x

Mampukah William Saliba Jadi 'Juru Selamat' di Barisan Pertahanan Arsenal yang Bobrok?

Rabu, 18 Mei 2022 17:44 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
William Saliba akan kembali ke Arsenal di musim panas nanti. Namun, mampukah dirinya menjadi juru selamat pertahanan The Gunners yang bobrok?

INDOSPORT.COM – William Saliba akan kembali ke Arsenal di musim panas nanti. Namun, mampukah dirinya menjadi juru selamat pertahanan The Gunners yang bobrok?

Nama William Saliba menjadi nama yang dielu-elukan pendukung Arsenal jelang berakhirnya musim 2021/22 ini.

Baca Juga

Hal ini lantaran pemain berusia 21 tahun itu akan kembali dari masa peminjamannya di Olympique Marseille sepanjang musim 2021/22 ini.

Dalam masa peminjamannya ini, mantan bek Saint Etienne itu tampil reguler dan menjadi andalan Jorge Sampaoli di Marseille.

Tercatat, sepanjang musim 2021/22 ini Saliba telah memainkan 51 pertandingan sebagai andalan Marseille di pintu pertahanan.

Baca Juga

Berkat Saliba, Marseille pun kini bisa kembali ke papan atas Liga Prancis musim ini dan berebut zona Liga Champions dengan AS Monaco.

Berkat penmpilan apiknya di kancah liga, Liga Prancis pun memberikan penghargaan kepada Saliba sebagai pemain muda terbaik 2021/22.

Saliba menemani Kylian Mbappe yang merebut gelar pemain terbaik Liga Prancis musim ini dalam penghargaan tahunan tersebut.

Baca Juga

Apa yang dicapai Saliba ini membuat pendukung Arsenal berbunga-bunga. Para pendukung The Gunners merasa yakin bahwa dirinya akan menjadi pembeda di lini belakang pada musim mendatang.

Namun, apakah William Saliba mampu menjadi jawaban dari bobroknya lini pertahanan Arsenal pada musim depan?


1. Pertahanan Arsenal yang Bobrok

Ekspresi kekecewaan pemain Arsenal usai Harry Kane mencetak gol kedua untuk Tottenham Hotspur (13/05/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

Di musim ini, Arsenal tak mengalami peningkatan apapun dalam perihal bertahan. Datangnya Ben White dan Aaron Ramsdale di musim panas 2021 lalu seakan tak membawa perubahan berarti.

Dalam 37 pertandingan di Liga Inggris musim ini, Arsenal telah kebobolan 47 gol atau rata-rata 1,2 gol per laganya. Catatan ini jauh lebih buruk dari musim lalu.

Baca Juga

Sebagai perbandingan, di Liga Inggris 2020/21 Arsenal kebobolan hanya 39 gol saja dari 38 laga, atau rata-rata 1,02 gol per laga.

Dari perbandingan tersebut, bisa dikatakan pertahanan Arsenal jauh lebih buruk di musim ini ketimbang di musim lalu. Sehingga adanya bek baru tak membawa banyak perubahan.

Dengan harapan besar yang diberikan pendukung Arsenal ke Saliba, mampukah pemain mudanya itu bisa menjadi jawaban dari buruknya pertahanan di musim ini?

Baca Juga

Untuk menjawabnya, perlu membandingkan catatan antara Saliba dengan bek-bek tengah Arsenal lainnya. Apakah dirinya lebih baik atau malah biasa-biasa saja?

Perbandingan yang dipakai pun merupakan perbandingan di kancah liga dan menggunakan tujuh indikator dalam Defensive Actions dan Build Up permainan.


2. Perbandingan Catatan Saliba dengan Bek Arsenal

Pemain Arsenal, William Saliba.

Berikut perbandingan William Saliba dengan bek-bek tengah Arsenal lainnya dalam 7 indikator dalam dua kategori, yakni bertahan dan Build Up permainan.

Tekel Sukses per 90 Menit (tingkat kesuksesan)

Rob Holding: 1,6 tekel per 90 menit (94,1 persen)
William Saliba: 1,5 tekel per 90 menit (88,2 persen)
Gabriel: 1,5 tekel per 90 menit (83,3 persen)
Ben White: 1,4 tekel per 90 menit (73,6 persen)

Memenangkan Duel Udara per 90 Menit (tingkat kesuksesan)

Rob Holding: 3,1 kali per 90 menit (55,3 persen)
Ben White: 1,9 kali per 90 menit (59,3 persen)
Gabriel: 1,7 kali per 90 menit (60,7 persen)
William Saliba: 1,3 kali per 90 menit (61,9 persen)

Baca Juga

Pelanggaran per 90 Menit

William Saliba: 0,5 pelanggaran per 90 menit
Ben White: 0,6 pelanggaran per 90 menit
Gabriel: 0,7 pelanggaran per 90 menit
Rob Holding: 1,1 pelanggaran per 90 menit

Intersep per 90 Menit

Ben White: 1,3 intersep
William Saliba: 1,3 intersep
Rob Holding: 1,2 intersep
Gabriel: 0,4 intersep

Sapuan per 90 menit

Rob Holding: 4,8 sapuan
Gabriel: 3,3 sapuan
Ben White: 3,2 sapuan
William Saliba: 2,2 sapuan

Baca Juga

Akurasi Operan

William Saliba: 93,1 persen
Gabriel: 89,3 persen
Rob Holding: 86 persen
Ben White: 84,6 persen

Operan Komplet per 90 Menit

William Saliba: 78,7 operan
Gabriel: 53,5 operan
Ben White: 45 operan
Rob Holding: 42,6 operan

Lantas, bagaimana kesimpulannya?


3. Kesimpulan

William Saliba, bek muda Arsenal yang kini dipinjamkan ke Saint-Etienne

Dari perbandingan statistik ini, bisa disimpulkan bahwa William Saliba lebih superior ketimbang bek tengah Arsenal lainnya di musim ini.

Saliba secara mengejutkan mampu tampil konsisten dalam statistik bertahan. Tingkat kesuksesannya dalam duel udara dan tekel bahkan hampir mengungguli semua bek Arsenal saat ini.

Baca Juga

Hebatnya lagi, Saliba mampu menjadi Ball Playing Defender yang di mana status tersebut  dipegang Ben White di Arsenal musim ini.

Terlihat dari statistik yang ada, Saliba jauh lebih baik saat memberikan operan dan membangun serangan dari belakang ketimbang Ben White.

Baca Juga

Dari statistik tersebut, dapat disimpulkan bahwa Saliba akan menjadi tambahan penting dalam pertahan Arsenal. Bukan tidak mungkin dirinya benar-benar akan jadi juru selamat di barisan pertahanan The Gunners.

ArsenalOlympique MarseilleIn Depth SportsSepak BolaWilliam Saliba

Berita Terkini