x

Alasan Mengejutkan Southgate Lebih Pilih Panggil Maguire Ketimbang Tomori

Jumat, 18 Maret 2022 18:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gareth Southgate ungkap alasan memanggil Harry Maguire ke Timnas Inggris. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM – Gareth Southgate membongkar alasannya lebih memilih Harry Maguire untuk memperkuat lini belakang Timnas Inggris besutannya. Padahal, masih ada opsi lain pada Fikayo Tomori yang bersinar di AC Milan. 

Sebagaimana diketahui, jeda internasional akan dimulai pekan depan. Timnas Inggris besutan Gareth Southgate dijadwalkan menjalani dua laga uji coba melawan Swiss dan Pantai Gading.

Baca Juga

Sebagai persiapan untuk laga ini,  pelatih kepala Gareth Southgate memanggil 25 nama pemain terbaik berkebangsaan Inggris. Salah satunya adalah bek Manchester United, Harry Maguire.

Maguire sendiri jadi salah satu dari dua bek Setan Merah bersama Luke Shaw yang dipanggil Southgate. Sementara rekan setimnya di klub, Jadon Sancho dan Marcus Rashford, tak dipanggil.

Mengenai keputusannya memanggil Maguire, Southgate berdalih bahwa saat ini Maguire masih dianggap sebagai bek terbaik. 

Baca Juga

Jadi, Southgate tak memiliki alasan selain memanggil Maguire guna memperkuat lini belakangnya selama jeda internasional nanti.

“Saya sama sekali tidak membayangkan untuk tidak memilih Harry Magguire untuk skuat (Timnas Inggris) ini,” ujar Southgate dilansir dari SportMail.

“Tidak mungkin saya tidak memanggilnya,” Southgate menegaskan.

Baca Juga

Menurut Southgate, Maguire yang telah mencatatkan 41 caps untuk Timnas Inggris punya pengalaman untuk memimpin pasukan Three Lions.

“Dia salah satu bek tengah terbaik kami. Saya selalu dikritik karena tidak konsisten tetapi ada alasannya. Kami memiliki lebih banyak kompetisi di lingkup yang luas,” lanjutnya.


1. Tomori Lebih Bagus dari Maguire, Southgate!

Fikayo Tomori (kanan) dinilai lebih layak dipanggil ke Timnas Inggris alih-alih Harry Maguire. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Pemanggilan Maguire ke skuat berjulukan Three Lions tersebut menimbulkan kontroversi di kalangan penggemar sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Beberapa penggemar merasa bahwa bek AC Milan, Fikayo Tomori, lebih layak dipanggil ke Timnas Inggris, alih-alih Maguire.

Baca Juga

Dipahami. Bek tengah berusia 29 tahun itu belakangan menjadi sorotan publik lantaran penampilannya yang buruk untuk Manchester United sejauh musim ini.

Penampilannya di bawah standar dengan kerap melakukan blunder. Dari 24 pertandingan yang sudah dia lakoni di Liga Inggris musim ini, Man United mencatat rata-rata kebobolan yang cukup besar.

Baca Juga

Harry Maguire mencatat tujuh clean sheet, 7 kartu kuning dan 1 karu merah dlam 31 penampilan untuk Setan Merah.

Teranyar, Maguire tampil buruk hingga mendapat cemoohan dari fans dan akhirnya posisinya digantikan Juan Mata saat Man United kalah 1-0 melawan Atletico Madrid di Old Trafford awal pekan ini

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Fikayo Tomori sedang bersinar di Italia bersama AC Milan. Mantan bek Chelsea tersebut jadi pilihan utama Stefano Pioli untuk mengawal pertahanan Rossoneri.

Baca Juga

Buktinya, AC Milan mampu berada di jalur perburuan titel Scudetto. Sementara, Milan berada di puncak klasemen Liga Italia.

Statistik menunjukkan Fikayo Tomori dalam 30 penampilan untuk AC Milan mencatatkan 11 cleansheet, 1 gol dan 4 kartu kuning.

 

2. Maguire Tak Layak Jadi Kapten Manchester United

Status kapten Harry Maguire (kiri) sempat jadi buah bibir belum lama ini. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Performa buruk Harry Maguire ini membuat mantan rekannya di Hull City, Ahmaed Elmohamady, menilai bahwa eks bek Leicester tersebut tidak cocok mengemban tugas sebagai kapten di Manchester United.

Ahmaed Elmohamady yang pernah bermain bersama Maguire di Hull dari 2014 hingga 2017, menjadi orang terbau yang meragukan kemampuan mantan bek terbaik Leicester City tersebut.

Elmohamady yakin bahwa kapasitas kepemimpinan Maguire tidak cukup untuk memimpin klub sebesar Manchester United.

Di sisi lain, kembalinya Cristiano Ronaldo ke Old Trafford telah membuat banyak orang bertanya-tanya mungkinkah Man United harus mempertahankan Maguire sebagai kapten.

“Harry (Maguire) bermain bersama saya di Hull City, dan, menurut saya, dia tidak memiliki kemampuan untuk menjadi kapten Manchester United,” ujar Elmohamady dilansir dari Express UK.

“Manchester United membutuhkan (kapten) pemain yang kuat kepribadiannya, dan saya berharap manajer berikutnya akan memberikan kapten kepada (Cristiano) Ronaldo jika dia bertahan,” lanjutnya.

Baca Selengkapnya: ‘Sang Mantan’ Tahu Harry Maguire Tak Cocok Kapteni Manchester United

Manchester UnitedAC MilanGareth SouthgateTimnas InggrisFikayo TomoriBola InternasionalHarry Maguire

Berita Terkini