x

Owen Beck, Wonderkid Liverpool Pewaris 'DNA' Sepak Bola Ian Rush

Senin, 11 April 2022 21:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Owen Beck (kiri), wonderkid Liverpool yang warisi DNA Ian Rush. Foto: instagram/owenbeck02.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok wonderkid sekaligus cucu legenda Liverpool, Ian Rush, yang bernama Owen Beck.

Sepanjang sejarah klub berdiri, Liverpool telah menjadi rumah bagi banyak pemain muda usia anak-anak hingga remaja untuk mengasah skill sepak bola mereka.

Baca Juga

Bahkan, tidak sedikit di antaranya yang mentas dan jadi pemain sukses, entah di Liverpool, maupun di klub lain.

Owen Beck adalah salah satu pemain muda tersebut, yang masih menuntut ilmu bersama Liverpool, dan tentunya berjuang menarik perhatian pelatih kepala mereka yang menangani tim senior, Jurgen Klopp.

Selama bertahun-tahun, Liverpool jadi saksi banyak bocah ajaib, baik yang masuk ke akademi mereka maupun yang dengan sengaja direkrut untuk dididik lebih lanjut.

Baca Juga

Begitu pula Owen Beck, yang mewarisi DNA sepak bola milik sang kakek, Ian Rush, salah satu legenda hidup The Reds sepanjang masa.

Owen Beck adalah cucu dari saudara perempuan Ian Rush, alias putra dari keponakannya.

Meski tidak langsung segaris dalam pohon keluarga, remaja 19 tahun tersebut menuruni bakat sepak bola dari sang kakek.

Baca Juga

Sebelum mendarat di Liverpool saat berusia 13 tahun, ia pernah bermain di sejumlah klub seperti Flint Town United, Tranmere Rovers, dan Stoke City.

Baru pada 2015, Liverpool merekrutnya ke akademi sebagai pemain di tim U-13 mereka. Pada 2019-2020, ia mentas ke level U-18 dan bermain di UEFA Youth League U-19.


1. Sepak Terjang Owen Beck

Owen Beck (kiri), wonderkid Liverpool yang warisi DNA Ian Rush. Foto: instagram/owenbeck02.

Owen Beck adalah pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ia menandatangani kontrak profesional di Liverpool pada Juni 2020 dan memperbaruinya Juli 2021.

Perbaruan kontrak tersebut ia dapatkan selagi berpartisipasi bersama tim utama di agenda pramusim dan bermain untuk Liverpool U-23 asuhan Barry Lewtas.

Baca Juga

Dalam profilnya di laman resmi klub, Owen Beck digambarkan sebagai pemain yang punya kapasitas maju ke depan meski berposisi sebagai bek.

Forward-thinking left-back, demikianlah istilah yang disematkan pada remaja kelahiran Flint, Wales, ini.

Bahkan, menurut laporan The Athletic, Owen Beck tampil memukau saat diundang latihan bersama tim utama dengan memberi setidaknya tujuh umpan apik kepada Mohamed Salah.

Baca Juga

Ia pun sudah tampil dua kali saat sesi pramusim Liverpool melawan Athletic Club dan Osasuna pada 2021-2022 lalu.

Baru pada akhirnya momen debut kompetitifnya datang juga pada Oktober 2021 saat dimasukkan Jurgen Klopp di pertandingan Carabao Cup melawan Preston North End.

Setelah itu, ia juga menjadi bagian tim yang bermain kontra Leicester City beberapa waktu kemudian, masih di ajang Carabao Cup.

Baca Juga

“Dua-duanya sama-sama pengalaman berharga dan keluarga saya sangat bangga dengan saya,” ucap Owen Beck soal momen debutnya tersebut, seperti dikutip Tribal Football dari laman resmi Liverpool.

“Bisa tampil di depan para suporter seperti pengalaman yang tidak nyata. Sungguh luar biasa dan saya sangat menikmati setiap menitnya,” tambah pemain Timnas Wales U-21 itu.


2. Prospek Liverpool dengan DNA Ian Rush

Owen Beck (kiri), wonderkid Liverpool yang warisi DNA Ian Rush. Foto: instagram/owenbeck02.

Meski punya hubungan kerabat dengan legenda Liverpool, Ian Rush, tidak serta-merta membuat jalan Owen Beck menuju tim utama mulus begitu saja.

Seperti rekan-rekannya yang lain, ia juga harus berjuang meraih hati Jurgen Klopp, lewat penampilan-penampilan dan statistik apik di lapangan.

Baca Juga

Apalagi, Liverpool diketahui memiliki seabrek pemain muda yang hebat-hebat. Beberapa di antaranya bahkan berpeluang besar menjadi andalan Jurgen Klopp di tim utama suatu hari nanti.

Sebut saja Conor Bradley, Tyler Morton, serta Mateusz Musialowski yang dijuluki Lionel Messi-nya Polandia.

Akan tetapi, mewarisi DNA sepak bola dari paman kedua orang tuanya, Ian Rush, Owen Beck masih punya masa depan yang panjang sebagai pemain.

Baca Juga

Apalagi, namanya sudah pernah disebut sebagai salah satu prospek Liverpool di sektor bek kiri selain Andy Robertson dan Kostas Tsimikas.

Hal tersebut diungkapkan Jurgen Klopp dalam sebuah kesempatan, jelang pertandingan melawan Southampton bulan November lalu.

“Sekarang kami punya solusi berbeda [untuk bek kiri], jadi saya rasa cukup bagus,” ujarnya seperti diwartakan laman Liverpool Echo.

Baca Juga

“Kami punya Kostas [Tsimikas] dan sebentar lagi Owen Beck, sebuah prospek nyata,” tambah pelatih asal Jerman tersebut.

Tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang Owen Beck selanjutnya di Liverpool. Apakah ia bisa jadi penerus Andy Robertson suatu hari nanti?

LiverpoolLiga Primer InggrisIan RushLiga InggrisWonderkidBerita Liga Inggris

Berita Terkini