x

4 Klub Liga 1 Sejauh Ini yang Paling Banyak Lepas Pemainnya, Persebaya Teratas

Rabu, 6 April 2022 13:07 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Setelah kompetisi Liga 1 usai, banyak klub yang melepas pemainnya lantaran kontraknya sudah habis dan enggan memperpanjang. Persebaya jadi klub yang paling banyak ditinggal pemain.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2021-2022, telah resmi berakhir dengan memunculkan nama Bali United sebagai juaranya.

Baca Juga

Kini para klub tengah disibukan dengan aktivitasnya di lantai bursa transfer dalam mencari pemain baru untuk bisa bersaing di Liga 1 musim depan.

Hampir mayoritas klub di Liga 1 selalu mendangkan pemain baru alih-alih memperkuat komposisi pemain yang sudah terbentuk di musim sebelumnya.

Hal tersebut terjadi lantaran para pemain diberi kontrak jangka pendek, sehingga nama-nama lokal dan asing yang sudah terbukti kualitasnya tak dipertahankan.

Baca Juga

Mereka tak diberi kesempatan untuk bermain di klub dengan jangka waktu yang lama. Berbeda dengan klub-klub Eropa yang mengontrak pemain baru dengan durasi panjang hingga 5 musim.

Bahka jika tampil buruk sekalipun sang pemain tetap berada di klub tersebut, hingga kontraknya selesai tak ujug-ujug dipecat dalam waktu enam bulan saja.

Kasus terbaru yang terjadi di Liga 1 musim lalu adalah Carlos Fortes dan Taisei Marukawa.

Di Liga 1 musim 2021-2022 kemarin, keduanya tampil gemilang bersama Arema FC dan Persebaya Surabaya. 

Baca Juga

Carlos Fortes tampil tajam di lini depan Arema FC dengan mencetak 20 gol, sedangkan Taisei Marukawa membuat 17 gol bersama Persebaya.

Namun, Arema FC dan Persebaya tak mampu mempertahankan dua pemain andalannya tersebut karena sisa kontrak yang habis.

Ketika pemain tersebut tampil gemilang dan ingin dipertahankan, negosiasi kontrak baru tak menemui kata sepakat.

Alhasil sang pemain lebih memilih klub lain yang mampu memberikan nominal besar. Fenomena ini terjadi karena di awal kontraknya berdurasi pendek.

Musim ini setelah Liga 1 selesai, ada beberapa klub yang juga melepaskan banyak pemain karena kontraknya habis. Klub mana saja itu? 


1. Persebaya

Protes para pemain Persebaya usai Samsul Arif dijegal di depan mata wasit.

Persebaya Surabaya kembali menjadi sorotan setelah Liga 1 2021-2022 berakhir. Setelah tampil apik kali ini perhatian tertuju kepada kebijakan klub dalam menangangi masa depan pemain.

Klub berjuluk Bajul Ijo itu sejauh ini menjadi tim yang paling banyak melepaskan pemainnya.

Baca Juga

Bahkan beberapa nama di antaranya merupakan pilar penting musim lalu, yang membawa Persebaya finis di peringkat ke-5.

Komposisi pemain yang sudah terbentuk tidak membuat manajemen takut untuk melakukan bongkar pasang. Total ada 10 pemain yang dilepas sejauh ini, 7 di antaranya sudah pasti dan 3 lainnya masih rumor.

Tujuh pemain yang dilepas adalah Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Johan Yoga dan David Arianto.

Baca Juga

Kebijakan tersebut tentu membuat pelatih Aji Santoso harus membangun ulang kerangka tim agar bisa bersaing lagi di Liga 1 musim depan.

Persik Kediri

Persik Kediri jadi klub kedua yang paling banyak melepas pemain. Keputusan yang mengejutkan adalah ketika mereka berani merelakan dua pilar pentingnya yakni Youssef Ezzejjari dan Dionatan Machado.

Youssef Ezzejjari tampil tajam bersama Persik di Liga 1 musim kemarin dengan menorehkan 18 gol dari 32 pertandingan.

Sedangkan Dionatan Machado, tampil gemilang di lini tengah Persik dengan menorehkan 8 assist dan 1 gol dari 26 pertandingan.

Baca Juga

Keduanya merupakan salah satu pemain kunci yang mampu membawa Persik bertahan di Liga 1 setelah musim lalu promosi dari Liga 2.

Selain Youssef Ezzejjari dan Dionatan Machado, Persik Kediri juga melepas empat pemain lain yakni Marwin, Akmal, Aldo Claudio dan Fajar Setya. 

Total mereka melepas 6 pemain, dan bukan tidak mungkin akan bertahambah dalam beberapa waktu ke depan.


2. Bali United

Perayaan Gelar Juara Liga 1 Bali United

Bali United tampaknya menjadi satu-satunya klub yang sejauh ini masih mempertahankan pemain pilar untuk musim depan.

Faktor kerangka tim yang sudah terbentuk musim lalu sampai bisa merebut gelar juara Liga 1, jadi pertimbangan manajemen tak akan melepas pilar pentingnya.

Di sisi lain, Bali United juga melepas pemain yang kurang berkontribusi musim lalu. Total 5 pemain mereka buang karena lebih sering menghuni bangku cadangan.

Kelimanya adalah M. Taufiq, Michael Orah, Dias Angga, Samuel Reimas, dan Wawan Hendrawan. Dua nama juga rumornya menyusul yakni Eky Taufik dan Abduh Lestaluhu.

Persib Bandung

Terakhir ada Persib Bandung. Klub asal Kota Kembang ini dipastikan akan melepas lima pemain senior, satu di antaranya merupakan penggawa yang cukup lama bermain untuk Maung Bandung.

Dia adalah Supardi Nasir. Pemain berposisi bek itu sudah empat musim membela Persib, namun musim kemarin menjadi terakhir kalinya ia berseragam biru-biru.

Selain Supardi Nasir, empat pemain senior lain yang dilepas adalah Aqail Savik, Esteban Vizcarra, Indra Mustafa dan Gian Zola. Satu nama saat ini masih menjadi rumor yang juga akan dilepas yakni Mohammed Rashid.

Musim lalu, Persib finis di posisi ke-2 di Liga 1 2021-2022. Ia nyaris menjadi juara jika di laga penentuan tak tergelincir di pekan ke-37, karena hanya bisa imbang 0-0 melawan Persik.

Persebaya SurabayaPersib BandungBali UnitedLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini