x

Hadiah Spesial Shin Tae-yong untuk Staf dan Pemain Timnas U-19, Tusuk Jarum

Jumat, 25 Maret 2022 10:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, baru saja memberikan hadiah spesial untuk para staf dan pemain. Dia mendatangkan ahli akupuntur, Rabu (24/3/22).

Dari keterangan salah satu staf timnas U-19 kepada INDOSPORT, ahli akupuntur itu adalah teman Shin Tae-yong. Beberapa ofisial, pelatih, dan pemain lantas mencoba pengobatan tradisional tersebut usai latihan.

Baca Juga

"Akupuntur itu (pengobatan) tradisional di Korea Selatan. Pemain di sini juga sering, jadi mungkin ada yang bisa diterapi. Beliau datang untuk kalian," kata Shin Tae-yong dalam video yang diunggah PSSI.

"Iya itu temannya coach Shin. Dia bantu untuk akupuntur, kebetulan lagi berkunjung di hotel tim kemarin dan beberapa pelatih, staf sama pemain mencoba (akupuntur)," ungkap fisioterapis timnas Indonesia U-19, Asep Aziz, via pesan singkat.

Akupunktur dikenal sebagai salah satu metode pengobatan tertua yang berasal dari Tiongkok dan telah dipraktikkan sejak ribuan tahun lalu. 

Teknik pengobatan ini dilakukan dengan cara menusukkan jarum khusus yang berukuran kecil dan tipis pada titik-titik tertentu di tubuh.

Baca Juga

Seiring waktu, teknik akupunktur telah beradaptasi menjadi salah satu cabang ilmu kedokteran modern yang biasa disebut akupunktur medis. 

Akupunktur medis dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medik (SpAk) dan dokter umum yang mengantongi sertifikasi dalam bidang akupunktur.

Berbeda dengan akupunktur tradisional, akupunktur medis menggunakan ilmu anatomi dan fisiologi tubuh untuk merangsang fungsi sel serta sistem organ tertentu, seperti sistem saraf dan otot.

Baca Juga

Teknik akupunktur medis juga dilakukan untuk merangsang pelepasan zat tertentu dalam tubuh seperti serotonin dan endorfin, untuk mengurangi rasa sakit.

Jika melihat manfaat akupuntur medik, maka bisa diterapkan ke pemain timnas Indonesia U-19 lantaran mereka butuh relaksasi selepas latihan dengan intensitas tinggi.


1. Traktiran Shin Tae-yong

Skuat Timnas U-19. Foto: PSSI

Sebelumnya, Shin Tae-yong juga memberikan hadiah berupa traktiran makan, tapi bukan untuk timnas Indonesia U-19 melainkan Yeungnam University. Momen itu terjadi usai laga uji coba dua hari lalu.

Skuat timnas U-19 kini telah berpindah ke Kota Daegu pada Kamis (24/3/23). Mereka akan bersiap untuk melakoni uji coba berikutnya melawan Korea Selatan U-20 di Daegu Bank Park, Jumat (25/3/22). 

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. 

Baca Juga

Pelatih Shin Tae-yong bersikeras memilih kampung halamannya sebagai lokasi TC dengan tujuan meningkatkan kekuatan fisik dan mental para pemain.


2. Sandy Walsh Bicara dengan Shin Tae-yong

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

Calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh berterima kasih ke pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong karena mewujudkan impian bermain untuk skuat Garuda.

Pemain berusia 26 tahun berdarah Belgia-Indonesia itu diketahui tengah menjalani proses naturalisasi yang sedang dilakukan oleh PSSI.

Sandy Walsh mengatakan, dia dihubungi pelatih Shin Tae-yong untuk memastikan kesediaan bermain untuk timnas Indonesia.

Baca Juga

"Shin tae yong menghubungi saya melalui asistennya staf teknik, sejak September atau Oktober 2021. Lalu setiap dua atau tiga minggu kita melakukan kontak," tutur Sandy Walsh dalam wawancara dengan KBRI Belgia. 

Kesempatan itu langsung disetujui karena pemain yang berposisi bek kanan tersebut menyatakan sudah lama berusaha menjadi Warga Negara Indonesia

Baca Selengkapnya

Korea SelatanPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshTimnas Indonesia U-19Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini