x

Kabar Terbaru Naturalisasi Pemain Keturunan: Sandy Walsh Cs Temui Kendala, Emil Masih Mengulur Waktu

Selasa, 22 Maret 2022 19:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kabar Terbaru Naturalisasi Pemain Keturunan: Sandy Walsh Cs Temui Kendala, Emil Masih Ulur Waktu.

INDOSPORT.COM - Berikut kabar terbaru mengenai proses naturalisasi pemain keturunan ke Timnas Indonesia, termasuk Sandy Walsh Cs yang tengah mengalami sedikit kendala.

Seperti diketahui, PSSI sebelumnya telah memberikan kabar baik perihal permohonan naturalisasi tiga pemain keturunan yang diproyeksikan untuk Timnas Indonesia yakni Sandy Walsh, Jordi Amat serta Shayne Pattynama.

Baca Juga

Pihak federasi kini bisa bernapas lega, sebab Kemenkumham sudah menerima permohonan PSSI terkait keinginan untuk melakukan naturalisasi ini.

Akan tetapi, kabar terbaru proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama menemui sedikit kendala yakni ada satu dokumen yang masih kurang.

Baca Juga

Hal ini pun dituangkan oleh Hasani Abdulgani dalam postingan instagram pribadinya @hasaniabdulgani pada Selasa (22/03/22) siang WIB.

Baginya untuk permasalahan ini dibutuhkan kebijakan pemerintah karena masalah ini diluar kuasa PSSI. Ia bahkan mengharapkan bantuan dari Presiden Joko Widodo untuk bisa membantu proses tersebut.

"Dari sekian dokumen persyaratan ada satu dokumen yaitu Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara dari pemerintah Belanda dan Spanyol, diluar jangkauan kami. Artinya surat tersebut bisa didapat dalam sebulan atau lebih dari pemerintah dua negara tersebut," tulis Hasani.

Baca Juga

"Seandainya Surat Keterangan tersebut bisa diajukan secara paralel, maksudnya tidak harus menunggu dulu dokumen tersebut didapat lalu baru diajukan berkasnya oleh Kemenhumkam kepada Presiden. Maka target di bulan April bisa tercapai."

"Kondisi krusial ini hanya bisa diselesaikan kalau ada kebijaksanaan dari Pemerintah. Mudah-mudahan Bapak Presiden Joko Widodo bisa ikut membantu sehingga para pemain tersebut dapat membela Timnas dikualifikasi Piala Asia, 8 Juni mendatang," imbuhnya.

Selain itu, masih ada kabar terbaru soal proses negosiasi calon kiper Timnas Indonesia yang asal Italia yakni Emil Audero Mulyadi. Berikut kabar selengkapnya:


1. Emil Audero Masih Mengulur Waktu

Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Seperti diketahui, PSSI telah mengutus agen untuk bertemu manajer Emil Audero Mulyadi pada Rabu (02/03/22) lalu. Akan tetapi, belum ada jawaban dari sang kiper hingga berita ini diterbitkan.

PSSI dan seluruh fans Garuda sangat berharap agar Emil Audero Mulyadi mau merubah status menjadi WNI. Namun, kiper Serie A Liga Italia ini belum juga memberikan jawaban apakah dirinya mau bergabung ke Timnas Indonesia atau tidak.

Baca Juga

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menegaskan kalau pihaknya masih belum menyerah dalam membujuk Emil Audero.

Bukan tanpa alasan, ia sudah memiliki rancangan jelas kalau bergabungnya Emil Audero ke Timnas Indonesia bisa menjadi pancingan agar dua bintang Liga Inggris keturunan tanah air mau dinaturalisasi.

Baca Juga

Dua pemain dari kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris itu yakni bek Leeds United bernama Pascal Struijk dan gelandang Crystal Palace yaitu Jairo Riedewald.

Baca Juga

Sementara itu, sambil menunggu jawaban Emil Audero, PSSI kini sedang mengalihkan fokus kepada bintang Liga Swiss bernama Jordy Wehrmann untuk dinaturalisasi.

Hal itu dilakukan PSSI setelah menerima masukan langsung dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengalihkan fokus kepada Jordy.


2. Sandy Walsh, Jordi Amat dan Emil Audero Unjuk Gigi di Eropa

Jordi Amat saat melawan Cristiano Ronaldo.

Tiga pemain calon naturalisasi Timnas Indonesia yaitu Sandy Walsh Jordi Amat dan Emil Audero baru saja unjuk gigi di Eropa.

Yang paling menarik adalah pertandingan KV Mechelen yang diperkuat Sandy Walsh menghadapi klub Jordi Amat yakni KAS Eupen baru saja selesai tersaji pada Sabtu (19/03/22) malam WIB.

Laga yang berakhir imbang 1-1 itu diwarnai insiden diusirnya Jordi Amat ke luar lapangan pertandingan. Memasuki menit ke-43, ia terpaksa harus melakukan pelanggaran kepada pemain KV Mechelen di dalam kotak terlarang.

Jordi Amat yang tidak terima dengan keputusan wasit langsung melakukan protes keras yang berujung pemberian kartu merah. Beruntung, penyerang Mechelen, Kerim Mrabti gagal menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti.

Berbeda dengan Jordi Amat, Sandy Walsh justru sukses mencetak assist pada menit ke-21 saat KV Mechelen mencetak gol penyama kedudukan lewat sepakan Rob Schoofs.

Sementara itu, Emil Audero baru saja menunjukan kelasnya di kompetisi Serie A Liga Italia. Ia yang sebelumnya hanya jadi penghias bangku cadangan akhirnya kembali dimainkan sebagai starter saat Sampdoria bersua Venezia, Minggu (20/03/22).

Bermain di kandang Venezia, Sampdoria sukses mendulang kemenangan dengan skor 2-0. Emil Audero Mulyadi tampil apik di bawah mistar karena membuat gawangnya aman dari kebobolan.

Baca Juga
Emil Audero MulyadiTimnas IndonesiaSandy WalshShayne PattynamaJordi AmatJordy Wehrmann

Berita Terkini