x

3 Catatan Penting Erik ten Hag Bawa Ajax Juara sebelum ke Manchester United

Kamis, 12 Mei 2022 15:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Erik ten Hag bawa Ajax juara liga sebelum ke Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag mengukir kenangan indah bersama Ajax Amsterdam sebelum resmi membesut klub Liga Inggris, Manchester United.

Untuk diingat kembali, pelatih asal Belanda tersebut sudah diperkenalkan Manchester United sebagai juru taktik mereka musim depan.

Baca Juga

Manchester United merekrut Erik ten Hag dengan durasi kontrak tiga tahun, terhitung hingga Juni 2025. Selain itu, klub juga memberikan opsi perpanjangan satu tahun.

Menurut pengakuan salah satu petinggi klub, Erik ten Hag sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling sukses di Eropa selama empat tahun terakhir.

Hal tersebut tentu bukan bualan belaka dan bisa dibuktikan dengan fakta dan data di lapangan, yakni membawa De Godenzonen juara Eredivisie Belanda untuk musim 2018-2019 dan 2020-2021.

Baca Juga

Itu saja sudah dikurangi potensi kemenangan mereka pada musim 2019-2020, ketika liga Eredivisie Belanda dihentikan karena pandemi Covid-19.

Ajax yang memimpin klasemen sementara pun harus menggugurkan mimpi mereka meraih titel kala itu. Padahal jika menang, Erik ten Hag akan menyumbang gelar selama tiga kali beruntun.

Prestasi-prestasi sang pelatih sudah terpampang jelas dai CV-nya, dan kali ini ia menambah panjang daftar tersebut dengan satu gelar lagi dalam genggaman.

Baca Juga

Ajax yang sempat bersaing dengan PSV Eindhoven di dua peringkat teratas Eredivisie Belanda sukses menyudahi perjuangan mereka lewat gelar juara 2021-2022.

Gelar tersebut dipastikan Ajax setelah membabat habis-habisan Heerenven 5-0 di pertandingan yang selesai Kamis (12/05/22) pagi WIB.


1. Akhir Manis Erik ten Hag di Ajax

Erik ten Hag bawa Ajax juara liga sebelum ke Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

Kunci Gelar dengan Sisa Satu Pertandingan

Dalam pertandingan tersebut, lima gol tanpa ampun dilesatkan Ajax lewat lima pemain yang berbeda pula.

Mereka adalah Nicolas Tagliafico, Steven Berghuis, Sebastien Haller, Brian Brobbey, dan Edson Alvarez.

Baca Juga

Dengan kemenangan besar-besaran ini, Ajax memaku diri sebagai pemuncak klasemen sementara Eredivisie Belanda dengan 82 poin dari 33 pertandingan.

Kedudukan ini sudah tidak bisa disamai apalagi disalip oleh sang runner-up, PSV Eindhoven (78 poin) karena kompetisi musim 2021-2022 hanya tinggal menyisakan satu pertandingan lagi.

Meski sudah dipastikan merengkuh gelar juara, Ajax masih memiliki satu jadwal terakhir yakni kontra Vitesse pada 15 Mei mendatang.

Baca Juga

Tentu saja ini adalah akhir yang manis bagi Erik ten Hag sebelum angkat kaki dari Ajax menuju klub anyarnya, Manchester United.

Apalagi, kemenangan besar dengan skor 5-0 akan selalu dikenang oleh siapa saja penggemar Ajax di seluruh dunia.

Gelar Keenam

Erik ten Hag tercatat menangani Ajax sejak tahun 2017. Akan tetapi, dalam waktu yang relatif singkat ia telah  membawa banyak hal positif bagi raksasa Liga Belanda ini.

Baca Juga

Mantan bek FC Utrecht ini bahkan membantu Ajax meraih semifinal Liga Champions dengan pasukan pemainnya yang masih berusia muda.

Hanya saja saat itu mereka sedikit kurang beruntung lantaran Tottenham Hotspur tampil menggebrak saat leg kedua dengan skor 3-2 dan melaju ke final.

 

2. Manchester United Sampai Ucapkan Selamat

Erik ten Hag bawa Ajax juara liga sebelum ke Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

Meski gagal menginjakkan kaki di final Liga Champions 2018-2019 yang otomatis menggugurkan kans juara Ajax kala itu, Erik ten Hag sudah cukup luar biasa membina tim ini menjadi kompetitif lagi di Eropa.

Keberhasilan meraih trofi juara Eredivisie Belanda musim ini membuat pelatih berusia 52 tahun itu memenangkan gelar keenamnya bersama Ajax.

Baca Juga

Ajax asuhan Erik ten Hag kini tiga kali juara liga, dua kali Piala KNVB alias Liga Belanda, ditambah satu kemenangan di Johan Cruyff Shield.

Performa Ajax sebagai kampiun Eredivisie Belanda 2021-2022 ini terbilang impresif dengan raihan 26 kemenangan dari 33 pertandingan.

Selebihnya, De Godenzonen mencatatkan 4 hasil imbang dan 3 kekalahan. Pertahanan mereka pun jadi yang terbaik musim ini lantaran hanya kebobolan sebanyak 17 kali.

Baca Juga

Di sisi lain, para pemain asuhan Erik ten Hag pun tampil luar biasa produktif dengan raihan 96 gol ke gawang lawan.

Sebastien Haller sendiri berhasil menduduki peringkat teratas di daftar top skor liga dengan raihan 21 gol dari 30 penampilan.

Manchester United Ucapkan Selamat

Tidak lama setelah Ajax berhasil mengunci gelar juara mereka, Manchester United dalam pernyataan resminya turut buka suara.

Baca Juga

“Manajer masa depan kita Erik ten Hag memenangkan gelar Eredivisie ketiganya bersama Ajax setelah mengalahkan Heerenveen di Johan Cruyff ArenA,” demikian bunyi keterangan Manchester United di situs resminya.

Di akhir pesannya, The Red Devils mengaku tidak sabar ingin segera menyambut Erik ten Hag dan mengucapkan selamat atas keberhasilannya bersama Ajax. 

Manchester UnitedAjax AmsterdamEredivisie BelandaLiga BelandaTRIVIAErik ten HagOne Football

Berita Terkini