x

Apa Kabar Kleberson, Eks Rekan Ronaldo yang Kena Tipu Gabung Manchester United

Kamis, 24 Maret 2022 22:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kleberson, eks rekan setim Cristiano Ronaldo di Manchester United. Foto: instagram/klebersonk15.

INDOSPORT.COM - Melihat seperti apa kabar Kleberson, mantan pesepak bola yang dulu didatangkan ke Manchester United bersama Cristiano Ronaldo.

Kisah Kleberson bersama sang raksasa Liga Inggris tersebut dimulai pada 2003, tidak lama setelah ia memenangkan gelaran Piala Dunia 2002 bersama Timnas Brasil.

Baca Juga

Ya, memang banyak pemain hebat yang lahir dari turnamen sepak bola antarnegara empat tahunan tersebut.

Tidak sedikit pula di antara mereka yang kemudian jadi incaran klub-klub besar lantaran punya gelar juara Piala Dunia dalam CV-nya. Demikian halnya yang terjadi pada Kleberson.

Meski sempat diletakkan di bangku cadangan, pria yang dulu berposisi sebagai gelandang tersebut punya kontribusi yang lumayan untuk Timnas Brasil sepanjang turnamen.

Baca Juga

Di partai final melawan Jerman pun ia turut berkontribusi terhadap satu dari dua gol kemenangan tim, yang semuanya dicetak oleh Ronaldo Nazario.

Berkat hasil tersebut, Timnas Brasil tampil sebagai kampiun Piala Dunia 2002 yang saat itu digelar di Yokohama, Jepang.

Penampilan Kleberson di Piala Dunia 2002 inilah yang kemudian membuat sejumlah klub top kepincut. Sebut saja beberapa di antaranya Barcelona, Newcastle United, Leeds United, dan Celtic.

Baca Juga

Akan tetapi, pada akhirnya Kleberson justru merapat ke Manchester United pada 2003, berbarengan dengan Cristiano Ronaldo yang direkrut dari Sporting Lisbon.

Namun walaupun datang bersamaan, ternyata nasib dua orang ini berbeda jauh. Saat Ronaldo meraih kesuksesan di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Kleberson malah mengalami nasib yang apes.


1. Gagal di Manchester United

Kleberson, eks rekan setim Cristiano Ronaldo di Manchester United. Foto: instagram/klebersonk15.

Didatangkan dari Athletico Paranaense, Kleberson awalnya diplot sebagai pengganti Juan Sebastian Veron yang hengkang ke Chelsea.

Ekspektasi publik terhadapnya pun besar, mengingat statusnya sebagai juara dunia bersama Timnas Brasil. Namun sayang seribu sayang, ia justru gagal bersinar di level klub karena cedera lutut.

Baca Juga

Cedera itu diperolehnya tidak lama setelah debut bersama The Red Devils di Premier League 2003-2004. Alhasil, ia harus menepi dari lapangan selama beberapa pertandingan.

Dari sinilah agaknya petaka datang menghampiri Kleberson. Hantaman cedera membuatnya tidak bisa memaksimalkan potensi di skuat The Red Devils.

Di sisi lain, ia juga dihadapkan pada kendala bahasa, yang menjadikan hidupnya di Inggris makin susah dan merana.

Baca Juga

Tidak bertahan lama di Manchester United, Kleberson pada akhirnya hengkang ke klub Turki, Besiktas, pada 2005.

Ia sempat pulang kampung ke Brasil dan membela dua klub di Negeri Samba tersebut sebelum pergi merantau ke Liga Amerika.

Kisahnya bersama tim-tim Liga Amerika dimulai dari masa peminjaman ke Philadelphia Union pada 2013.

Baca Juga

Setelah itu, ia melanjutkan karier ke Indy Eleven kemudian yang terakhir Fort Lauderdale Strikers sebelum pensiun.

Sampai saat ini, Kleberson masih mengabdikan diri untuk Liga Amerika dengan bekerja sebagai pelatih akademi Philadelphia Union.


2. Bahagia dengan Kehidupan Saat Ini

Kleberson, eks rekan setim Cristiano Ronaldo di Manchester United. Foto: instagram/klebersonk15.

Bergabung di akademi pemain muda pada 2017, Kleberson kemudian dipromosikan pada 2022 alias baru-baru saja, menjadi asisten pelatih tim Philadelphia Union II.

Sembari fokus dengan pekerjaannya saat ini, Kleberson juga menikmati waktu-waktunya bersama keluarga.

Baca Juga

Bahkan, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di laman resmi Manchester United beberapa waktu lalu, ia dengan bahagia menceritakan seperti apa anak-anaknya yang kini sudah tumbuh dewasa.

“Anak laki-laki saya sekarang sudah besar, usianya 17 tahun. Dia menyetir mobil dan mengajak saudara perempuannya jalan-jalan,” ucapnya.

“Dia adalah penggemar Manchester United dan tidak pernah absen menonton pertandingan, sambil memakai jersey (Marcus) Rashford,” tambah Kleberson lagi.

Baca Juga

Meski memiliki kisah yang tidak terlalu manis bersama Manchester United, Kleberson masih sangat suportif terhadap mantan klubnya tersebut, yang dulu dimasukinya gara-gara kena tipu pemain Brasil, Ronaldinho.

Kok bisa? Jadi, Kleberson pernah bercerita, seperti dimuat di laman FourFourTwo, bahwa Ronaldinho pernah mengajaknya bermain bersama di Manchester United.

Dengan senang hati, ia mengiyakan tawaran itu dengan harapan bisa bermain bersama Ronaldinho. Akan tetapi, alih-alih berseragam Setan Merah, kawannya tersebut justru hengkang ke klub Spanyol, Barcelona.

Baca Juga

“Saya bahagia karena kami akan main bersama. Saya kembali ke Brasil dan terus bernegosiasi dengan United, tapi Ronaldinho membodohi saya dan pergi ke Barcelona,” ujarnya.

Walau begitu, Kleberson menganggap ini sebuah kisah lucu yang pernah terjadi antara dirinya dan Ronaldinho. Sambil berseloroh, ia juga menyebut sang kawan berutang padanya karena insiden tersebut.

Manchester UnitedCristiano RonaldoKlebersonBola Internasional

Berita Terkini