x

Kompetisi Segera Berakhir, Ini 5 Pemain yang Layak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga 1

Senin, 28 Maret 2022 21:30 WIB
Editor: Juni Adi
Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic dikawal ketat bek Persebaya Surabaya, Rizky Ridho. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain kandidat terkuat peraih gelar pemain terbaik Liga 1 2021-2022.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2021-2022, telah memasuki pekan-pekan terakhir. Bali United sendiri keluar sebagai juaranya.

Kepastian tersebut didapat setelah pesaing terdekat mereka, Persib Bandung ditahan imbang 0-0 oleh Persik Kediri di pekan ke-33.

Baca Juga

Padahal di pertandingan lainnya Bali United tunduk dari Persebaya Surabaya dengan skor 3-1. Andai Persib menang, penentuan juara akan dinantikan hingga pekan terakhir.

Poin maksimal Bali United tak bisa dikejar oleh Persib, yakni 75 poin di puncak klasemen akhir Liga 1. Sementara Persib, poin maksimalnya 69 poin, jika keduanya menang di laga pamungkas.

Meski tim juara telah lahir, bukan berarti pekan ke-34 Liga 1 2021-2022 tidak akan berjalan seru. Sebab, itu merupakan pertandingan menentukan bagi tim-tim yang berada di zona merah.

Baca Juga

Sebelumnya dua tim sudah memastikan diri turun kasta bermain di Liga 2 musim depan. Mereka adalah Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan.

Satu tim lagi masih ditentukan di pekan terakhir Liga 1. Saat ini, Persipura Jayapura menempati posisi ke-16 atau zona degradasi dengan 33 poin.

Mereka masih bisa keluar dari jerat degradasi, andai menang di pertandingan pekan ke-34 sambil berharap dua tim di atasnya mengalami kekalahan yakni PSS Sleman dan Barito Putera.

Baca Juga

PSS Sleman dan Barito Putera jadi dua tim yang harus berjuang keras meraih kemenangan, jika tidak ingin tampil di Liga 2 tahun depan. 

Saat ini, PSS Sleman menempat posisi ke-14 dengan 36 poin, sedangkan Barito Putera di tempat ke-15 dengan 35 poin. 

Meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19, rupanya tidak membuat persaingan di Liga 1 2021-2022 memudar, dengan bukti ketegangan masih akan hadir hingga pekan terakhir.

Selain itu, banyaknya pemain-pemain dengan kualitas jempolan yang bermain juga menjadi daya tarik tersendiri di Liga 1 2021-2022.

Skill-skill spektakuler tidak pernah absen pada setiap pekannya, mulai dari mencetak gol dengan cara indah, aksi penyelamatan kiper, hingga umpan-umpan kelas dunia hadir di Liga 1 2021-2022.

Aksi-aksi itu menjadi salah satu faktor seorang pemain layak masuk dalam kandidat pemain terbaik di Liga 1, jika mampu diimbangi dengan penampilan konsisten.


1. Ilija Spasojevic

Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic dikawal ketat bek Persebaya Surabaya, Rizky Ridho. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Liga 1 2021-2022 bisa dibilang menjadi musim terbaik bagi Ilija Spasojevic selama berkarier di sepak bola Indonesia. 

Pasalnya, ia sukses membawa timnya Bali United menjadi juara untuk kedua kalinya secara beruntun. Selain itu, Spaso berpeluang melengkapi gelarnya dengan sepatu emas atau gelar individu, top skorer.

Baca Juga

Saat ini, Ilija Spasojevic memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga 1 2021-2022 dengan 22 gol. Pundi-pundi golnya masih bisa bertambah mengingat kompetisi menyisakan satu laga lagi.

Taisei Marukawa

Persebaya Surabaya tampaknya menjadi salah satu klub Liga 1 yang jeli dalam mencari pemain asing. Hal itu dibuktikan dengan kualitas yang ditampilkan oleh Taisei Marukawa.

Padahal pemain asal Jepang itu baru pertama kali berkarier di sepak bola Indonesia. Namun, tidak butuh waktu lama bagi Taisei Marukawa untuk beradaptasi.

Baca Juga

Ia langsung tampil moncer dengan torehan 16 gol dan 10 assist meski berposisi sebagai gelandang serang. Statistiknya itu berpotensi besar menjadikan Taisei Marukawa sebagai pemain terbaik di Liga 1 2021-2022.


2. Brwa Nouri

Gelandang Bali United, Brwa Nouri dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.COM

Salah satu pemain Bali United yang menonjol selain Spasojevic di tahun ini adalah pemain asal Iraq Bbrwa Nouri, pemain berusia 35 tahub ini adalah nyawa dari permainan Bali United.

Hasilnya Bali United mampu memenangkan 13 pertandingan dari 14 laga terakhir musim ini.

Selain menjadi jendral lapangan tengah Nouri juga pernah menjadi pahlawan saat mencetak gol kemenangan 2 - 1 Bali United melawan Arema FC 15 Maret 2022.


3. Ciro Alves

Ciro Alves pada laga melawan Borneo FC

Meski tidak bermain di tim besar, bukan berarti kemampuan Ciro Alves tenggelam. Ia menunjukan kualitasnya bersama Tira Persikabo musim ini di Liga 1.

Perlahan tapi pasti, Ciro Alves merangsek ke papan atas dalam daftar pencetka gol terbanyak, bersaing dengan Ilija Spasojevic.

Saat ini, Ciro Alves berada di tempat ke-2 dengan 20 gol. Berkat gol-golnya, Laskar Padjajaran terhindar dari ancaman degradasi yang sempat menjerat mereka di putaran pertama.

Tira Persikabo saat ini menempati tempat ke-13 dengan koleksi 37 poin dari 33 pertandingan. Kontribusi signifikan dari Ciro Alves, menjadikannya sebagai salah satu calon pemain terbaik di Liga 1 2021-2022.

Teja Paku Alam

Teja Paku Alam menjadi satu-satunya pemain berposisi sebagai kiper yang layak masuk dalam nominasi pemain terbaik Liga 1 2021-2022.

Bukan tanpa alasan, karena berdasarkan statistik, Teja Paku Alam tampil sangat heroik bersama Persib musim ini. Total mantan penjaga gawang Semen Padang itu telah membuat 13 kali cleansheet, dan baru kebobolan 13 gol.

Kokohnya Teja Paku Alam di bawah mistar gawang Maung Bandung, menjadi salah satu faktor Persib mengunci satu tempat untuk tampil di kompetisi Asia.

Jika Teja Paku Alam menjadi yang terbaik, ia menjadi pemain lokal pertama yang memenangkan trofi pemain terbaik Liga Indonesia sejak 2014.

Ilija SpasojevicBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1TRIVIACiro AlvesBerita Liga 1Liga 1 2021Taisei Marukawa

Berita Terkini