x

Berardi, Zaniolo, dan Bernardeschi: Siapa Opsi Terbaik Winger Baru AC Milan?

Kamis, 31 Maret 2022 15:03 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
AC Milan dikaitkan dengan 3 winger sekaligus, yakni Domenico Berardi, Nicolo Zaniolo, dan Federico Bernardeschi. Siapa yang bakal jadi opsi terbaik Rossoneri? (Gabriele Maltinti/Getty Images)

INDOSPORT.COM – AC Milan dikaitkan dengan 3 winger sekaligus, yakni Domenico Berardi, Nicolo Zaniolo, dan Federico Bernardeschi. Siapa yang bakal jadi opsi terbaik Rossoneri?

Memasuki bulan-bulan akhir musim kompetisi 2021/2022, AC Milan memiliki dua fokus penting. Yang pertama tentu saja menjaga performa demi bisa mempertahankan puncak klasemen memenangi Liga Italia musim ini.

Baca Juga

Sementara itu, fokus kedua yang tak kalah penting adalah bersiap untuk berbelanja pemain di bursa transfer musim panas nanti.

Seperti diketahui, Rossoneri memang memiliki sejumlah kebutuhan yang perlu dipenuhi di bursa. Selain mencari pengganti bagi Franck Kessie dan Alessio Romagnoli yang akan pergi, mereka juga perlu mendatangkan nama baru di sejumlah sektor yang menjadi kelemahan, seperti winger kanan.

AC Milan memang sudah memiliki Alexis Saelemaekers di posisi itu. Namun, kinerja bintang muda Belgia itu jauh dari kata memuaskan.

Baca Juga

Sejauh ini, Saelemaekers baru mencetak 2 gol dan 3 assist dari 39  laga di semua kompetisi. Catatan itu terbilang jomplang dengan torehan winger kiri Rossoneri, Rafael Leao, yang mencetak 11 gol dan 6 assist dari 33 laga.

Situasi inilah  yang membuat pelatih Stefano Pioli ingin mendatangkan pemain baru di winger kanan, demi menyeimbangkan serangan AC Milan sekaligus mendapatkan senjata baru.

Sejumlah nama pun menjadi incaran Rossoneri. Menariknya, ketiga nama yang menjadi kandidat terkuat seluruh berasal dari Liga Italia dan merupakan pemain asal Italia.

Baca Juga

Ketika pemain tersebut adalah Nicolo Zaniolo (AS Roma), Federico Bernardeschi (Juventus), dan Domenico Berardi (Sassuolo).

Sejauh ini, ketiganya bergantian dikaitkan dengan AC Milan dan disebut jadi incaran Rossoneri untuk diboyong di bursa transfer musim panas nanti.


1. Satu Nama Jadi Prioritas

Domenico Berardi, winger Sassuolo (Emilio Andreoli/Getty Images)

Dari munculnya ketiga nama itu, terlibat bahwa AC Milan memiliki kecenderungan memilih pemain asal Italia yang bermain di Liga Italia.

Hal ini kemungkinan memiliki alasan tersendiri. Pemilihan pemain dari Liga Italia, misalnya, akan memudahkan sang pemain dalam beradaptasi.

Baca Juga

Sementara itu, faktor kewarganegaraan menjadi penting karena bertambahnya jumlah pemain Italia di skuat bisa memudahkan Rossoneri memenuhi aturan dari liga domestik maupun UEFA.

Meski demikian, di luar faktor liga dan kewarganegaraan yang sama, Nicolo Zaniolo, Federico BernardeschI, dan Domenico Berardi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang patut diperhitungkan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan itu dan siapa yang menjadi opsi terbaik bagi Rossoneri? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Domenico Berardi

Dari 3 nama, Domenico Berardi memiliki statistik terbaik. Andalan Sassuolo ini mencetak 14 gol dan 14 assist, dari 27 laga Liga Italia musim ini alias terlibat dalam lebih dari separuh gol Sassuolo di liga musim ini (55).

Berkat penampilan apiknya itu, Berardi disebut menjadi prioritas utama dari pelatih AC Milan, Stefano Pioli. Namun, penampilan apik itu berbanding lurus dengan harga yang dibanderol Sassuolo.

Sejumlah sumber menyebut Sassuolo memasang harga minimal 30 juta euro untuk sang pemain, sementara Rossoneri baru mengajukan tawaran 15 juta euro. Artinya, Milan perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk bisa mendapatkan jasa Berardi.

Baca Juga

Dengan kemampuan mencetak gol dan assist yang sama baiknya, Berardi jelas akan menjadi tambahan berharga di lini depan AC Milan. Ia bisa menjadi pemecah kebuntuan, sekaligus menyuplai bola bagi rekan-rekannya.

Meski demikian, AC Milan patut waspada karena Domenico Berardi gagal menularkan performa apiknya di Italia. Dalam 10 pertandingan terakhir bersama Azzurri, ia hanya bisa mencetak 1 gol dan gagal mencetak 1 pun assist yang bisa menjadi tanda ia sulit beradaptasi di luar Sassuolo.

 

2. Ada yang Jeblok di Klubnya

Pemain AS Roma, Nicolo Zaniolo. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Nicolo Zaniolo

Absen sepanjang musim lalu karena cedera parah, Nicolo Zaniolo pulih dan kembali ke skuat utama AS Roma musim ini. Kinerjanya cukup baik dan ia sudah mencetak 4 gol serta 8 assist dari 33 laga.

Memboyong Zaniolo bisa menghadirkan sejumlah keuntungan bagi AC Milan. Selain usianya yang baru 22 tahun dan bakat besarnya, Zaniolo juga piawai bermain di posisi lain seperti second striker sehingga menambah kaya lini serang mereka.

Baca Juga

Peluang mendatangkannya pun cukup terbuka, karena sang pemain diklaim tidak terlalu akur dengan Jose Mourinho dan pihak klub pun siap menjualnya jika mendapatkan tawaran yang tepat.

Namun, AC Milan harus merogoh kocek dalam-dalam karena Roma dikabarkan membanderol Zaniolo sebesar 70 juta euro. Mereka pun harus adu cepat dengan Juventus yang juga meminatinya.

Di sisi lain, kondisi fisiknya khususnya lututnya juga patut diwaspadai mengingat Zaniolo pernah mengalami dua cedera parah yang memaksanya absen setengah musim pada 2019/2020 dan semusim penuh pada 2020/2021.

Baca Juga

Federico Bernardeschi

Federico Bernardeschi melakukan selebrasi usai berhasil mencetak gol.

Federico Bernardeschi menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Secara finansial, pemain Juventus ini menjadi opsi paling ringan bagi AC Milan karena ia bisa diboyong secara bebas transfer.

Fakta bahwa ia bisa didatangkan secara gratis itu akan membantu AC Milan menghemat dana belanja mereka, dan bisa memfokuskan dana yang tersedia untuk memboyong pemain di sektor lain.

Namun, secara performa Bernardeschi menjadi yang paling tidak meyakinkan. Dari 173 penampilan bersama Juventus, Bernardeschi hanya mencetak 11 gol dan 23 assist.

Baca Juga

Musim ini saja, ia baru mencetak 1 gol dan 6 assist dari mencatatkan 26 penampilan, dengan 9 kali sebagai pengganti dan hanya 1 kali tampil penuh 90 menit. Jebloknya penampilan itu bahkan membuat ia ditepikan dari timnas Italia di beberapa laga terakhir.

Dengan statistik yang tidak terlalu baik itu, mendatangkan Bernardeschi cukup berisiko bagi AC Milan karena meskipun tidak membutuhkan biaya transfer, mereka tetap harus membayar gaji yang cukup mahal untuk sang winger.

Bursa TransferAC MilanJuventusAS RomaSassuoloDomenico BerardiFederico BernardeschiTRIVIANicolo ZanioloBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini