x

Perbandingan Statistik Raphinha dengan Penyerang Barcelona: Tak Ada Apa-apanya!

Senin, 28 Maret 2022 18:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat perbandingan statistik Raphinha dengan penyerang Barcelona seiring rumor yang menyebutkan winger Leeds United itu bakal berlabuh ke Camp Nou.

INDOSPORT.COM – Melihat perbandingan statistik Raphinha dengan penyerang Barcelona seiring rumor yang menyebutkan winger Leeds United itu bakal berlabuh ke Camp Nou.

Winger Leeds United, Raphinha, digembor-gemborkan akan menjadi salah satu pemain yang didatangkan Barcelona pada musim panas mendatang.

Baca Juga

Winger asal Brasil ini disebut menjadi target utama Barcelona guna menambah kedalaman skuat barisan depannya.

Juru transfer asal Italia, Fabrizio Romano menyebutkan, raksasa asal Catalan itu telah berdiskusi dengan agen pemain berusia 25 tahun itu.

Diskusi ini untuk membahas rencana kepindahan Raphinha ke Barcelona beserta gaji dan biaya transfer terhadap Leeds United.

Baca Juga

Di sisi lain, pergerakan Barcelona ini membuat klub berjuluk Blaugrana ini selangkah di depan beberapa tim peminat Raphinha, terutama dari Inggris.

Disebutkan, dua tim Inggris lainnya, yakni Chelsea dan Liverpool juga meminati jasa mantan pemain Stade Rennes tersebut.

Hanya saja, kian dekatnya Raphinha untuk bergabung dengan Barcelona membuat beberapa pendukung Blaugrana bertanya-tanya. Apakah dirinya akan menjadi tambahan yang tepat bagi Los Cules?

Baca Juga

Untuk menjawabnya, perlu membedah dan membandingkan statistik Raphinha dengan barisan penyerang Barcelona pada musim ini.


1. Statistik Raphinha di Leeds United

Melihat perbandingan statistik Raphinha dengan penyerang Barcelona seiring rumor yang menyebutkan winger Leeds United itu bakal berlabuh ke Camp Nou.

Sejak kepindahannya ke Inggris pada musim panas 2020 silam, Raphinha mampu menjadi andalan Leeds United di sektor winger kiri.

Raphinha ditempatkan di sektor kiri dalam formasi 4-1-4-1 garapan Marcelo Bielsa karena kemampuannya melakukan Cut Inside dan mendribel bola dengan baik.

Baca Juga

Selain punya kemampuan mencetak gol yang mumpuni, Raphinha juga terbilang kreatif dalam membangun serangan untuk timnya.

Hal ini terlihat dari catatan assist-nya, di mana dalam 59 laga membela Leeds, ia mampu mencetak 12 assist bagi Leeds di segala ajang.

Jika ditotal, Raphinha mampu mencetak 15 gol dan 12 assist sejak 2020 bersama Leeds di segala ajang, dengan rasio 0,45 G/A per laga.

Baca Juga

Rasio tersebut cukup cemerlang untuk seorang Raphinha. Terlebih, ia berada di tim yang tak punya banyak kualitas mumpuni di sektor tengah dan depan.

Namun apakah dengan catatan ini, Raphinha menjadi pembelian penting bagi Barcelona? Untuk itu, ada baiknya membandingkan kualitasnya pada musim ini dengan para penyerang Blaugrana lainnya.


2. Perbandingan Statistik dengan Penyerang Barcelona

Melihat perbandingan statistik Raphinha dengan penyerang Barcelona seiring rumor yang menyebutkan winger Leeds United itu bakal berlabuh ke Camp Nou.

Berkaca pada gaya permainan Raphinha, maka indikator untuk membandingkannya dengan penyerang Barcelona adalah urusan jumlah gol dan rasio gol per menit atau rasio gol atau assist per menit.

Selain itu, indikator lainnya adalah soal dribel sukses dan rataan umpan serta akurasinya dalam 90 menit pertandingan. Indikator itu diambil dari pencapaian sepanjang musim ini.

Lantas, bagaimana perbandingan Raphinha dengan para empat penyerang sayap Barcelona lainnya di kancah liga?

Baca Juga

Dalam urusan gol, di musim ini Raphinha telah mencetak 9 gol. Nyatanya, jumlah tersebut hanya unggul dari tiga winger Barcelona lainnya.

Memphis Depay: 10 gol
Raphinha: 9 gol
Ferran Torres: 6 gol
Adama Traore: 1 gol
Ousmane Dembele: 1 gol

Untuk urusan assist, di kancah liga saat ini, Raphinha hanya mampu membuat 3 assist saja. Hal ini masih kalah dari dua winger Barcelona lainnya.

Ousmane Dembele: 9 assist
Ferran Torres: 4 assist
Raphinha: 3 assist
Memphis Depay: 2 assist
Adama Traore: 2 assist

Baca Juga

Di kancah liga musim ini, rasio gol atau assist per menit Raphinha terbilang cukup buruk dengan satu gol atau assist per 187 menit. Catatan ini kalah dari empat winger Barcelona.

Ousmane Dembele: 75 menit
Ferran Torres: 94 menit
Memphis  Depay: 120 menit
Raphinha: 187 menit
Adama Traore: 445 menit


3. Perbandingan Lainnya dan Kesimpulan

Melihat perbandingan statistik Raphinha dengan penyerang Barcelona seiring rumor yang menyebutkan winger Leeds United itu bakal berlabuh ke Camp Nou.

Untuk perkara kreativitas atau menciptakan peluang per 90 menit, Raphinha masih jauh tertinggal dari empat winger Barcelona lainnya.

Ousmane Dembele: 1,31 peluang per 90 menit
Memphis Depay: 0,69 peluang per 90 menit
Ferran Torres: 0,48 peluang per 90 menit
Raphinha: 0,28 peluang per 90 menit
Adama Traore: 0,27 peluang per 90 menit

Keunggulan Raphinha adalah soal melakukan dribel dan melakukan Cut Inside dari sisi lapangan. Namun lagi-lagi ia masih kalah dibanding dua winger Barcelona lainnya.

Adama Traore: 4,7 dribel sukses per 90 menit (70,1 persen)
Ousmane Dembele: 2,6 dribel sukses per 90 menit (50 persen)
Raphinha: 2,1 dribel sukses per 90 menit (40 persen)
Memphis Depay: 1,6 dribel sukses per 90 menit (50 persen)
Ferran Torres: 1,3 dribel sukses per 90 menit (52 persen)

Dalam Build Up permainan pun, Raphinha juga tak bagus-bagus amat. Ia masih kalah dari dua winger Barcelona lainnya dalam urusan melakukan operan, termasuk persentase akurasinya.

Ousmane Dembele: 53 operan per 90 menit (76 persen sukses)
Memphis Depay: 47 operan per 90 menit (75 persen sukses)
Raphinha: 39 operan per 90 menit (64 persen sukses)
Ferran Torres: 33 operan per 90 menit (83 persen sukses)
Adama Traore: 30 operan per 90 menit (75 persen sukses)

Kesimpulannya, Barcelona seakan hanya membuang-buang waktu dan biaya saja untuk mendatangkan Raphinha ke Camp Nou.

Melihat dari statistik yang ia miliki di liga musim ini, Raphinha terlihat pemain individualis dan kesulitan dalam perihal Build Up permainan.

Terlebih, Output yang ia miliki juga tak cukup mentereng. Tentu hal ini hanya akan menambah kemunduran dalam permainan Barcelona.

Terlepas dari hal tersebut, Xavi Hernandez paham betul mengenai karakteristik pemain buruannya. Bukan tidak mungkin perjudian Barcelona dalam mendatangkan Raphinha bisa berbuah manis di kemudian hari.

Apalagi, gaya bermain Leeds United dan Barcelona teramat jauh. Pun dengan kecepatan permainan di Liga Inggris dengan Liga Spanyol.

BarcelonaXavi HernandezLeeds UnitedIn Depth SportsSepak BolaRaphinha

Berita Terkini