x

FIFA Resmi Umumkan Prosedur Drawing Piala Dunia 2022 di Qatar

Rabu, 23 Maret 2022 15:02 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Foto launching logo terbaru untuk turnamen sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar.

INDOSPORT.COM - Pesta sepak bola antar negara paling bergengsi yaitu Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar segera dimulai dalam beberapa bulan lagi.

FIFA telah mengumumkan bahwa drawing Piala Dunia 2022 dilaksanakan pada 1 April 2022 di Doha, Qatar. Pengundian tersebut akan dihadiri oleh 2.000 tamu istimewa dari penjuru dunia.

Baca Juga

Organisasi induk sepak bola dunia itu, juga mengumunkan mekanisme undian grup yang tidak berbeda jauh dari gelaran sebelumnya.

Awalnya, negara peserta akan dibagi kedalam empat Pot. Qatar yang tampil sebagai tuan rumah berada di Pot satu bersama tujuh negara teratas dalam ranking FIFA.

Negara yang berada di ranking delapan hingga 15 akan berada di pot dua. Ranking 16 hingga 23 akan berada di pot tiga dan diatas itu akan berada di pot empat.

Baca Juga

Pot empat juga akan diisi oleh negara yang berasal dari kualifikasi antar benua dan play-off zona Eropa. Tim Unggulan seperti Italia atau Portugal akan mengisi pot ini.

Namun, negara yang berasal dari konfederasi yang sama akan dipisah jika berada di satu grup nantinya, kecuali dari zona Eropa yang memiliki wakil terbanyak yaitu 13 negara.

Play-off zona Eropa akan berlangsung pada 25 Maret dan 30 Maret 2022. Sedangkan kualifikasi antar benua akan dimainkan pada 13-14 Juni 2022 mendatang.

Baca Juga

Kualifikasi antar benua akan mengumpulkan Perwakilan dari AFC, CONNEBOL, CONCACAF, dan OFC untuk merebutkan dua tiket terakhir ke Qatar.

Disisi lain, Piala Dunia 2022 akan berlangsung tanpa kehadiran Italia atau Portugal, karena kedua negara akan “saling bunuh” pada babak play-off zona Eropa.


1. Negara yang Sudah Mengamankan Tiket

Selebrasi Messi dan Argentina Usai Juara Copa America 2021.

Diketahui, 15 negara termasuk sang tuan rumah Qatar, sudah lolos ke Piala Dunia 2022. Eropa telah mengirimkan beberapa negara unggulan ke Qatar.

Jerman, Spanyol, Inggris, dan Prancis melenggang mulus dari babak kualifikasi. Bersama dengan Belanda, Kroasia Serbia, Swiss, Denmark dan Belgia.

Baca Juga

Sepasang tiket dari zona Amerika Selatan, juga telah diamankan oleh Brazil dan Argentina. Tak mengherankan, jika kedua negara lolos dengan mudah.

Sementara, dua tiket sisa untuk lolos otomastis, masih diperebutkan oleh beberapa negara, seperti Ekuador, Uruguay, Peru, Chile dan Kolombia.

Zona Asia juga telah memastikan dua tiket untuk Iran dan Korea Selatan. Sementara, negara langganan Piala Dunia seperti Jepang masih harus bersabar.

Baca Juga

Tim yang masih berpeluang lolos, untuk pergi ke Piala Dunia 2022 zona Asia adalah, Jepang, UEA, Lebanon, Irak, Arab Saudi dan Australia.

Selain itu, beberapa tiket yang tersisa akan diperebutkan melalui mekanisme yang berbeda, tergantung dari konfederasi masing-masing.

Contohnya, play-off zona Asia nantinya akan mempertemukan peringkat ketiga dari grup A dan B. Pemenang dari laga itu masih akan bertanding lagi di babak kualifikasi antar benua.

Baca Juga

Zona Afrika memiliki mekanisme yang berbeda, yaitu melalui pertandingan dua leg yang akan menentukan 5 tiket untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Yang menarik dari zona Afrika adalah, pertemuan dua bintang Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah harus saling tikam untuk mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022.


2. Jadwal Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Cristiano Ronaldo melepas ban kaptennya di laga Euro 2020 Belgia vs Portugal.

Berikut jadwal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang akan berlangsung pada Jumat (25/03/22) hingga Rabu (30/03/22) di mana Italia dan Portugal akan melakoni partai hidup mati.

Babak play off Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal mulai dihelat. Sebanyak 11 tim bakal mati-matian untuk mengunci tiket Piala Dunia Qatar akhir tahun ini.

Para pejuang tiket Piala Dunia Qatar antara lain Italia, Portugal, Skotlandia, Swedia, Wales, Polandia, Makedonia Utara, Turki, Ukraina, Austria, dan Republik Ceko.

Sejatinya, ada Rusia dalam daftar tersebut. Akan tetapi, kini mereka resmi dicoret dari calon tim yang akan main di ajang empat tahunan tersebut.

Penyebabnya yakni invasi yang dilakukan Rusia pada Ukraina hingga mengakibatkan FIFA menjatuhi sanksi berupa pencoretan pada Rusia.

Baca Selengkapnya: Jadwal Lengkap Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022: Partai Hidup Mati Italia dan Portugal

ItaliaPortugalFIFAPiala Dunia 2022Bola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini