x

Satu dari Asia! 3 Pemain yang Bakatnya Disia-siakan Arsenal

Selasa, 3 Mei 2022 22:30 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Meski dikenal memiliki akademi yang bagus, klub Liga Inggris Arsenal ternyata sempat membuang banyak talenta berbakat.

INDOSPORT.COM - Meski dikenal memiliki akademi yang bagus, klub Liga Inggris Arsenal ternyata sempat membuang banyak talenta berbakat.

Klub sepak bola Arsenal, memang dikenal sebagai salah satu klub yang kerap kali melahirkan bakat-bakat terpendam dari seluruh pemain di dunia.

Baca Juga

Menariknya, tak cuma hebat dalam melahirkan pemain berbakat, The Gunner sering pula mencetak pemain gagal. Siapa sajakah mereka?

Sejak ditukangi oleh Arsene Wenger, Arsenal secara perlahan-lahan mulai menunjukan keseriusannya dalam mengejar trofi Liga Inggris.

Salah satu contoh akan hal itu, ialah dengan berhasilnya The Gunners mengorbitkan pemain-pemain muda berpotensial.

Baca Juga

Mulai dari Cesc Fabregas, Jack Wilshere, Robin van Persie, hingga Aaron Ramsey. Nama-nama yang disebutkan ini hanyalah segelitir dari banyaknya pemain yang pernah diorbitkan oleh Arsenal sejak The Professor datang.

Dari contoh pemain-pemain tersebut, bisa kita simpulkan bahwa akademi Arsenal memang tidak bisa dianggap remeh. Contohnya, talenta Fabregas berhasil mencuri perhatian ketika diberikan kepercayaan untuk melakoni debutnya. 

Akan tetapi, catatan tersebut tak sepenuhnya manis. Terdapat beberapa kejadian-kejadian yang mencoreng catatan bagus tersebut.

Baca Juga

Ya, walaupun terkenal sebagai klub yang senang melahirkan pemain hebat, The Gunners turut dikenal sebagai klub pencetak pemain gagal terbanyak di dataran Eropa.

Portal berita olahraga INDOSPORT pun coba merangkumnya lebih jelas, siapa saja pemain-pemain yang pernah gagal di Arsenal.

Siapa saja kah mereka? Berikut 3 pemain yang pernah gagal dan disia-siakan oleh Arsenal.


1. Carlos Vela

Carlos Vela saat membela Arsenal.

Kedatangan Carlos Vela ke Arsenal sempat mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak? Kala itu, para penikmat sepak bola Eropa tak ada yang mengenal sosok pemain asal Meksiko ini ketika diboyong oleh Wenger pada tahun 2006.

Banyak yang beranggapan bahwa Wenger sedikit melakukan pertaruhan dalam transfer ini, terlebih Vela saat itu masih berusia 16 tahun. Kecemasan yang dirasakan oleh para pendukung Arsenal pun terbukti adanya.  

Baca Juga

Sejak didatangkan Vela justru lebih sering menjadi pemain pinjaman dari Arsenal. Mulai dari Celta Vigo, UD Salamanca, CA Osasuna, West Brom, Real Sociedad. Untuk klub terakhir yang disebutkan, Vela wajib berterima kasih karena telah ditebus pada tahun 2012 silam.

Dengan kariernya yang kerap dipinjamkan, Vela ternyata sempat mencicipi seragam Arsenal sebanyak 64 kali dengan catatan 11 gol dan 10 assists, catatan yang kurang mewah bila mengetahui bahwa dirinya adalah pemain sayap.

Baca Juga

Saat ini Vela tengah merintis karier di Major League Soccer (MLS) bersama Los Angeles FC. Di negeri Paman Sam, ia sudah tampil sebanyak 110 kali dan mencetak 71 gol, yang tentu lebih banyak dibadingkan dengan catatan miliknya di Arsenal.


2. Jermaine Pennant

Ryo Miyaichi saat berseragam Arsenal.

Bagi pencinta sepak bola Inggris, nama jermaine Pennant rasanya tidak asing di telinga. Hal ini dapat dimaklumi, mengingat pemain asli Inggris ini memang kerap bergonta-ganti klub sepanjang kariernya.

Sejumlah klub Negeri Ratu Elizabeth sudah pernah ia perkuat, mulai dari Arsenal, Watford, Leeds United, Liverpool, Real Zaragoza hingga Billericay pernah dibela olehnya.

Akan tetapi, khusus klub yang pertama disebutkan dalam daftar tersebut, diketahui Pennant merupakan didikan asli dari klub itu. Ya, sejak kariernya dimulai pada tahun 1999 lalu, Pennant memang telah menimba ilmu di akademi milik Arsenal.

Bisa dikatakan dirinya adalah pemain tersukses di akademi. Hal tersebut dibuktikan dengan cepatnya promosi yang didapatkan dari tim akademi hingga ke tim inti. Tercatat Pennant hanya membutuhkan dua waktu saja untuk merealisasikan hal tersebut.

Sayang, ketika sudah berada di tim utama, Pennant justru gagal menunjukan tajinya sebagai pemain berpotensial.

Dirinya pun lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub-klub sepak bola Inggris, sebelum akhirnya dilepas pada tahun 2005 silam ke Birmingham City.

Pennant sendiri telah mencatatkan debutnya sebagai pesepakbola bersama Arsenal. Tercatat dirinya telah bermain sebanyak 26 kali dan mencetak 3 gol, serta 2 assists.

Ryo Miyaichi

Sempat mendapatkan prospek cerah di Arsenal, karier Ryo Miyaichi justru harus terbenam sejak pertama kali datang ke Emirates Stadium pada tahun 2011 lalu.

Walau sempat melakoni debutnya pada musim 2013/14 melawa Stoke City. Karier Miyaichi di Arsenal seolah-olah padam. Sama seperti dua pemain sebelumnya, pemain asal Jepang ini lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub seantero Eropa, dibandingkan bermain bersama Arsenal.

Hubungan Miyaichi dan Arsenal pun terhitung singkat hanya berlangsung selama empat tahun saja. Pada tahun 2015, ia dilepas oleh The Gunner secara cuma-cuma ke klub kasta kedua Liga Jerman, FC St. Pauli.

Baca Juga
ArsenalCarlos VelaLiga InggrisRyo MiyaichiBerita Liga Inggris

Berita Terkini