x

Final Piala FA: Rekor Buruk Chelsea dan Misi Liverpool Ulangi Sejarah 21 Tahun Silam

Sabtu, 14 Mei 2022 11:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jelang final Piala FA 2021/22, Chelsea dan Liverpool berada dalam kondisi berbeda. The Blues tengah dihantui rekor buruk, sedangan The Reds mengusung ambisi 21 tahun silam.

INDOSPORT.COM – Jelang final Piala FA 2021/22, Chelsea dan Liverpool berada dalam kondisi berbeda. The Blues tengah dihantui rekor buruk, sedangkan The Reds mengusung ambisi mengulangi prestasi 21 tahun silam.

Bertanding di stadion Wembley, duel sengit demi memperebutkan trofi dari kejuaraan sepak bola tertua dunia, Piala FA, bakal mempertemukan Chelsea kontra peraih 6 gelar juara, Liverpool, Sabtu (14/05/22).

Baca Juga

Jelang pertemuan kedua tim, Chelsea sebagai klub yang mampu tampil di dua pertandingan final terakhir Piala FA, terlihat kurang begitu diunggulkan ketimbang Liverpool.

Meski pada partai final Piala FA tahun 2011/12 silam Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1, namun sepanjang tahun 2022 ini performa dan kondisi internal The Blues sedang dalam situasi yang kurang baik.

Usai ditinggal Roman Abramovich sebagai pemilik klub, penampilan Chelsea sejauh ini masih belum menemukan konsistensi yang baik.

Baca Juga

Terbukti dari lima pertandingan terakhir Chelsea di semua ajang, skuat arahan Thomas Tuchel tersebut baru rasakan dua kemenangan dan dua kali seri.

Berbanding terbalik dengan Liverpool, yang terlihat sangat superior usai catatkan empat kemenangan dan hanya sekali seri dari lima partai terakhir.

Selain catatan di laga terakhir yang berbeda jauh, pertemuan kali ini juga akan terasa timpang jika melihat kondisi psikis antara kedua tim.

Baca Juga

Skuat Chelsea saat ini dihantui rekor buruk di final Piala FA dan Stadion Wembley, sedangkan Liverpool berambisi mengulangi pencapaian 21 tahun silam.


1. Wembley dan Piala Domestik yang Tak Bersahabat untuk Chelsea

Christian Pulisic (Chelsea) saat mencetak gol pertama untuk timnya dalam laga final Piala FA Arsenal vs Chelsea.

Bisa dikatakan, Chelsea dalam kondisi tertekan jelang final Piala FA 2021/22 kontra Liverpool. Hal ini tak lepas dari rekor buruk merek di Piala FA dan juga di Stadion Wembley.

Sejak musim 2018/19, Chelsea tak pernah menang di Stadion Wembley dan selalu kalah dalam final kancah domestik yang diikuti.

Rekor buruk ini bermula dari Community Shield 2018/19, yang kemudian berlanjut ke Piala Liga Inggris atau Carabao Cup pada musim yang sama.

Baca Juga

Dalam dua final itu, Chelsea bertekuk lutut dari Manchester City dengan skor 0-2 di Community Shield dan lewat drama adu penalti di Piala Liga Inggris.

Catatan buruk di Wembley ini berlanjut pada final Piala FA 2019/20. Di bawah arahan Frank Lampard, Chelsea gagal meraih gelar di musim itu usai tumbang 1-2 dari Arsenal.

Kembali berlanjut ke Piala FA 2020/21, Chelsea yang lolos ke final dan bermain di Wembley, lagi-lagi kalah. Kali ini oleh Leicester City dengan skor 0-1.

Terakhir, kesialan Chelsea di Stadion Wembley berlanjut saat menjalani final Piala Liga Inggris 2021/22 kontra Liverpool, di mana The Blues kalah adu penalti dari lawannya di final Piala FA 2021/22 ini.

Baca Juga

Dengan catatan tak mentereng itu, Chelsea tak punya modal cukup bagus saat menatap final Piala FA 2021/22 kontra Liverpool.

Apalagi, di sepanjang musim ini Chelsea tak pernah menang dari Liverpool, dengan catatan dua kali imbang di pentas liga dan satu kali kalah lewat adu penalti di Piala Liga Inggris.

Terlebih, Liverpool punya misi besar di final Piala FA 2021/22 kontra Chelsea ini, untuk mengulangi pencapaian The Treble yang direngkuhnya pada 21 tahun silam.


2. 'The Treble' Liverpool

Kegembiraan Liverpool melakukan selebrasi juara Piala Super setelah menaklukan Chelsea adu penalti Kamis, (15/08/19) Istanbul, Turkey. Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

Pada musim 2000/21 atau 21 tahun silam, Liverpool pernah menorehkan sejarah dengan meraih Treble Winner kancah domestik dan Eropa.

Di musim tersebut, Liverpool arahan Gerard Houlier mampu menjuarai tiga ajang bergengsi, yakni Piala Liga Inggris (League Cup), Piala FA, dan juga Piala UEFA.

Jikan dibandingkan dengan musim ini, Liverpool berpotensi mengulangi pencapaian yang sama dengan 21 tahun silam, alih-alih meraih Quadruple.

Baca Juga

Pasalnya, saat ini Liverpool tertinggal dari Manchester City di kancah liga dalam perebutan juara, posisi yang sama seperti pada musim 2000/21 saat The Reds tak bisa bersaing di liga dan hanya finis di posisi ketiga.

Kemungkinan Liverpool mengulangi raihan ‘The Treble’ seperti 21 tahun silam terbuka lebar. Saat ini, The Reds telah menggenggam gelar Piala Liga Inggris 2021/22.

Selain itu, Liverpool berpeluang menambah gelar Piala FA 2021/22 kala berjumpa Chelsea, dan juga berpeluang meraih gelar Liga Champions 2021/22 kala berjumpa Real Madrid.

Baca Juga

Spirit ‘The Treble’ 21 tahun silam itulah yang menjadi motivasi Liverpool saat menghadapi Chelsea di final Piala FA 2021/22 nanti.

Pertanyaannya, siapakah yang akan meraih gelar Piala FA? Chelsea yang ingin menghancurkan rekor buruk di Wembley, atau Liverpool yang ingin mengulangi pencapaian ‘The Treble’?

LiverpoolChelseaPiala FAStadion WembleyIn Depth SportsSepak Bola

Berita Terkini