x

5 Rekor Mencengangkan Usai Liverpool Bantai Manchester United: Salah Luar Biasa, MU Menyedihkan

Rabu, 20 April 2022 10:02 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Liverpool berpesta 4 gol tanpa balas saat menghadapi Manchester United di Liga Inggris. Berikut 5 rekor mencengangkan yang tercipta usai laga tersebut. (REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM – Liverpool berpesta 4 gol tanpa balas saat menghadapi Manchester United di Liga Inggris. Berikut 5 rekor mencengangkan yang tercipta usai laga tersebut.

Tengah pekan ini, Liga Inggris 2021/2022 menggelar sejumlah partai tunda. Salah satunya mempertemukan Liverpool vs Manchester United, Rabu (20/04/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Tampil di kandang dengan misi mengudeta Manchester City dari pucuk klasemen, The Reds menurunkan tim terbaik termasuk trio andalan baru di lini depan, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Luis Diaz.

Sementara itu, MU yang juga butuh kemenangan untuk menjaga peluang finis di 4 besar membuat kejutan dengan memainkan skema 5 pemain belakang, termasuk menurunkan Phil Jones.

Baru 5 menit laga berjalan, Liverpool sudah menunjukkan dominasinya. Posisi yang buruk dari Harry Maguire dan Diogo Dalot membuat Mohamed Salah bebas menerima bola, sebelum meneruskannya kepada Luis Diaz yang mencetak gol pembuka.

Baca Juga

Gol cepat itu pun meruntuhkan mental pasukan Setan Merah dan membuat permainan mereka tak mampu  berkembang.

Menit ke-22, giliran Mohamed Salah yang menjebol gawang David de Gea memanfaatkan umpan apik Sadio Mane, untuk membawa The Reds unggul makin jauh 2-0.

Manchester United bahkan nyaris tertinggal 0-3 sebelum babak pertama berakhir, namun gol Diaz di menit ke-35 dianulir karena offside.

Baca Juga

Liverpool pun terus menggempur tapi pada akhirnya tak ada tambahan gol yang tercipta.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan The Reds 2-0 atas MU.


1. Liverpool ke Puncak, MU Makin Sulit ke 4 Besar

Mohamed Salah dan Harry Maguire di laga Liverpool vs Manchester United (REUTERS/Phil Noble)

Di babak kedua, Manchester United mengawali laga dengan melakukan perubahan. Ralf Rangnick menarik keluar Phil Jones dan memasukkan Jadon Sancho.

Namun, perubahan itu tak terlalu memberikan dampak berarti. Lini depan MU tetap melempem sedangkan lini belakang mereka tak membaik.

Baca Juga

Terbukti, di menit ke-68 Liverpool kembali berhasil menambah gol, kali ini melalui Sadio Mane yang menerima umpan mendatar Luis Diaz dari sisi kiri.

Unggul 3-0, The Reds mulai nyaman dan Jurgen Klopp memasukkan Diogo Jota serta Naby Keita untuk menggantikan Luis Diaz dan Thiago Alcantara.

Meski demikian, Liverpool tetap mendominasi permainan. Puncaknya, di menit ke-85 mereka kembali mencetak gol untuk keempat kalinya.

Baca Juga

Menerima umpan dari Jota, Mohamed Salah berhasil mengungguli Aaron Wan-Bissaka untuk kemudian menundukkan de Gea.

Gol kedua Mohamed Salah di laga itu pun menjadi gol penutup. Laga Liga Inggris tersebut akhirnya berakhir dengan kemenangan telak Liverpool 4-0 atas Manchester United.

Dengan hasil ini, Liverpool pun naik ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 76 poin dari 32 laga, menggusur Manchester City yang punya 74 poin tapi baru main 31 kali.

Baca Juga

Sementara itu, MU tertahan di posisi 6 dan makin sulit menembus 4 besar. Mereka tertinggal 3 poin dari Tottenham yang ada di posisi 4, tapi Tottenham masih menyimpan 1 laga.

Di sisi lain, hasil tersebut juga menghadirkan sejumlah rekor, beberapa di antaranya terbilang memalukan bagi MU, sedangkan yang lain terbilang memuaskan bagi Liverpool. Apa saja rekor-rekor tersebut?

 

2. Kekalahan Agregat Terburuk dalam 129 Tahun

Pemain Manchester United, Jesse Lingard, sedang melakukan tekel untuk menghentikan laju pemain Liverpool.

Kalah Agregat 0-9, Terburuk dalam 129 Tahun.

Kekalahan 0-4 pada dini hari tadi membuat Manchester United menelan skor agregat memalukan 0-9 dari dua pertemuan dengan Liverpool di Liga Inggris musim ini. Pasalnya, pada pertemuan pertama di Old Trafford mereka juga kalah telak 0-5.

Ini menjadi kekalahan agregat terburuk Manchester United di Premier League. Secara total, ini menjadi kekalahan agregat terburuk kedua setelah 0-11 dari Sunderland pada 1892/1893, alias sekitar 129 tahun lalu.

Baca Juga

Kekalahan Terbesar di Anfield di Era Premier League

Dilansir Squawka, kekalahan 0-4 yang dialami Manchester United dini hari tadi merupakan kekalahan terbesar yang mereka alami di Anfield, sejak era Premier League dimulai pada 1992/1993.

Sebelumnya, MU tak pernah kalah lebih dari 2 gol dengan skor terburuk di Anfield hanya 1-3 atau 0-2. Terakhir kali Setan Merah kalah 0-4 di Anfield terjadi pada September 1990 ketika kompetisi masih bernama Divisi Satu.

Baca Juga

Lumbung Gol Liverpool

Tambahan 4 gol dari laga dini hari tadi membuat Manchester United kini sudah kebobolan 74 gol dari Liverpool sepanjang sejarah Premier League.

Catatan itu membuat The Reds kini menjadi tim yang paling banyak menjebol gawang Setan Merah di kompetisi tersebut.

Gawang Favorit Mohamed Salah

Dengan tambahan 2 gol dari pertandingan dini hari tadi, Mohamed Salah kini tercatat mencetak 5 gol ke gawang MU di Liga Inggris musim ini. Pasalnya, di pertemuan pertama yang berakhir dengan kemenangan 5-0, Salah mencetak 3 gol.

Jika dihitung dengan assist, maka Mohamed Salah bahkan berperan dalam 7 (5 gol dan 2 assist) dari 9 gol Liverpool ke gawang MU dalam 2 pertemuan musim ini. Jumlah itu adalah keterlibatan tertinggi seorang pemain ke gawang lawan dalam 5 musim terakhir.

Baca Juga

Masih Soal Salah dan Manchester United

Dengan torehan 2 gol dan 1 assist dini hari tadi, Mohamed Salah menjadi pemain kedua dalam sejarah Premier League yang mampu mencetak gol dan assist ke gawang MU baik di laga kandang maupun tandang, mengikuti jejak Mesut Ozil pada 2015/2016.

Di sisi lain, Salah kini tercatat sudah mencetak 9 gol ke gawang MU sejak membela Liverpool, sama seperti jumlah yang dicatatkan Steven Gerrard, menjadikan keduanya pemain Liverpool yang paling sering menjebol gawang Manchester United.

Manchester UnitedLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini