x

Profil Benjamin Davis, Bintang Thailand U-23 di SEA Games yang Gabung Klub Milik Orang Indonesia

Kamis, 19 Mei 2022 04:15 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bintang Timnas Thailand U-23 di SEA Games yang Main di Klub Milik Orang Indonesia, Benjamin James Davis.

INDOSPORT.COM - Berikut profil bintang Thailand bernama Benjamin Davis di SEA Games 2021. Ia wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-23 karena kini bermain di kompetisi Eropa.

Di ajang SEA Games 2021, pelatih Thailand yakni Alexandre Polking memanggil tiga pemain yang berkarier di Eropa salah satunya Benjamin Davis.

Baca Juga

Ia merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang dan kini memperkuat klub kasta ketiga Liga Inggris bernama Oxford United.

Diketahui, klub yang bermain di League One itu merupakan klub milik orang Indonesia yakni Anindya Bakrie dan Erick Thohir. Mereka berdua telah membeli 51 persen saham Oxford United pada akhir 2021 lalu.

Baca Juga

Sementara itu, sebelum bergabung ke Oxford United, Benjamin Davis merupakan mantan pemain Fulham U-23. Pemain yang lahir di Phuket, Thailand pada 24 November 2000 silam itu sempat digoda Singapura agar mau memperkuat tim nasional.

Bukan tanpa alasan, rupanya Harvey Davis yang merupakan sang ayah sempat memboyongnya ke Singapura saat usianya masih 5 tahun.

Harvey Davis juga mendirikan sekolah sepak bvola privat dan dinamai dengan JSSL (Junior Soccer School & League) yang sukses mengakomodir lebih dari 300 pemuda berlatih sepak bola.

Baca Juga

JSSL bekerja sama dengan Tampines Rovers dan Fulham, rutin mengirim beberapa talenta muda di berbagai kompetisi termasuk Gothia Cup.

Hingga pada 2017 lalu, Benjamin Davis menerima tawaran beasiswa selama dua tahun di akademi Fulham. Karena performanya yang mengagumkan The Cottagers menawari kontrak profesional dan langsung menjadi andalan Fulham U-23 di Premier League 2.


1. Benjamin Davis Pernah Lakoni Debut di Tim Utama Fulham

Benjamin Davis, eks wonderkid Fulham yang akan memperkuat Timnas Thailand.

Salah satu pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan Benjamin Davis yakni pernah diberikan kesempatan melakoni debut di skuat utama Fulham.

Pemain berusia 21 tahun itu menjalani debuts saat Fulham bersua Southampton di Piala Liga Inggris atau Carabou Cup pada Agustus 2019 lalu.

Baca Juga

Benjamin Davis masuk dari bangku cadangan pada menit ke-57 menggantikkan Luca de la Torre.  Meskipun pada akhirnya Fulham harus menelan kekalahan tipis dengan skor 0-1.

Baca Juga

Kisah unik dari Benjamin Davis lainnya yakni ia pernah didaftarkan oleh Singapura di kualifikasi Piala AFC U-16 2015 hingga Piala ASIA U-19 2017 lalu.

Baca Juga

Akan tetapi, dirinya kemudian berubah pikiran dan lebih memilih bermain untuk Thailand. Keputusan itu sempat membuat  Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) kecewa berat pada SEA Games edisi 2019 lalu.


2. Thailand Juga Diperkuat 2 Pemain Eropa Lain

Pelatih Timnas Thailand, Alexndre Polking panggil tiga pemain Eropa di SEA Games 2021.

Selain Benjamin Davis, Thailand juga diperkuat oleh dua pemain lain yang berkarier di Eropa yaitu Jonathan Khemdee, dan Chayapipat Supunpasuch.

onathan Khemdee merupakan pemain yang baru berusia 19 tahun. Ia tercatat menimba ilmu sepak bola di Eropa, tepatnya Denmark bersama Odense BK sejak 2019 lalu.

Sementara itu, Chayapipat Supunpasuch merupakan gelandang bertahan berusia 21 tahun yang sudah menimba ilmu di sepak bola di Portugal bersama SC Braga Youth sejak 2015 silam.

Ketiga pemain ini wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong. Terlebih sosok Benjamin Davis yang sudah mengemas satu gol sepanjang laga penyisihan Grup B SEA Games 2021.

Baca Juga
SEA GamesThailandTimnas IndonesiaOxford UnitedShin Tae-yongAlexandre Polking

Berita Terkini