x

Raphinha, Calon Suksesor Tepat untuk Mohamed Salah di Liverpool?

Rabu, 23 Maret 2022 21:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Raphinha, bintang Leeds United yang mungkin bisa gantikan Mohamed Salah di Liverpool. Foto: Stu Forster/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mari melihat potensi bintang Leeds United, Raphinha, menjadi pengganti Mohamed Salah di klub Liga Inggris, Liverpool.

Seperti diketahui, situasi kontrak Mohamed Salah di Liverpool sampai saat ini memang masih jadi tanda tanya bagi sebagian orang.

Baca Juga

Meski kontraknya baru akan kedaluwarsa pada Juni 2023, publik dan para suporter setia The Reds banyak yang ingin masa bakti pemain asal Mesir tersebut diperpanjang.

Apalagi, sejak mendarat dari AS Roma pada 2017, ia telah menjelma, dari pemain yang pernah gagal bersama Chelsea, menjadi bintang besar di Liverpool.

Namun soal mempertahankan atau melepas Mohamed Salah, semua memang ada di tangan klub. Hanya saja, sang pemain sudah mengaku ingin tinggal karena itu adalah keinginannya.

Baca Juga

“Saya ingin bertahan, tetapi itu tidak ada di tangan saya. Itu ada di tangan mereka. Mereka tahu apa yang saya inginkan,” demikian pernah diucapkan Mohamed Salah kepada CQ Magazine.

Tentu, akan lebih baik apabila Liverpool mempertahankan Mohamed Salah untuk waktu yang lebih lama meski ada kemungkinan juga ia hengkang dalam waktu dekat.

Di tengah situasi mengkhawatirkan ini, publik pun sudah mulai menerka-nerka siapa calon yang layak untuk menggantikan top skor sementara Liga Inggris tersebut.

Baca Juga

Berbagai nama memang sempat mencuat ke permukaan, namun tentunya akan sangat sulit mencari sosok seperti Mohamed Salah.

Namun di tengah kesulitan itu, terselip nama Raphinha, bintang Leeds United yang juga sempat disebut-sebut cocok merapat ke Anfield.


1. Kehebatan Raphinha

Raphinha, bintang Leeds United yang mungkin bisa gantikan Mohamed Salah di Liverpool. Foto: Stu Forster/Getty Images.

Kabar santer tentang Liverpool yang konon tertarik mendatangkan Raphinha sejatinya belum cukup lama berhembus, tepatnya pada bulan Februari lalu.

Akan tetapi, Leeds United sebagai klub pemilik kemungkinan besar masih ingin mempertahankannya untuk waktu yang lama.

Baca Juga

Semua tentu tidak lepas dari skill ciamik yang dimilikinya. Winger asal Brasil ini jagonya mencetak gol melalui sayap kanan dan juga pintar menciptkan peluang.

Selain itu, ia punya skill dribel yang mumpuni serta kemampuan memenangkan bola dari kaki lawan. Tentu, dengan segala kualitas yang melekat padanya ini, Leeds United nampak enggan melepasnya begitu saja.

Namun The Whites juga sedang dalam posisi sulit karena Raphinha kabarnya menolak perpanjangan kontrak yang bakal kedaluwarsa pada 2024.

Baca Juga

Menurut laporan Football365, Raphinha tidak mau menambah masa bakti agar klausul rilisnya tidak meroket, yang mana berpotensi membuat para klub peminat berpikir dua kali jika ingin membawanya.

Di sisi lain, Leeds United yang baru saja ditinggal Marcelo Bielsa sedang berjibaku di papan bawah klasemen sementara Premier League Liga Inggris.

Tim asuhan Jesse Marsch bertengger di peringkat 16 dengan 29 poin dan baru saja memenangkan dua laga terakhirnya di Premier League.

Baca Juga

Sebelum itu, mereka memang sangat keteteran lantaran mencatatkan delapan pertandingan tanpa kemenangan, bahkan sempat dibantai 10 gol tanpa balas oleh Liverpool dan Tottenham Hotspur secara beruntun.

Dengan kondisi ini, kontribusi Raphinha rasa-rasanya masih sangat dibutuhkan Leeds United untuk bisa bangkit dan terhindar dari zona degradasi.


2. Raphinha vs Salah

Raphinha, bintang Leeds United yang mungkin bisa gantikan Mohamed Salah di Liverpool. Foto: Stu Forster/Getty Images.

Ya, Raphinha memang bintang besar dan andalan Leeds United yang tentu sayang jika mereka lepas ke rival raksasa macam Liverpool.

Raphinha dan Mohamed Salah, masing-masing punya peran penting di tubuh tim dan keduanya sama-sama hebat sebagai winger dan pencetak gol andal.

Baca Juga

Sampai detik ini saja, Raphinha masih memegang status pencetak gol tersubur Leeds United di Liga Inggris 2021-2022.

Pemain bernama asli Raphael Dias Belloli tersebut telah menorehkan sembilan gol, terbanyak di antara rekan-rekannya yang lain.

Jumlah itu bahkan sejajar dengan para pemain tangguh seperti Bruno Fernandes, Kevin De Bruyne, serta duo Arsenal, Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe.

Baca Juga

Sementara itu, Mohamed Salah masih berada di pucuk daftar top skor Liga Inggris dengan catatan 20 golnya.

Ia pun punya kans besar menggondol Sepatu Emas jika bisa lari dari kejaran Son Heung-min (13 gol), Diogo Jota (13 gol), serta kandidat ternama seperti Cristiano Ronaldo dan Harry Kane (12 gol).

Dengan peran vital dan naluri mencetak gol yang sama-sama hebat untuk tim masing-masing, tentu tidak ada salahnya memasukkan nama Raphinha menjadi calon pengganti potensial untuk Mohamed Salah.

Baca Juga

Bahkan, pemain Liverpool asal Brasil, Fabinho, juga pernah memuji rekan sekompatriotnya sebagai pemain beratribut unik.

Menurutnya, Raphinha berkaki dominan kiri namun bisa bebas saat sedang berkreasi. Jadi, apakah suatu hari nanti ia akan merapat ke Liverpool dan menjadi penerus kehebatan Mohamed Salah? 

Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLeeds UnitedBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainRaphinha

Berita Terkini