x

Jika Mampu Jalankan 4 Syarat Ini, AC Milan Bakal Pesta Juara Liga Italia Akhir Pekan

Minggu, 15 Mei 2022 08:39 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain AC Milan Alessandro Florenzi merayakan gol ketiga mereka bersama rekan setim ke gawang Hellas Verona. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo

INDOSPORT.COM - AC Milan berpotensi besar untuk mengunci gelar juara Liga Italia akhir pekan ini andai mampu menjalankan empat catatan ini.

Kekalahan Inter Milan atas Bologna di laga tunda pekan ke-20 pada Kamis (07/04/22) lalu, membuat AC Milan berada di atas angin dalam perburuan gelar juara Liga Italia musim ini.

Baca Juga

Padahal itu merupakan pertandingan tabungan bagi Inter Milan untuk bisa menyalip perolehan poin AC Milan di tabel klasemen sementara Liga Italia.

Jika mampu meraih kemenangan, Inter Milan akan menggeser AC Milan di posisi puncak dengan keunggulan satu poin. Saat ini, AC Milan memimpin dengan 74 poin.

Sedang Inter Milan di urutan kedua dengan 72 poin. Jika menang, perolehan poin Inter Milan tak bisa dikejar dengan keunggulan satu angkat dalam empat laga sisa andai kedua tim mampu menyapu bersih kemenangan.

Baca Juga

Inter Milan besutan Simone Inzaghi pulang dari Renato Dall'Ara dengan membawa kekalahan 1-2.

I Nerazzurri sejatinya bisa unggul cepat via gol Ivan Perisic ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. 

Striker timnas Austria yang pernah berseragam Inter, Marko Arnautovic, membawa Bologna menyamakan skor pada menit ke-28 lewat sundulannya.

Baca Juga

Kemudian Bologna meraih tiga poin berkat gol Nicola Sansone di menit-menit akhir babak kedua. Skor 2-1 berubah hingga akhir laga. Hasil itu membuat AC Milan diunggulkan.

Mereka harus bisa mengendalikan performa tim untuk konsisten meraih kemenangan di laga sisa, seandainya tidak rela scudetto jatuh ke tangan rival sekotanya, Inter Milan musim ini.

Sejak saat itu AC Milan juga tampil baik, dengan meraih sejumlah kemenangan sehingga Inter Milan selalu berada di belakang, yang berharap Rossoneri tergelincir.

Saat ini AC Milan masih memimpin dengan koleksi 80 poin, unggul dua angka dari Inter Milan di urutan ke-2 dengan 78 poin dari 36 pertandingan.

Dalam tiga laga terakhir AC Milan di Liga Italia, mereka libas semua pertandingan dengan kemenangan.

Rinciannya menang besar 3-1 atas Hellas Verona, menang dramatis atas Fiorentina 1-0, dan menang 2-1 atas Lazio.

Kini dua pertandingan sisa jadi penentu. Jika anak asuh Stefano Pioli mampu meraih satu kemenangan lagi atas Atalanta di pekan ke-37, Minggu (15/05/22) hari ini.

AC Milan dipastikan meraih scudetto, dengan syarat empat catatan ini juga ikut dijalankan. Apa saja itu?


1. Manang dan Dibantu Cagliari

Joao Pedro, bintang Cagliari.

AC Milan yang saat ini bertengger di puncak klasemen sementara Liga Italia dengan keunggulan dua angka dari Inter Milan, Rossoneri bisa saja pesta juara akhir pekan ini jika dihitung secara matematis.

Pada pekan ke-37 akhir pekan ini, AC Milan akan menjamu Atalanta. Sebuah tim yang cukup menyulitkan untuk bisa dikalahkan. Sedangkan Inter Milan akan bertandang ke markas Cagliari.

Baca Juga

Jika menang, AC Milan akan keluar sebagai juara Liga Italia. Akan tetapi itu saja kurang cukup, karena mereka masih berharap di pertandingan lain, dimana Cagliari harus mengalahkan Inter Milan.

Andai skenario itu terjadi, maka AC Milan bakal mempunyai 83 poin. Inter Milan jika menangm akan mempunyai 79 poin. Satu laga sisa tak cukup bagi Inter Milan untuk menyalip AC Milan.

Cagliari Punya Motivasi

AC Milan sejatinya punya dukungan penuh dari Cagliari secara tidak langsung untuk mengalahkan Inter Milan. Sebab, Cagliari saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi.

Baca Juga

Saat ini Cagliari berada di posisi ke-18 dengan koleksi 29 poin. Mereka hanya terpaut dua angka dari Salernitana di tempat aman posisi ke-17 dengan 31 poin.

Andai mampu meraih kemenangan atas Inter Milan, Cagliari berpotensi besar untuk naik satu peringkat dan keluar dari zona merah, jika Salernitana kalah di pertandingan lain melawan Udinese.

Secara matematis lagi, Cagliari punya peluang besar untuk keluar dari jerat degradasi. Sebab mereka punya satu tabungan pertandingan lebih banyak dari Salernitana.

Baca Juga

Saat ini, Cagliari baru menjalankan 36 pertandingan, sedangkan Salernitana sudah 37 pertandingan. Itu artinya, Salernitana hanya tingga meraih tiga poin, sedangkan Cagliari bisa meraih maksimal enam poin.

Seandainya kedua tim meraih kemenangan di sisa laga, maka poin maksimal Cagliari adalah 35 poin dari 38 pertandingan, sementara Salernitana mengoleksi 34 pertandingan dan dipastikan turun kasta ke Serie B.


2. Jika AC Milan Imbang dan Kalah

Theo Hernandez (kanan) mencoba merebut bola dari penguasaan Milan Skrinia (02/03/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

AC Milan memiliki rekor yang buruk saat berhadapan dengan Atalanta di San Sairo di tujuh pertemuan terakhir. Oleh sebab itu duel ini tidak akan berjalan mudah bagi tuan rumah.

Ada potensi AC Milan gagal mendulang poin penuh dan meraih scudetto musim ini. Lalu bagaimana jika AC Milan kalah dan peluang mereka untuk meraih gelar?

Baca Juga

Seandainya Rossoneri kalah, dan Inter Milan menang maka mereka akan kehilangan puncak klasemen Liga Italia. AC Milan turun ke posisi ke-2 dengan 80 poin, Inter Milan naik dengan 81 poin.

Pada laga terakhir, Milan akan berjumpa Sassuolo dan Inter menjamu Sampdoria. Sementara, jika imbang melawan Atalanta, AC Milan akan mendapat 81 poin.

Inter Milan bisa menyamai poin AC Milan jika menang di kandang Cagliari. Jika poin kedua tim sama, maka Milan akan meraih gelar scudetto.

Baca Juga

Regulasi Jika Poin Sama

Merujuk pada regulasi yang berlaku, ada enam poin yang dipakai untuk menentukan posisi klasemen yakni: poin, head-to-head poin, head-to head selisih gol, selisih gol, jumlah gol dicetak, dan undian.

AC Milan unggul dalam hal head-to-head poin dengan Inter. Sebab, dari dua pertemuan di Serie A musim ini, Milan mampu mengalahkan Inter dengan skor 2-1.

Baca Juga

Satu laga lain berakhir dengan imbang 1-1. Jadi, jika poin Milan dan Inter sama, Rossoneri akan meraih scudetto.

AC MilanInter MilanCagliariLiga ItaliaTRIVIABerita Liga Italia

Berita Terkini