x

Rekor Jurgen Klopp dan Liverpool Lawan Tim Spanyol di Babak Gugur Kompetisi Eropa, Sangat Miris!

Rabu, 27 April 2022 14:53 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat catatan Jurgen Klopp bersama Liverpool kala berhadapan dengan tim Spanyol di babak gugur kompetisi Eropa yang ternyata amat miris.

INDOSPORT.COM – Melihat catatan Jurgen Klopp bersama Liverpool kala berhadapan dengan tim Spanyol di babak gugur kompetisi Eropa yang ternyata amat miris.

Semifinal Liga Champions 2021/22 akan kembali lagi dan menghadirkan duel leg pertama antara Liverpool vs Villarreal, Kamis (28/04/22).

Baca Juga

Meski tengah disibukan dengan perlombaan gelar juara domestik bersama Manchester CIty, Liverpool tentu tak ingin membuang kesempatan untuk meraih gelar ketujuh di Eropa musim ini.

Hal senada berlaku untuk Villarreal, kendati belum pernah sekalipun meraih trofi kuping besar. Tim berjuluk Kapal Selam Kuning musim ini layak diperhitungkan.

Sang juara Liga Europa musim lalu itu mampu memberikan kejutan, salah satunya mengalahkan dua tim papan atas Eropa, Juventus dan Bayern Munchen.

Baca Juga

Namun tetap saja Liverpool dengan segudang pengalaman mereka mentas di kompetisi ini, tetap jadi unggulan dibandingkan tim asal Spanyol itu.

Meski diunggulkan, Liverpool tetap waspada dengan apa yang akan ditunjukkan Villarreal nanti. Hal ini sudah diwanti-wanti oleh pelatih The Reds, Jurgen Klopp kepada anak asuhnya.

Jelang menatap duel ini, ada baiknya kembali melihat kiprah Klopp dan Liverpool kala bertemu dengan tim Spanyol di babak Knock Out atau babak gugur kompetisi Eropa.

Baca Juga

Tak disangka, selama enam pertemuan melawan tim Spanyol di kompetisi Eropa sejak 2015, Klopp dan Liverpool hanya menang dua kali dan kalah sebanyak empat kali.

Lantas, tim apa saja yang mampu ditumbangkan dan menumbangkan Klopp bersama Liverpool? Berikut daftarnya.


1. 2 Menang, 4 Kalah

James Milner, Trent Alexander-Arnold, dan Adam Lallana lesu.

1. Villarreal (Semifinal Liga Europa 2015/16, Agregat 3-1)

Klub Spanyol pertama yang ditemui Liverpool di bawah arahan Jurgen Klopp adalah Villarreal, calon lawannya di semifinal Liga Champions 2021/22 ini.

Pertemuan pertama Liverpool dan Klopp dengan tim Spanyol itu terjadi di musim 2015/16, tepatnya di babak semifinal Liga Europa.

Dalam laga yang menggunakan format dua leg itu, Liverpool mampu lolos ke babak final usai menang agregat 3-1 atas Villarreal.

Meski lolos ke final, Klopp dan Liverpool baru menentukan kelolosan di leg kedua, yakni Anfield, pasca tertinggal di leg pertama dengan skor 0-1 dari Villarreal.

Baca Juga

2. Sevilla (Final Liga Europa 2015/16, 3-1)

Usai mengalahkan Villarreal di semifinal, Liverpool dan Klopp bersua wakil Spanyol lainnya, Sevilla di final Liga Europa 2015/16. Di laga final ini, Klopp bertemu Unai Emery untuk pertama kalinya.

Di awal laga, Liverpool mulai mendekat ke gelar juara usai unggul di babak pertama lewat gol Daniel Sturridge di menit ke-35.

Namun keunggulan satu gol ini kemudian dibalas Sevilla dengan tiga gol di babak kedua, masing-masing oleh Kevin Gameiro dan dua gol Coke.

Alhasil, musim perdana Klopp bersama Liverpool pun gagal berujung gelar usai tumbang 1-3 dari Sevilla di final Liga Europa 2015/16.

Baca Juga

3. Real Madrid (Final Liga Champions 2017/18, 3-1)

Usai lama tak bersua tim Spanyol, Klopp dan Liverpool kembali berhadapan dengan tim asal negeri Matador di partai sekelas final Liga Champions 2017/18.

Liverpool berhak melaju ke final Liga Champions kala itu usai mengalahkan AS Roma di babak semifinal dengan agregat 7-6.

Di babak final ini, Liverpool bertemu Real Madrid yang tengah mengincar Hattrick gelar di Liga Champions. Seperti yang diduga, The Reds dan Klopp pun tumbang 1-3 dari Los Blancos.

Di laga ini, nama Loris Karius menjadi bulan-bulanan usai melakukan blunder fatal yang melahirkan gol Karim Benzema di partai final itu.


2. 2 Menang, 4 Kalah

Sundulan berkelas dari gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum ke gawang Barcelona.

4. Barcelona (Semifinal Liga Champions 2018/19, Agregat 4-3)

Semusim setelah kekalahan menyakitkan dari Real Madrid, Liverpool dan Klopp bertemu wakil Spanyol lainnya, yakni Barcelona.

Pertemuan ini terjadi di babak semifinal Liga Champions 2018/19, di mana di dalam duel ini muncul keajaiban bagi tim asal Merseyside tersebut.

Keajaiban itu tercipta di leg kedua yang berlangsung di Anfield. Entah bagaimana, Liverpool yang tertinggal 0-3 di leg pertama, mampu membalikkan keadaan dan mengubah agregat menjadi 4-3.

Usai menang secara ajaib atas Barcelona itu, Liverpool pun melangkah ke final dan berhasil merengkuh gelar Liga Champions ke-6 nya sepanjang sejarah.

Baca Juga

5. Atletico Madrid (16 Besar Liga Champions 2019/20, Agregat 4-2)

Semusim pasca menjadi juara Liga Champions, Liverpool kembali bertemu wakil Spanyol, yakni Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2019/20.

Dalam pertandingan dua leg itu, Liverpool sempat tertinggal 0-1 di leg pertama usai bertandang ke markas Atletico. Pasca laga itu, Klopp menyebut akan membalasnya di leg kedua.

Namun di leg kedua yang berlangsung di Anfield, ucapan Klopp salah kaprah setelah Atletico berhasil mengejar ketertinggalan dan membalikkan keadaan di Extra Time menjadi 3-2 sehingga agregat berubah menjaidi 4-2 untuk Los Rojiblancos.

Meski tumbang cepat di Liga Champions, setidaknya Liverpool mampu meraih gelar lainnya di musim itu dengan menggondol gelar Liga Inggris perdananya.

Baca Juga

6. Real Madrid (Perempat Final Liga Champions 2020/21, Agregat 3-1)

Usai disingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar musim 2019/20, Liverpool dan Klopp kembali disingkirkan klub Spanyol lainnya, Real Madrid di babak perempat final Liga Champions 2020/21.

Dalam duel itu, Liverpool dan Klopp harus merasakan kehebatan Vinicius Junior yang tampil kesetanan dalam dua leg tersebut.

Di leg pertama, Liverpool langsung kebobolan tiga gol dan hanya mencetak satu gol balasan saja. Di leg kedua di Anfield, The Reds tak berdaya sehingga laga berkesudahan 0-0.

Usai tersingkir dari Liga Champions 2020/21, Liverpool pun mengakhiri musim tersebut tanpa satu gelar pun, usai meraih kesuksesan di dua musim sebelumnya.

Real MadridAtletico MadridLiverpoolBarcelonaLiga ChampionsSevillaJurgen KloppVillarrealSepak Bola

Berita Terkini