x

6 Faktor yang Bisa Buat Liverpool Menggusur Man City dan Menjuarai Liga Inggris Musim Ini

Rabu, 11 Mei 2022 10:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut enam faktor yang bisa membuat Liverpool menggusur Manchester City di puncak serta menjuarai Liga Inggris musim ini.

INDOSPORT.COM – Berikut enam faktor yang bisa membuat Liverpool menggusur Manchester City di puncak serta menjuarai Liga Inggris musim ini.

Liverpool kembali ke jalur juara setelah menyamakan torehan poinnya dengan Manchester City berkat kemenangan di pekan ke-36 kontra Aston Villa, Rabu (11/05/22).

Baca Juga

Dalam kunjungannya ke Villa Park tersebut, Liverpool berhasil mengantongi tiga poin pasca meraih kemenangan 2-1 atas tuan rumah Aston Villa.

Dalam duel tersebut, Liverpool sempat tertinggal terlebih dahulu lewat Douglas Luiz di menit ke-3, yang kemudian dibalas oleh The Reds lewat Joel Matip di menit ke-6.

Gol penentu kemenangan Liverpool sendiri baru tiba di babak kedua, tepatnya di menit ke-65 lewat gol dari Sadio Mane.

Baca Juga

Kemenangan ini menjadi kemenangan berharga bagi Liverpool. Sebab, raihan tiga poin membuat The Reds menyamai koleksi poin Man City, yang masih punya tabungan satu laga.

Hanya saja, Liverpool masih kalah selisih gol dari Man City. Dengan kata lain, The Reds perlu berharap agar rivalnya itu tergelincir, baik secara poin maupun selisih gol.

Dengan dua dan tiga pertandingan tersisa saja, kans Liverpool bisa dikatakan tertutup. Namun nyatanya ada enam faktor yang bisa membuat The Reds malah keluar sebagai juara Liga Inggris di akhir musim.

Baca Juga

Sederet faktor itu ternyata turut berkaitan dengan kondisi Man City. Apa sajakah faktor tersebut? Berikut ulasannya.


1. Faktor yang Bisa Bikin Liverpool Keluar sebagai Juara Liga Inggris

Raul Jimenez pemain Wolves berusaha membobol gawang Ederson.

1. Keroposnya Lini Belakang Man City

Meski Man City punya keunggulan jumlah laga, Liverpool nyatanya masih bisa berharap lebih rivalnya tergelincir. Pasalnya, barisan belakang The Citizens tengah keropos.

Saat ini, Man City harus kehilangan beberapa pilar utama di pertahanan. Sebut saja Ruben Dias, John Stones, dan Kyle Walker.

Meski punya pemain yang memiliki kaliber mengisi pos belakang, tetap saja keroposnya lini pertahanan The Citizens bisa menjadi faktor yang membuat Liverpool jadi juara di sisa musim ini.

Baca Juga

2. Stadion Molineaux

Di pertandingan ke-36 nya, Man City akan bertandang ke Stadion Molineaux yang merupakan markas dari Wolverhampton Wanderers.

Sebagai informasi, Molineaux merupakan tempat yang jadi mimpi buruk Man City. Sejak 2018 lalu, The Citizens selalu sulit meraih poin di markas Wolves Ini.

Apalagi Wolves punya gaya bermain bertahan total, sama seperti Tottenham Hotspur dan Crystal Palace yang membuat Man City kerap kelabakan.

Selain Molineaux, faktor pemain Wolves yakni Conor Coady yang merupakan fans Liverpool, bisa membuat Man City tergelincir dan memberikan keuntungan bagi The Reds.

Baca Juga

3. Steven Gerrard

Steven Gerrard dan Aston Villa boleh jadi kalah kala melawan Liverpool. Tapi di laga melawan Man City nanti, ia dan anak asuhnya tak ingin mendapatkan hasil yang sama.

Gerrard, sama seperti legenda klub lainnya, tentu menginginkan mantan timnya menjadi juara ketimbang rival. Karenanya, ia dan Aston Villa akan mati-matian melawan Man City.

Dengan kata lain, selain Wolves, Liverpool juga bisa berharap tuah Gerrard dan Aston Villa agar bisa membukakan jalan bagi The Reds ke gerbang juara.


2. Faktor yang Bikin Liverpool Keluar sebagai Juara Liga Inggris

Selebrasi Liverpool di Semifinal Liga Champions vs Villarreal (REUTERS/Pablo Morano)

4. West Ham

West Ham akan menjadi calon penghambat Man City dan bisa menjadi tim yang akan mempermulus langkah Liverpool sebagai juara.

West Ham memang angin-anginan. Tapi anak asuh David Moyes ini kerap memberi kejutan ke tim The Big Six. Hal inilah yang membuat Liverpool wajib percaya bahwa The Hammers bisa membantu mereka.

Apalagi, West Ham butuh kemenangan di laga tersisa untuk menyalip Man United dan tampil kembali di kompetisi Eropa seperti musim ini.

Baca Juga

5. Guardiola yang Gemar Overthinking

Pep Guardiola merupakan sosok yang sangat pemikir. Ia kerap Overthinking atas permainan timnya, sehingga terkadang membuat kesalahan.

Liverpool bisa saja berharap Guardiola kembali Overthinking dalam meramu taktik dan juga menentukan komposisi pemainnya.

Apalagi Guardiola kerap salah melakukan rotasi. Dengan banyaknya cedera di lini belakang, bisa saja salah rotasi ini akan membuat Man City tergelincir dan memberikan keuntungan ke Liverpool.

Baca Juga

6. Lini Depan Liverpool yang Garang

Faktor terakhir ada di tangan Liverpool sendiri. Mau tak mau The Reds harus menyapu bersih dua pertandingan tersisa demi menjaga asa juara.

Demi meraih kemenangan, Liverpool akan bertumpu pada lini serangnya. Kebetulan, lini depan The Reds memang tengah garang.

Seluruh pemain depan Liverpool selalu bisa menghadirkan gol demi gol, termasuk pembelian terbaru mereka, Luis Diaz yang langsung nyetel sejak bergabung pada Januari lalu.

LiverpoolManchester CitySteven GerrardPep GuardiolaWest Ham UnitedLiga InggrisWolverhampton Wanderers (Wolves)Sepak Bola

Berita Terkini