x

12 Pemain yang Hijrah dengan Mahar 100 Juta Euro, 4 Sukses dan 8 Gagal

Senin, 25 April 2022 23:04 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut 12 pemain yang sejauh ini telah berganti klub dengan mahar di atas 100 juta euro, di mana hanya empat di antaranya yang sukses.

INDOSPORT.COM – Berikut 12 pemain yang sejauh ini telah berganti klub dengan mahar di atas 100 juta euro di bursa transfer, di mana hanya empat di antaranya yang sukses.

Pasaran pemain saat ini tengan melonjak tinggi, seiring adanya inflasi di ranah sepak bola. Tak jarang, banyak transfer pemain yang memakan dana triliunan rupiah.

Baca Juga

Sebagai contoh adalah Erling Haaland. Disebutkan Borussia Dortmund meminta dana hanya 75 juta euro atau hanya sekitar Rp1,16 triliun saja.

Harga tersebut dirasa murah. Pasalnya, Haaland bisa dikatakan sebagai salah satu pemain muda terbaik di muka bumi saat ini.

Namun, harga ini tak sebegitunya murah. Sebab, ada laporan bahwa harga 75 juta euro itu bisa membengkak hingga 100 juta euro lebih.

Baca Juga

Pembengkakan angka ini tak lepas dari besarnya angka yang harus dibayarkan kepada ayah Haaland, Alf-Inge Haaland dan sang agen, Mino Raiola.

Dilansir dari Marca, untuk membayar ayah Haaland dan Mino Raiola, sebuah tim yang menginginkan penyerang Dortmund itu harus mengeluarkan mahar total 40 juta euro (Rp619 miliar).

Jika dijumlah secara keseluruhan, transfer Haaland akan memakan dana 115 juta euro atau sekitar Rp1,78 triliun. Angka yang cukup fantastis.

Baca Juga

Jika Haaland benar-benar akan pindah pada 2022 nanti, maka secara tak langsung dirinya akan menjadi pemain ke-13 yang pergi dengan dana di atas 100 juta euro.

Berkaca pada 12 pemain yang pergi di atas 100 juta euro, Haaland wajib was-was. Sebab, hanya sepertiga di antaranya yang sukses. Sisanya gagal total.

Siapa saja 12 pemain yang pindah ke klub lain dengan mahar di atas 100 juta euro? Berikut daftarnya.


1. Pemain di Atas 100 Juta Euro yang Berhasil

Selebrasi gol Cristiano Ronaldo di laga Juventus vs AS Roma.

Seperti yang dibahas sebelumnya, hanya ada sepertiga dari 12 atau empat pemain saja yang sukses di klub barunya usai diboyong dengan harga 100 juta euro.

Keempat pemain tersebut antara lain:

Dilansir dari Transfermarkt, Cristiano Ronaldo diboyong dengan harga 117 juta euro oleh Juventus dari Real Madrid pada 2018 silam.

Sejak kepindahannya, ia mampu membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik dengan membawa Juventus meraih lima gelar, yakni dua gelar Serie A, dua gelar Coppa Italia dan satu gelar Supercoppa Italia.

Baca Juga

Tak hanya gelar, Ronaldo juga punya catatan mentereng, dengan mencetak 101 gol dari 134 penampilan bersama Juventus.

Gareth Bale dulunya merupakan pemain termahal di dunia usai diboyong Real Madrid dari Tottenham Hotspur dengan mahar 101 juta euro pada 2013.

Meski kini mulai dipinggirkan, di awal kepindahannya Bale menjadi salah satu kunci sukses Real Madrid, termasuk saat mencetak Hattrick Liga Champions, yang membuat torehannya menjadi empat gelar.

Selain itu, Bale terbilang subur dengan mencetak 106 gol dari 258 penampilan bersama Los Blancos di seluruh ajang.

Baca Juga

Di usia yang belum genap 20 tahun, Kylian Mbappe mampu mencetak rekor pemain muda termahal usai diboyong PSG dengan harga 145 juta euro dari AS Monaco.

Sejak saat itu, Mbappe menjadi salah satu tumpuan PSG di berbagai ajang, terutama di kancah domestik di usia yang baru 23 tahun hingga saat ini.

Tercatat, Mbappe berpeluang memecahkan top skor sepanjang masa PSG yang dipegang Edinso Cavani dengan 200 gol, usai dirinya telah mencetak 165 gol bagi Les Parisiens.

Baca Juga

Neymar bisa dikatakan biang kerok dari melonjaknya harga pasar pemain, usai diboyong PSG pada 2017 dengan mahar 222 juta euro, atau yang termahal hingga saat ini.

Sejak saat itu, Neymar memang kerap dipandang remeh karena bermain di Liga Prancis. Namun jangan salah, dirinya mampu memberi kesuksesan ke PSG terutama di kancah domestik.

Dari 141 laga yang ia mainkan bersama PSG sejauh ini, Neymar telah mencetak 98 gol dan 59 assist. Catatan apik bagi seorang pemain termahal sejagat ini.

Selanjutnya, siapa saja pemain ditransfer dengan harga di atas 100 juta euro dan kemudian malah gagal di klub barunya? Berikut daftarnya.


2. Pemain di Atas 100 Juta Euro yang Gagal

Antoine Griezmann saat ingin merebut bola dari pemain Getafe,

Total ada delapan pemain yang gagal usai hijrah ke klub baru dengan biaya transfer di atas 100 juta euro. Tak disangka, Barcelona yang paling sering buntung.

Delapan pemain tersebut antara lain

Ousmane Dembele datang sebagai pengganti Neymar pada 2017. Ia datang dengan harga 140 juta euro dari Borussia Dortmund.

Sayangnya, nilai besar itu tak mencerminkan penampilannya, yang banyak berkutat dengan cedera dan dibarengi catatan miris, yakni hanya 32 gol dan 32 assist dari 146 laga.

Antonine Griezmann juga diboyong Barcelona dengan mahar yang fantastis yakni 120 juta euro dari Atletico Madridpada 2019.

Sejak saat itu, Griezmann kesulitan beradaptasi di Barcelona. Malahan, dirinya sempat dicadangkan dan hanya mampu mencetak 35 gol dan 17 assist dari 102 penampilan.

Baca Juga

Phillipe Coutinho juga merupakan salah satu pemain mahal yang didatangkan Barcelona. Biaya trasnfernya mencapai 135 juta euro saat diboyong pada 2018 dari Liverpool.

Usai hijrah ke Barcelona, Coutinho sulit beradaptasi. Dirinya malah lebih sering dicadangkan dan dipinjamkan, dengan sumbangsih hanya 25 gol dan 14 assist dari 106 laga bersama Barcelona.

Bergeser ke Real Madrid, ada nama Eden Hazard yang juga gagal usai diboyong Real Madrid dengan harga 115 juta euro pada 2019 silam.

Sejak kepindahannya, Hazard lebih banyak berkutat dengan cedera. Malahan dirinya hanya tampil sebanyak 65 kali bagi Real Madrid dengan torehan 6 gol dan 10 assist selama hampir tiga tahun.

Baca Juga

Kompatriot Hazard, Romelu Lukaku juga harus gagal usai diboyong Chelsea dengan harga 113 juta euro pada 2021 lalu dari Inter Milan.

Sempat tampil apik di awal bergabung, Lukaku malah melempem dan bermasalah dengan pendukung Chelsea. Sejauh ini dirinya baru mencetak 12 gol dari 39 laga saja.

Selanjutnya ada Jack Grealish yang didatangkan Manchester City pada 2021 silam dengan mahar 117,5 juta euro dari Aston Villa.

Sejak bergabung, Grealish sulit bersaing dengan para pemain Man City. Sejauh ini dirinya malah baru mencetak 5 gol dan 3 assist saja dalam 34 pertandingan.

Paul Pogba kembali pulang ke Manchester United pada 2016 lalu, dengan harga 105 juta euro yang dibayarkan kepada Juventus.

Sejatinya Pogba terbilang sukses karena mampu meraih gelar. Namun, pertikaiannya dengan pendukung Man United dan kontroversinya dianggap sebagai kegagalan dalam kepulangannya ke Old Trafford.

Baca Juga

Nama terakhir yang gagal usai pindah dengan angka di atas 100 juta euro adalah Joao Felix yang bergabung Atletico Madrid dengan harga 127,2 juta euro.

Joao Felix datang dari Benfica pada 2019. Sejak saat itu, dirinya tak bisa berkembang dan malah melempem dengan baru mencetak 29 gol dan 15 assist dari 111 laga.

Bursa TransferCristiano RonaldoNeymarGareth BaleEden HazardAntoine GriezmannPaul PogbaBorussia DortmundRomelu LukakuPhilippe CoutinhoJack GrealishOusmane DembeleBola InternasionalKylian MbappeJoao FelixSepak BolaErling Braut Haaland

Berita Terkini