x

Diminta Bela Timnas, Sandy Walsh Bongkar Isi Pembicaraan dengan Shin Tae-yong

Kamis, 24 Maret 2022 19:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh berterima kasih ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong karena mewujudkan impian bermain untuk skuat Garuda.

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh berterima kasih ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong karena mewujudkan impian bermain untuk skuat Garuda.

Pemain 26 tahun berdarah Belgia-Indonesia itu diketahui tengah menjalani proses naturalisasi yang sedang dilakukan oleh PSSI.

Baca Juga

Sandy Walsh mengatakan, dia dihubungi pelatih Shin Tae-yong untuk memastikan kesediaan bermain untuk Timnas Indonesia.

"Shin tae yong menghubungi saya melalui asistennya staf teknik, sejak September atau Oktober 2021. Lalu setiap dua atau tiga minggu kita melakukan kontak," tutur Sandy Walsh dalam wawancara dengan KBRI Belgia. 

Baca Juga

Kesempatan itu langsung disetujui karena pemain yang berposisi bek kanan tersebut menyatakan sudah lama berusaha menjadi Warga Negara Indonesia

Sandy Walsh mengaku dalam lima waktu tahun terakhir, ia berusaha seorang diri dalam mewujudkan impian untuk menjadi WNI agar bisa membela Timnas.

Baca Juga

"Kontak pertama kali, dia menanyakan apakah saya bersedia bermain di Timnas karena mereka tahu saat ini saya bermain profesional di Eropa".

"Tapi saya infokan bahwa saya menyatakan bersedia sejak lima tahun lalu dan berusaha sendiri selama ini, tapi saya perlu bantuan dari pelatih atau seseorang yang bisa merepresentasikan saja dan sejak itu komunikasi berjalan baik," sambungnya. 


1. Sedang Diproses

Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh berterima kasih ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong karena mewujudkan impian bermain untuk skuat Garuda.

Proses naturalisasi Sandy Walsh kini sedang berjalan dan kini ditangani Kemenkumham.

Baca Juga

Tapi ada sedikit kekurangan yakni surat keterangan perpindahan warga negara dari pemerintah Belanda. 

Jika semua berjalan lancar, Sandy Walsh bisa saja menjalani sumpah sebagai WNI dalam waktu dekat.

Dia bisa membantu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimainkan bulan Juni 2022 mendatang. 

Baca Juga

"Saya ikuti Timnas, lihat pertandingannya dan menanyakan kondisi tim dan pelatih (Shin Tae-yong) juga senang jika saya segera bergabung. Karenanya dia mendorong PSSI untuk segera memasukan saya ke timnas," tutur Sandy Walsh.


2. Tak Sabar Bela Timnas

Sandy Walsh mengatakan tak sabar membela Timnas Indonesia. Dia berharap bisa membantu skuat Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sandy Walsh mengatakan tak sabar membela Timnas Indonesia. Dia berharap bisa membantu skuat Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Terakhir kali Indonesia bermain di Piala Asia pada 2007 lalu. Karenanya, Sandy Walsh berniat membantu tim Merah Putih kembali berpartisipasi di kejuaraan empat tahunan itu. 

"Timnas saat ini sudah bagus. Cuma saya berharap bisa menambah sedikit (tenaga) ekstra untuk bisa melaju ke Piala Asia karena terakhir Indonesia main 2007 lalu. Jadi akan bagus main di sana," tutur pemain 27 tahun itu. 

Baca Selengkapnya: Sedang Proses Naturalisasi, Sandy Walsh Tak Sabar Bela Timnas Indonesia di Piala Asia

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshShin Tae-yong

Berita Terkini