x

Liverpool Bisa Temukan Titisan Xabi Alonso dalam Diri Gelandang 'Bunglon' Liga Prancis

Sabtu, 14 Mei 2022 23:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mencari penerus Xabi Alonso di Liverpool. Foto: JAVIER SORIANO / Staff / Getty Images.

INDOSPORT.COM - Gelandang AS Monaco, Aurelien Tchouameni, bisa jadi penerus Xabi Alonso yang dulu perannya sangat vital di lapangan tengah Liverpool.

Ya, Liverpool dulu pernah punya maestro lapangan tengah yang andal dalam diri Xabi Alonso. Bahkan, ia pun dilabeli sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Liga Inggris pada masanya.

Baca Juga

Keberadaan Xabi di sektor tersebut bisa membuat para rekannya merasa jauh lebih aman dan leluasa dalam menyerang.

Ia adalah sosok gelandang yang memegang peran penting lewat keahlian-keahliannya memutus aliran bola dan mengirim umpan-umpan mematikan.

Di sisi lain, ia juga bisa menciptakan gol-gol hebat serta berkelas atas namanya sendiri. Kehadiran Xabi bersama partnernya, Steven Gerrard, dulu memang membuat lini tengah Liverpool tangguh dan disegani lawan.

Baca Juga

Namun sayang, kisah Xabi bersama Liverpool ternyata harus berakhir dengan isu tidak sedap bahwa ia sudah tidak sevisi lagi dengan manajer The Reds saat itu, Rafael Benitez.

Kepergian Xabi pada 2009 tersebut pun meninggalkan luka cukup dalam di hati para penggemar setia Liverpool.

Sudah telanjur sayang, mungkin istilah yang tepat untuk mendeskripsikan atmosfer kepergian Xabi dari Liverpool menuju Real Madrid.

Baca Juga

Bahkan, Steven Gerrard merasa sangat kehilangan dan menyebut hilangnya Xabi di lini tengah The Reds adalah salah satu biang keladi terpuruknya performa tim saat awal musim berikutnya.

Setelah bermain di Spanyol dan Jerman, Xabi diketahui mengambil peran sebagai pelatih di Real Madrid U-14 kemudian Real Sociedad B.


1. Titisan Xabi Alonso yang Bisa Dilirik Liverpool

Mencari penerus Xabi Alonso di Liverpool. Foto: JAVIER SORIANO / Staff / Getty Images.

Kini sudah lewat bertahun-tahun, sosok Xabi Alonso terkadang masih dirindukan di Liverpool. Namun untungnya, hubungannya dengan klub dan mantan rekan-rekannya masih berjalan baik.

Ia memang sosok yang dirindukan, namun bukan berarti tidak tergantikan. Apalagi, zaman sudah bergerak maju dan Liverpool saat ini sudah punya tim hebat yang diracik oleh Jurgen Klopp.

Baca Juga

Meski begitu, para penggemar mungkin tidak akan keberatan apabila wujud Xabi Alonso ternyata bisa ‘muncul’ lagi belasan tahun setelah ia hengkang.

Titisan itu adalah Aurelien Tchouameni yang saat ini bermain untuk klub Liga Prancis, AS Monaco, dan berposisi sebagai gelandang.

Pemain yang satu ini pun terpantau sebagai target idaman sederet klub papan atas Eropa untuk didatangkan di bursa transfer.

Baca Juga

Liverpool sendiri ternyata tidak luput dari pemberitaan yang beredar di luar sana, bahwa ada peluang mereka memboyong Aurelien Tchouameni musim panas ini.

Apalagi, kebutuhan gelandang mereka sekarang sedang disorot usai James Milner, Jordan Henderson, dan Thiago Alcantara mulai menginjak usia kepala 3.

Tentu bukan ide buruk bagi Jurgen Klopp untuk memasukkan gelandang baru berusia muda sebagai aset tim di masa depan.

Baca Juga

Mereka saat ini sudah punya Harvey Elliott dan Curtis Jones, namun bukan tidak mungkin ada pemain muda lainnya seperti Aurelien Tchouameni yang bisa diandalkan Jurgen Klopp sebagai kekuatan lini tengahnya.

Aurelien Tchouameni tampil sangat efektif di lapangan tengah dengan keahlian pressing sekaligus defensifnya, sama seperti Xabi Alonso.


2. Sosok Gelandang 'Bunglon' alias Serbabisa

Pemain AS Monaco, Aurelien Tchouameni (tengah), yang dikaitkan dengan Liverpool di bursa transfer. Foto: REUTERS/Stephane Mahe.

Terlepas dari itu, kemampuan Aurelien Tchouameni sebagai gelandang serbabisa tentu akan sangat menguntungkan Liverpool.

Jangankan Xabi Alonso, pemain berusia 22 tahun ini bahkan juga disebut-sebut sebagai titisan Steven Gerrard.

Baca Juga

Bukan hanya itu. Sebagai gelandang yang tidak hanya kuat secara defensif, tetapi juga bisa ikut dalam skema serangan, Aurelien Tchouameni pun cocok menjadi penerus siapa saja di lini tengah The Reds saat ini.

Seperti pernah diwartakan oleh Liverpool Echo, ia menjadi satu dari sekian pemain di Liga Prancis yang dominan mengirim umpan progresif di sepertiga lapangan akhir.

Dengan berada di Liverpool, Aurelien Tchouameni bisa mendapat lebih banyak ilmu dan pengalaman bermain bersama klub top Eropa.

Baca Juga

Aurelien Tchouameni, lahir di Rouen, Prancis, bergabung dengan daftar pemain muda klub Bordeaux sebelum mendarat di AS Monaco pada musim panas 2020.

Meski memiliki garis keturunan Kamerun, ia bergabung dengan Timnas Prancis dan akan bermain untuk tim ini di Piala Dunia Qatar 2022 mendatang.

Penampilannya yang menyita perhatian di Liga Prancis-lah yang pada akhirnya mengetuk hati Didier Deschamps untuk akhirnya menghadiahinya caps pertama untuk Les Blues pada 2021.

Baca Juga

Liverpool sendiri belakangan memang dikaitkan dengan Aurelien Tchouameni jelang dibukanya bursa transfer musim panas.

Meski begitu, sinyal kedatangan pemain ini masih belum terlihat. Di sisi lain, mereka juga harus bersaing dengan peminat lain seperti Chelsea, yang baru saja kedatangan pemilik anyar, Todd Boehly.

LiverpoolAS MonacoXabi AlonsoBola InternasionalAurelien Tchouameni

Berita Terkini