x

Gampang tapi Susah, Misi Manchester United Boyong Frenkie de Jong dari Barcelona

Senin, 25 April 2022 15:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, belakangan disebut-sebut sebagai calon rekrutan Erik ten Hag di Manchester United. Foto: REUTERS/Murad Sezer.

INDOSPORT.COM - Nama gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, belakangan disebut-sebut sebagai calon rekrutan Erik ten Hag di Manchester United.

Seperti diketahui, Erik ten Hag yang saat ini tengah fokus membawa Ajax juara Eredivisie Belanda, telah resmi diperkenalkan sebagai juru taktik baru Manchester United musim depan.

Baca Juga

Pengumuman resmi terkait perekrutan ini pun telah disampaikan pihak klub beberapa waktu lalu melalui kanal media sosial dan situs resmi mereka.

Menyusul kabar merapatnya Erik ten Hag, wacana tentang perombakan skuat Setan Merah pun turut bergulir.

Apalagi belum lama ini Harry Maguire dkk panen kritik tajam terkait performa mereka, terutama di Liga Inggris.

Baca Juga

Bahkan, Ralf Rangnick sampai mengisyaratkan akan ada banyak pemain yang mungkin didatangkan di bursa transfer musim panas.

Dari sekian nama yang santer diberitakan, belakangan muncul nama gelandang Barcelona, Frenkie de Jong.

Seperti salah satunya yang diwartakan ESPN, Manchester United melirik pemain asal Belanda itu agar bisa bereuni dengan mantan pelatihnya di Ajax, Erik ten Hag.

Baca Juga

Sejauh ini, Barcelona nampaknya belum punya keinginan melepas gelandangnya tersebut, mengingat ia bisa jadi kunci utama kebangkitan skuat Blaugrana di tangan Xavi Hernandez.

Tentu, ada peluang bagi Frenkie de Jong merapat ke Manchester United di bursa transfer mendatang. Hanya saja, ada plus minus yang harus dipikirkan Setan Merah agar tidak menjadikannya pembelian sia-sia.


1. Keuntungan Manchester United Datangkan Frenkie de Jong

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, belakangan disebut-sebut sebagai calon rekrutan Erik ten Hag di Manchester United. Foto: REUTERS/Murad Sezer.

Jika berhasil mendapatkan tanda tangan Frenkie de Jong, itu artinya Manchester United berhasil mempersatukan kembali mantan pemain dan pelatih yang dulu pernah bekerja sama dalam satu tim.

Frenkie de Jong diketahui pernah bermain di bawah asuhan Erik ten Hag di Ajax sebelum ia hengkang ke Barcelona pada 2019.

Baca Juga

Jadi, apabila benar merapat, Frenkie de Jong nampaknya tidak akan butuh waktu banyak untuk bisa beradaptasi dengan Erik ten Hag.

Di sisi lain, Manchester United juga membutuhkan amunisi baru di sektor gelandang mereka lantaran akan ditinggal Paul Pogba dan Nemanja Matic.

Frenkie de Jong sendiri lebih banyak bermain sebagai gelandang sentral namun bisa juga dioperasikan sebagai gelandang bertahan.

Baca Juga

Namun terlepas apa pun peran yang mungkin ia mainkan di Manchester United, para suporter setia Setan Merah nampaknya tidak perlu khawatir.

Erik ten Hag pasti tahu betul apa yang harus ia lakukan terhadap Frenkie de Jong, dan tentunya sudah paham cara mengeluarkan sekaligus memaksimalkan potensi pemain berusia 24 tahun tersebut.

Sejauh ini, Frenkie de Jong pun tampil cukup lumayan bersama Barcelona. Dari 136 penampilan, ia sudah menyarangkan 13 gol dan 16 assist di semua kompetisi.

Baca Juga

Ia juga sosok gelandang versatile alias serbabisa, yang diberkahi skill passing, dribel, dan visi yang apik, ditambah kemampuan bermain bertahan maupun menyerang.

Hanya saja, dari segala hal baik yang mungkin didapatkan Manchester United dari perekrutan Frenkie de Jong, klub nampaknya juga bakal kesulitan untuk mendatangkannya, Mengapa?

 

2. Halangan Datangkan Frenkie de Jong

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, belakangan disebut-sebut sebagai calon rekrutan Erik ten Hag di Manchester United. Foto: REUTERS/Murad Sezer.

Salah satu halangan terbesar Manchester United mendatangkan Frenkie de Jong adalah nilai tebusan yang terbilang fantastis.

Gelandang Timnas Belanda ini kabarnya memiliki klausul rilis yang lumayan besar, karena kontraknya di Barcelona baru akan berakhir pada 2026 mendatang.

Baca Juga

Selain itu, sang pemain sendiri kabarnya untuk saat ini belum ingin pergi dari Barcelona. Ia nampak tidak terlalu peduli dengan banyaknya tawaran menggiurkan yang datang menghampiri.

Bahkan, semangatnya untuk terus tampil reguler di skuat Xavi juga masih menggebu-gebu meski ada persaingan yang lumayan dengan Gavi dan Nico Gonzalez.

Xavi pun seperti sebelas dua belas dengan pemainnya ini, bahwa ia ingin Frenkie de Jong tetap tinggal dan membantunya mewujudkan era baru di Barcelona.

Baca Juga

"Dia adalah pemain yang sangat penting bagi saya, untuk klub dan untuk tim. Karena kualitas dan kondisinya, dia harus menandai sebuah era di klub," ucapnya pada SPORT.

"Dia berada di level yang sangat bagus sejak saya datang dan dia harus terus mencetak gol, assist, menjadi protagonis,” tambahnya lagi.

Tidak dapat dipungkiri memang, bahwa Frenkie de Jong adalah incaran yang sangat menggiurkan bagi para klub top Eropa yang membutuhkan gelandang baru.

Baca Juga

Jangankan Manchester United, Bayern Munchen juga sempat dikaitkan dengannya beberapa waktu lalu.

Begitu pula Liverpool yang saat ini mungkin tengah membidik calon penerus James Milner dan Jordan Henderson.

Bursa TransferManchester UnitedBarcelonaFrenkie de JongBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainErik ten Hag

Berita Terkini