x

Rapor Pemain Indonesia di Luar Negeri: Egy dan Witan Mogok Main, Elkan Baggott Debut Senior

Senin, 18 April 2022 15:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Rapor pemain Indonesia di luar negeri sepekan terakhir, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mogok main di Eropa hingga Elkan Baggott debut tim senior.

INDOSPORT.COM – Melihat rapor penampilan para pemain Indonesia di luar negeri sepekan terakhir, mulai dari Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang mogok main di Eropa hingga Elkan Baggott debut tim senior.

Dalam sepekan terakhir, sejumah pemain Indonesia yang mentas di kompetisi luar negeri sukses mencuri perhatian lewat penampilan impresif mereka.

Baca Juga

Dari kompetisi di benua Asia misalnya, bintang Timnas Indonesia yakni Saddil Ramdani kembali mendapat kepercayaan untuk tampil bersama Sabah FA.

Tampil di lanjutan pekan ke-5 Malaysia Super League atau kasta teratas Liga Malaysia, mantan penggawa Persela itu bermain sebagai starter sejak awal laga.

Namun sayang, Saddil Ramdani gagal membantu timnya meraih kemenangan usai kalah dua gol tanpa balas dari tuan rumah Kuala Lumpur City FC.

Baca Juga

Saddil Ramdani meski turun sebagai starter, hanya bisa bermain selama 40 menit sebelum akhirnya digantikan Amri Yahyah.

Dengan kekalahan ini, Saddil Ramdani dan Sabah FA gagal mempertahankan tren positif mereka yang sempat menang tiga kali beruntun.

Selain dari Liga Malaysia, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas rapor penampilan para pemain Indonesia di luar negeri dalam sepekan terakhir:

Baca Juga

Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan)
Masih dari kawasan Asia, ada Asnawi Mangkualam yang kian berkembang bersama klub Ansan Greeners di kompetisi K-League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan.

Sempat tertatih di awal musim, namun perlahan Asnawi Mangkualam berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai wingback serbabisa.


1. Asnawi Berkembang

Bintang Timnas Indonesia U-19, David Maulana.

Bertandang ke markas Gimpo FC dalam lanjutan pekan ke-11 K-League 2, Asnawi Mangkualam tembus starting XI Ansan Greeners.

Ini merupakan kali kedua Asnawi Mangkualam tampil sebagai starter buat Ansan Greeners dibawah era kepelatihan Cho Min Kook.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, Asnawi ditempatkan sebagai right midfield dalam taktik skema 3-4-3.

Walau belum terbiasa sebagai gelandang sayap, namun Asnawi mampu tampil baik terutama dalam membantu serangan dan membawa Ansan Greeners raih hasil imbang 1-1.

Asnawi Mangkualam di pertandingan kemarin berhasil tampil hingga menit 90, namun pada masa injury time dirinya ditarik keluar.

Baca Juga

David Maulana (NK Pomorac/Kroasia)
Beralih ke zona Eropa, ada David Maulana yang memperkuat klub NK Pomorac di ajang 3. HNL West atau kasta ketiga Liga Kroasia zona Barat.

Dalam pertandingan teranyarnya, David Maulana mendapat kepercayaan untuk tampil menghadapi NK Vinodol di laga tandang.

Sayangnya, di pertandingan ini David Maulana harus masuk dari bangku cadangan dan baru dimainkan pada menit ke-68’.

Baca Juga

Kehadiran David Maulana pun tak bisa berikan kontribusi banyak buat NK Pomorac, dan harus telan kekalahan telak 2-5 atas NK Vinodol.

Bagi David Maulana, ini merupakan laga ke-12 bersama NK Pomorac senior di musim 21/22.


2. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman (FK Senica/Slovakia)

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Berikutnya dari kompetisi Fortuna Liga atau kasta teratas Liga Slovakia, di mana ada dua pemain Indonesia yang mentas di ajang ini yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Keduanya memperkuat FK Senica. Namun sayang, pada pertandingan teranyarnya baik Egy Maulana Vikri ataupun Witan Sulaeman gagal dapatkan menit bermain.

Baca Juga

Permasalahan internal yang menerpa FK Senica membuat delapan pemain termasuk Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman melakukan aksi mogok main.

Hal itu mereka lakukan saat FK Senica menghadapi tamunya Lipstovsky Mikulas dalam lanjutan Liga Slovakia pada Sabtu (16/04/22) malam WIB kemarin.

Tidak adanya sejumlah pemain bintang termasuk Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman membuat FK Senica terbantai di kandang sendiri dengan skor telak 0-3.

Media Slovakia, Sport.aktuality.sk melaporkan kalau tim tersebut hanya diperkuat oleh empat nama senior, sisanya mengambil tim junior yang punya rata-rata umur 19 tahun.

Elkan Baggott (Ipswich Town F.C/Inggris)
Terakhir adalah Elkan Baggott. Bek Timnas Indonesia ini berhasil jalani laga debut senior bersama Ipswich Town FC di ajang EFL League One.

Dalam kompetisi kasta ketiga Liga Inggris tersebut, Elkan Baggott tampil sebagai starter saat Ipswich menghadapi Rotherham di pekan ke-43.

Meski jalani laga debut, namun Elkan Baggott sukses tampil gemilang dengan catatkan dua shoot block serta tingkat akurasi umpan yang mencapai 71%.

Namun sayang, Elkan Baggott gagal membantu timnya amankan poin setelah kalah tipis dari Rotherham dengan skor 1-0.

Timnas IndonesiaEgy Maulana VikriSaddil RamdaniBakat Muda IndonesiaWitan SulaemanTRIVIAElkan BaggottPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini