 23:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Marcelo Pitaluga (kiri) bisa jadi bintang masa depan Liverpool di sektor penjaga gawang. Foto: Buda Mendes - FIFA/FIFA via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pos penjaga gawang di tim senior Liverpool berpotensi kedatangan calon bintang baru bernama Marcelo Pitaluga.

Sejauh ini, lini pertahanan Liverpool sudah cukup solid dengan keberadaan para bek andal seperti Virgil van Dijk dkk. Selain itu, tembok terakhir yang dijaga Alisson Becker juga cukup kokoh setiap diserang musuh.

Baca Juga

Liverpool asuhan Jurgen Klopp saat ini beranggotakan lima kiper termasuk Marcelo Pitaluga. Selain wonderkid berusia 19 tahun tersebut, ada Alisson, Caoimhin Kelleher, Adrian, dan Loris Karius.

Akan tetapi, jika memandang empat nama di atas, praktis hanya dua yang akan ‘terproses’ oleh otak ini. Pasalnya, Adrian dan Loris Karius nyaris tidak pernah terdengar gaungnya bersama The Reds.

Seperti diketahui, Caoimhin Kelleher sejauh ini tampil sebagai deputi yang dapat diandalkan. Alisson cedera atau tidak bisa bermain? Tidak masalah.

Baca Juga

Publik pun lebih sering mendengar nama dua orang ini ketimbang Adrian dan Loris Karius, yang sudah jarang terlihat batang hidungnya di lapangan.

Adrian sendiri masih terikat kontrak di Liverpool sampai musim panas ini, begitu pula Loris Karius. Jika mereka pergi, Marcelo Pitaluga pun berpotensi naik pangkat, mungkin sebagai pilihan ketiga setelah Caoimhin Kelleher.

Ya, potensi kepergian Adrian pun bisa dibilang cukup mudah dipastikan, mengingat menit bermainnya yang sangat terbatas.

Baca Juga

Meski berstatus veteran, ia hanya dipercaya bermain di setidaknya satu laga Piala Liga Inggris, tepatnya saat melawan Preston North End beberapa waktu lalu. Itupun karena Caoimhin Kelleher sedang cedera.

Sementara itu, Loris Karius sudah makin tenggelam setelah pulang dari masa peminjaman di Besiktas dan Union Berlin.


1. Berpotensi 'Tendang' Dua Seniornya di Tim

Marcelo Pitaluga (kiri) bisa jadi bintang masa depan Liverpool di sektor penjaga gawang. Foto: Buda Mendes - FIFA/FIFA via Getty Images.

Ini adalah sebuah kesempatan besar bagi Marcelo Pitaluga untuk memanjat naik ke posisi yang lebih baik dalam perjalanan kariernya.

Bagaimanapun juga, ia adalah yang termuda di antara lima kiper tim utama Liverpool saat ini dan jalannya masih panjang.

Baca Juga

Pemuda asal Brasil ini lahir pada 20 Desember 2002. Ya, butuh menunggu sampai akhir tahun untuk menambah satu angka lagi di umurnya.

Berdasarkan informasi yang dimuat di laman resmi Liverpool, Marcelo Pitaluga direkrut dari klub Brasil, Fluminense, pada Oktober 2020.

Ia memulai kariernya bersama The Reds dengan dilibatkan di berbagai kegiatan latihan tim utama. Tujuannya apalagi kalau bukan belajar dan mencuri ilmu dari para seniornya.

Baca Juga

Saat bergabung, ia menyusul rekan-rekannya sesama kiper muda seperti Fabian Mrozek yang diboyong dari FC Wroclaw dan Javi Cendon yang juga menjalani masa percobaan (trial) bersama tim utama.

Akan tetapi dari ketiganya, Marcelo Pitaluga-lah yang kini paling berpotensi mengekor Alisson dan Caoimhin Kelleher di pecking order kiper Liverpool.

Peluang yang dimilikinya memang terbilang besar karena dua seniornya yakni Adrian dan Loris Karius sudah tidak nampak tajinya.

Baca Juga

Namun jika Liverpool punya kiper yang pada akhirnya mengancam posisi Marcelo Pitaluga, mau tidak mau yang bersangkutan harus berjuang untuk meraih hati Jurgen Klopp.

Terlepas dari itu, manajer mungkin akan dengan murah hati memberinya kesempatan main satu atau dua kali dalam satu musim tanpa terlalu mengusik slot penampilan Alisson dan Caoimhin Kelleher.

 

2. Dipuji Klopp dan Alisson

Alisson Becker turut memberi pujian kepada Marcelo Pitaluga. Foto: Chloe Knott - Danehouse/Getty Images.

Seperti kebanyakan pesepak bola sal Brasil, Marcelo Pitaluga juga memulai kariernya sejak usia yang masih muda.

Penampilan impresifnya pun dikenal oleh klub-klub Brasil. Perawakannya tinggi semampai, wajahnya juga cukup tampan untuk jadi calon idola para suporter perempuan Liverpool.

Baca Juga

Bicara soal talenta, tentu tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Jurgen Klopp saja pernah menyampaikan pujian untuk kiper yang berada di urutan keempat di pecking order-nya ini.

“Kita semua tahu kualitas Adrian dan apa yang dia tunjukkan saat sesi latihan,” ujar Jurgen Klopp, seperti pernah diwartakan laman HITC.

“Marcelo adalah pemain dengan bakat luar biasa. Dia ada di urutan selanjutnya,” tambah eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Baca Juga

Selain Jurgen Klopp, Marcelo Pitaluga pun menuai pujian dari Alisson, yang notabene sesama rekan kiper sekaligus rekan sekompatriotnya di Timnas Brasil.

“Marcelo sangat berbakat. Saya beberapa kali melihatnya di Brasil, tapi saya tahu lebih banyak tentangnya di bawah mistar gawang sekaligus sebagai seorang pribadi,” ujar Alisson kepada laman resmi Liverpool.

“Dia adalah pemuda yang berlatih sangat keras dan sangat berdedikasi dengan apa yang ia lakukan. Dia juga sosok yang mau belajar,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Tentu patut dinanti bakal seperti apa sepak terjang Marcelo Pitaluga di tim utama Liverpool, terutama beberapa tahun ke depan.

Pengalamannya pun juga sudah cukup lumayan karena sering tampil reguler di level U-23, dan sudah eksis di kelompok usia Timnas Brasil, dengan meme

LiverpoolKiperLiga InggrisCaoimhin KelleherAlisson BeckerMarcelo Pitaluga

Berita Terkini