x

Liga 1: Punya Jeda Panjang Kontra Persebaya, Pelatih Persib Siapkan Hal Ini

Kamis, 17 Maret 2022 17:00 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Punya jeda cukup panjang jelang kontra Persebaya Surabaya, Pelatih Persib Bandung, Robert Rele Alberts, siapkan hal ini untuk anak asuhnya. Foto : Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Persib Bandung akan melakoni pertandingan pekan ke-32 kompetisi Liga 1 2021-2022, menghadapi Persebaya Surabaya. Laga tersebut, bakal berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (19/03/22).

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menjelang laga tersebut skuat Maung Bandung memiliki waktu persiapan yang cukup panjang, pasalnya sebelumnya tim kebanggaan Bobotoh melakoni pekan ke-31 kompetisi Liga 1 2021-2022, Minggu (13/03/22) menghadapi Madura United.

Baca Juga
Baca Juga

Jeda pertandingan yang cukup panjang ini, membuat Robert Alberts lebih leluasa untuk mempersiapkan anak asuhnya, pasalnya beberapa laga sebelumnya skuat Maung Bandung memiliki waktu persiapan yang cukup singkat.

Robert Alberts menuturkan, salah satu yang disiapkan olehnya untuk menghadapi Persebaya yakni fisik dan mental. Agar, pada laga nanti skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh.

"Ya akhirnya kami punya waktu lebih dari tiga hari (jeda) dan memberi saya lebih banyak opsi untuk memberitahu staf dan pemain bahwa kami punya dua hari libur. Tentunya itu untuk memulihkan sepenuhnya fisik dan mental," kata Robert Alberts.

"Jadi mulai hari ini, kami punya waktu latihan selama tiga hari, dan sebelumnya kami hanya berlatih satu kali di persiapan akhir jelang laga. Jadi saya harap pemain bisa sepenuhnya memulihkan kondisi," ucap Robert Alberts menambahkan.

Pelatih asal Belanda ini menuturkan, jeda yang singkat pada beberapa laga sebelumnya, membuat anak asuhnya kelelahan apalagi skuat Maung Bandung selalu bermain agresif. 

Gaya bermain agresif tersebut menurut Robert Alberts, membutuhkan tenaga ekstra, sehingga anak asuhnya cukup kelelahan dengan jeda pertandingan yang cukup singkat.

Baca Juga
Baca Juga

"Sejauh ini di pertandingan bisa kalian lihat pemain begitu kelelahan, apalagi gaya bermain kami yang selalu bermain agresif ketika memulai laga. Kami selalu berusaha mendominasi di awal laga dan kami dari merupakan salah satu tim yang banyak mencetak gol cepat," ungkapnya.

"Tapi cara bermain seperti itu cukup menuntut banyak energi dari pemain meski sejauh ini kami sukses dengan cara seperti itu," ujarnya.


1. Kondisi Fisik Bugar

Seleberasi penyerang Persib Bandung, Bruno Cantanhede usai menjebol gawang Arema FC. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Robert Alberts berharap, dengan jeda pertandingan yang cukup lama menjelang laga mengahadapi Persebaya Surabaya ini, kondisi anak asuhnya bisa lebih bugar dan dapat konsentrasi sepanjang laga. 

Kelelahan yang dialami cukup mempengaruhi performa pemain, terutama di babak kedua menjelang berakhirnya pertandingan. Seperti laga sebelumnya saat menghadapi Madura United.

Baca Juga

Pada laga menghadapi Madura United, skuat Persib Bandung kebobolan dua gol pada menit-menit akhir melalui Greg Nwokolo menit 85' dan tendangan penalti Alberto Goncalves pada menit 87'.

Dua gol tersebut menurut Robert, tak lepas dari faktor kelelahan yang dialami oleh anak asuhnya. Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh yang sempat unggul 3-0 harus kebobolan di menit-menit akhir pertandingan.

Baca Juga

"Setelah unggul 3-0, bisa dilihat permainan kami agak mengendur. Kondisi tersebut diakibatkan karena kelelahan. Jadi kami menang, itu hal yang bagus," kata Robert Alberts saat konferensi pers secara virtual setelah pertandingan menghadapi Madura United.

"Kami juga bisa mencetak tiga gol, sedangkan kebobolan dua gol di akhir itu disebabkan oleh banyak penyebab, sehingga kami tidak bisa menjaga momentum," jelas Robert Alberts menambahkan.

Baca Juga

Pelatih asal Belanda ini menuturkan, kelelahan yang dialami oleh pasukannya tak lepas dari jadwal pertandingan kompetisi Liga 1 2021-2022 yang padat. 


2. Jadwal Liga 1 Hari Ini

Logo Liga 1 BRI 2021

Berikut jadwal BRI Liga 1 2021-2022 yang berlangsung pada Kamis (17/03/22), di mana Persija Jakarta dan Madura United berebut tiga poin.

Tercatat, dalam lima laga terakhir pasukan Sudirman baru menang sebanyak 1 kali. Sisanya berakhir dengan kekalahan maupun hasil imbang.

Dengan menang di laga sisa termasuk menjamu Madura United, kekecewaan The Jak Mania atas Macan Kemayoran akan sedikit terobati.

Kamis (17/03/22)

20.30 WIB - Persija Jakarta vs Madura United

Persebaya SurabayaPersib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini