x

3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Bakal Jadi Mimpi Buruk Thailand di Semifinal SEA Games

Kamis, 19 Mei 2022 03:44 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi para pemain Indonesia usai mencetak gol ke gawang Myanmar di fase penyisihan grup A SEA Games 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Berikut tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yang bakal menjadi mimpi buruk Thailand di semifinal cabang olahraga sepak bola pria SEA Games 2021.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 sukses memastikan tiket ke semifinal SEA Games 2021 setelah menggilas Myanmar dengan skor 3-1 di laga terakhir Grup A, Minggu (15/05/2022) lalu.

Baca Juga

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-23 sempat duduk di puncak klasemen Grup A. Namun akhirnya mereka finis di posisi runner up karena Vietnam juga mampu menang 2-0 atas Timor Leste di laga terakhir penyisihan grup.

Perjuangan pasukan Shin Tae-yong untuk lolos ke semifinal tidakklah berjalan mulus. Egy Maulana Vikri dkk sempat dihujat oleh fans tanah air lantaran menjadi bulan-bulanan Vietnam dengan skor 0-3 di laga perdana Grup A.

Baca Juga

Namun setelah itu, mereka mampu membuktikan kualitas dengan menyapu bersih tiga laga sisa dengan skor cukup mencolok. Witan Sulaeman dkk sukses menggilas imor Leste (4-1), Filipina (4-0) dan Myanmar (3-1).

Sementara itu, Thailand juga bernasib apes saat laga perdana Grup B. Mereka harus menanggung malu karena kalah 1-2 dari Maaysia.

Akan tetapi, pasukan Alexandre Polking akhirnya mampu bangkit dengan menyapu bersih tiga laga sisa dengan kemenangan. Mereka juga sukses lolos ke semifinal dengan berstatus sebagai juara Grup A.

Baca Juga

Setelah mengantongi tiket ke semifinal, Thailand bakal dihadang lawan yang sangat kuat yakni Timnas Indonesia U-23. Sebagian besar pemain skuat Garuda Muda merupakan alumni peraih runner up Piala AFF 2020.

Akan tetapi, INDOSPORT memprediksi ada tiga pemain kunci Timnas Indonesia U-23 yang bakal menjadi mimpi buruk Thailand di semifinal SEA Games 2021. Siapa saja mereka?


1. Egy Maulana Vikri

Aksi Egy Maulana Vikri di laga Timnas Indonesia U-23 vs Filipina.

Egy Maulana Vikri diprediksi bakal menjadi salah satu pemain yang bersinar saat Timnas Indonesia U-23 bersua Thailand di semifinal SEA Games.

Bukan tanpa alasan, ia menjadi pemain yang selalu dipercaya oleh oleh Shin Tae-yong untuk selalu menjadi starter di empat laga penyisihan grup.

Baca Juga

Kepercayaan dari Shin Tae-yong juga dibayar lunas oleh Egy Maulana Vikri meski sempat mandul di laga perdana. Winger berusia 21 tahun itu sukses menjadi salah satu top skor skuat Garuda Muda.

Sejauh ini, Egy Maulana Vikri telah berhasil mengemas tiga gol dalam empat penampilannya di fase Grup A. Jumlah ini membawanya bertengger di jajaran puncak daftar top skor sementara SEA Games 2021.

Baca Juga

Witan Sulaeman

Bila ada sosok Egy Maulana Vikri, kurang lengkap apalbila tidak menyertakan Witan Sulaeman. Ya, kedua pemain tersebut merupakan pasangan emas di klub FK Senica maupun Timnas Indonesia.

Sama seperti Egy, Witan Sulaeman juga sukses mengemas tiga gol dalam empat pertandingan. Ia mencetak brace ke gawang Timor Leste dan satu gol ke gawang Myanmar.

Baca Juga

Kini Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang berhasil masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak SEA Games 2021 dengan masing-masing mencetak tiga gol.

Egy dan Witan tidakk sendiri karena ada pemain lainnya termasuk dari Thailand yang sukses mengemas tiga gol. Mereka yakni Jovin Bedic (Filipina), Luqman Hakim Shamsudin (Malaysia,) dan Patrik Gustavsson (Thailand).


2. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya melakukan selebrasi usai membobol gawang Thailand di Piala AFF.

Ricky Kambuaya diprediksi akan menjadi mimpi buruk Thailand selain Egy dan Witan. Bukan tanpa alasan, di final leg kedua Piala AFF 2020 lalu, ia sempat mencetak gol cepat ke gawang Negeri Gajah Perang.

Meski harus berakhir dengan skor imbang 2-2, aksi eks gelandang Persebaya Surabaya itu menjadi sorotan karena sukses membobol gawang Siwarak Tedsungnoen pada menit ke-7.

Setelah sukses bersinar di Piala AFC 2020, dirinya kembali dipilih Shin Tae-yong untuk mengisi tiga slot pemain senior di Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021.

Sepanjang fase grup, dirinya selalu dipasang sebagai starter untuk menemani pemain senior lainnya yakni Marc Klok di lini tengah.

Ricky Kambuaya juga berhasil tampil gemilang sepanjang babak penyisihan. Bahkan Shin Tae-yong sempat mengakui kalau gelandang Persib itu menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Baca Juga
SEA GamesThailandTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriWitan SulaemanRicky Kambuaya

Berita Terkini

Berita Terpopuler