x

Ada yang Juara Liga Champions Bareng The Reds, 4 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan Villarreal

Rabu, 27 April 2022 10:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Jelang semifinal Liga Champions antara Liverpool vs Villarreal, berikut 4 pemain yang pernah bela kedua klub, salah satunya berhasil juara UCL bareng The Reds.(Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Jelang semifinal Liga Champions antara Liverpool vs Villarreal, berikut 4 pemain yang pernah bela kedua klub, salah satunya berhasil juara UCL bareng The Reds.

Laga seru akan tersaji di Liga Champions tengah pekan ini, ketika Liverpool menjamu Villarreal di leg 1 semifinal, Kamis (28/04/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Seperti diketahui, The Reds melaju ke babak 4 besar usai menyingkirkan Inter Milan dan Benfica secara beruntun di fase gugur.

Sementara itu, The Yellow Submarines membuat kejutan dengan menembus babak semifinal, usai mengandaskan dua raksasa Eropa yakni Juventus dan Bayern Munchen, di 16 besar dan 8 besar.

Menghadapi semifinal dini hari nanti, pasukan Jurgen Klopp dalam misi penting menjaga peluang quadruple winners alias 4 gelar dalam 1 musim.

Baca Juga

Sementara itu, tim asuhan Unai Emery tentu ingin meneruskan kejutan mereka dan menjadikan Liverpool raksasa ketiga yang bertekuk lutut di hadapan mereka.

Kedua tim sendiri baru bertemu dua kali sepanjang sejarah. Kedua pertemuan sebelumnya terjadi di Liga Europa, juga di babak semifinal.

Ketika itu, Villarreal menang 1-0 di leg pertama tapi bisa dibalas Liverpool 3-0 di leg kedua, sehingga The Reds melaju ke puncak dengan agregat 3-1.

Baca Juga

Di luar itu, kedua tim juga terbilang cukup akrab di bursa transfer. Tercatat ada setidaknya 4 pemain yang pernah berseragam kedua tim, dengan rincian ada 2 bintang Villarreal yang diboyong ke Anfield, dan ada 2 bintang Liverpool yang menyeberang ke Estadio de la Ceramica.

Salah satu dari keempat pemain itu bahkan kini menyandang status legenda Liverpool, dengan total penampilan hampir 400 kali untuk The Reds. Siapa saja keempat pemain itu? Berikut ulasannya:


1. Ada yang Tampil 396 Kali untuk The Reds

Pepe Reina saat masih membela Liverpool.

Pepe Reina

Pepe Reina menjadi nama pertama yang diboyong Liverpool dari Villarreal. Ia didatangkan pada bursa transfer musim panas 2005 dengan banderol 9,8 juta euro.

Sejak kedatangannya, ia langsung jadi pilihan utama dan bahkan mencatatkan 55 penampilan di musim debutnya.

Baca Juga

Reina sendiri cukup lama menyandang status sebagai kiper nomor 1 The Reds yakni selama 9 musim. Secara total, ia mencatatkan 396 penampilan di semua kompetisi.

Namun, kedatangan Simon Mignolet membuat Reina kemudian dipinjamkan ke Napoli pada musim 2013/2014, dan akhirnya dijual ke Bayern Munchen semusim kemudian.

Bersama Liverpool, Pepe Reina sukses menghadirkan sejumlah gelar yakni masing-masing 1 Piala FA, Piala Liga, Piala Super Eropa, dan Community Shield.

Baca Juga

Jan Kromkamp

Jan Kromkamp menjadi pemain kedua dan terakhir yang pernah didatangkan Liverpool dari Villarreal. Ia tiba di Anfield pada Januari 2006 alias hanya 6 bulan setelah Pepe Reina.

Ketika itu, pemain asal Belanda itu didatangkan secara gratis dengan dibarter Josemi yang pindah ke arah sebaliknya.

Kedatangan Kromkamp pun sempat menimbulkan keheranan, mengingat di Villarreal ia kesulitan bersaing dan hanya tampil 11 kali di paruh pertama musim itu.

Baca Juga

Terbukti, bersama Liverpool, Kromkamp yang berposisi bek kanan kesulitan menggusur Steve Finnan sehingga lebih kerap menjadi pemain pengganti di sisa musim tersebut.

Kariernya di Alfrield pada akhirnya hanya berlangsung singkat. Baru memainkan satu laga di musim 2006/2007, ia dipulangkan ke Belanda dengan dijual ke PSV.

 

2. Juara Liga Champions Bareng Liverpool dan Buangan Klopp

Jesse Lingard vs Alberto Moreno, pemain Liverpool.

Josemi

Tampil apik bersama Malaga, Josemi menjadi pemain pertama yang diboyong Rafael Benitez saat melatih Liverpool, pada musim panas 2004.

Sempat menjadi pilihan utama di awal musim, Josemi kemudian tergusur oleh Steve Finnan. Meski demikian, ia tetap menjadi bagian skuat Liverpool yang menjuarai Liga Champions di musim tersebut.

Baca Juga

Di pertengahan musim keduanya, Josemi meninggalkan Liverpool untuk dibarter secara gratis dengan Jan Kromkamp dari Villarreal.

Meski demikian, nasib sang bek kanan bersama The Yellow Submarines tak lebih baik. Di sisa musim itu ia hanya tampil 10 kali dan di musim berikutnya pun ia tak jadi pilihan utama.

Pada akhirnya, Josemi hanya bertahan 1,5 tahun bersama Villarreal dan dijual ke Malaga, di  mana ia kembali menemukan performa terbaik.

Baca Juga

Alberto Moreno

Sukses mencuri perhatian bersama Sevilla, Alberto Moreno didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2014.

Sang bek kiri pun langsung jadi pilihan utama dengan catatan 91 penampilan dalam 2 musim pertamanya berseragam merah.

Namun, memasuki musim ketiga penampilannya menurun drastis sehingga Jurgen Klopp menggusurnya ke bangku cadangan dan lebih memilih memainkan James Milner di bek kiri.

Baca Juga

Sempat dikaitkan dengan sejumlah klub termasuk AC Milan, Moreno akhirnya dijual ke Villarreal pada Juli 2019 setelah 5 musim di Anfield.

Sempat terganggu cedera lutut parah yang memaksanya absen 6 bulan, Alberto Moreno bangkit menjadi andalan dan berhasil membawa The Yellow Submarines menjuarai Liga Europa musim lalu.

LiverpoolLiga ChampionsPepe ReinaAlberto MorenoVillarrealTRIVIABerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini