x

4 Kiper Bertangan Malaikat yang Paling Banyak Selamatkan Gawang di Liga Italia Musim Kemarin

Kamis, 26 Mei 2022 21:46 WIB
Editor: Juni Adi
Salvatore Sirigu saat memperkuat Timnas Italia.

INDOSPORT.COM - Sebanyak empat kiper melakukan penyelamat cukup banyak di Liga Italia musim 2021/2022 kemarin. Menariknya tidak ada nama dari klub besar.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Italia, Serie A musim 2021/2022, telah rampung digelar dengan melahirkan AC Milan sebagai juaranya.

Baca Juga

AC Milan sukses memastikan diri meraih scudetto Liga Italia musim ini, setelah mereka meraih kemenangan atas Sassuolo di pekan terakhir.

Bermain di Stadion Mapei, Minggu (22/05/22) malam WIB, AC Milan menang dengan skor meyakinkan 3-0. Padahal mereka cuma butuh hasil imbang, tapi tetap bermain agresif sejak menit awal.

Sementara Sassuolo yang bertindak sebagai tuan rumah, kerap kesulitan membangun serangan dan membendung gempuran AC Milan.

Baca Juga

AC Milan finis di posisi puncak dengan koleksi 86 poin, unggul dua angka dari pesaing terdekatnya Inter Milan  dengan 84 poin.

La Benemata juga meraih kemenangan di laga terakhir melawan Sampdoria dengan skor 3-0. Akan tetapi kemenangan itu tak bisa membantu mereka untuk memenangkan gelar Liga Italia musim ini.

Ini adalah gelar juara Liga Italia ke-19 AC Milan, menyamai Inter Milan, sekaligus mengakhiri puasa trofi sejak 2011.

Baca Juga

Kebetulan pada musim 2010/2011 itu, AC Milan juga berhasil mengangkangi Inter Milan yang finis sebagai runner-up, setelah berstatus sebagai juara bertahan.

Keberhasilan AC Milan menjuarai Liga Italia tidak lepas dari peran vital kiper mereka, Mike Maignan.

Pemain asal Prancis itu bahkan sukses menyabet penghargaan sebagai kiper terbaik Liga Italia musim ini. 

Selama musim ini, ia mencatatkan 17 nirbobol yang membuatnya unggul dari puluhan kiper lain di Liga Italia.

Namun, faktanya Mike Maignan bukanlah kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga Italia musim ini. Lantas siapa saja?


1. Ivan Provedel

Salvatore Sirigu.

Nama Ivan Provedel mencuat pada kompetisi Liga Italia musim ini. Bagaimana tidak, memperkuat tim promosi Spezia, ia sukses tampil apik di kasta tertinggi.

Ivan Provedel mencatatkan 116 penyelamatan dengna torehan 7 cleansheets dari 31 pertandingan. Berkat penampilan cemerlangnya itu, Ivan berhasil membawa klubnya Spezia bertahan di Liga Italia musim depan.

Baca Juga

Spezia finis di peringkat ke-16 pada tabel klasemen akhir Liga Italia.

Perjalanan Provedel pada musim ini cukup menarik untuk disimak. Pasalnya, Provedel bukanlah kiper utama dari tim Spezia pada awal musim.

Ia baru bermain pada pekan kedelapan setelah Spezia hanya mencatatkan 4 poin dari 8 pertandingan tersebut. Sejak itulah Provedel mulai menggantikan posisi Jeroen Zoet di posisi utama kiper Spezia.

Baca Juga

Salvatore Sirigu 

Selanjutnya ada nama mantan kiper Timnas Italia, Salvatore Sirigu. Ia pernah memperkuat klub kaya Paris Saint-Germain karena performa apiknya di Liga Italia memperkuat Palermo.

Akan tetapi ia kesulitan bersaing di PSG hingga akhirnya memutuskan kembali ke Negeri Pizza. Pada awal musim kemarin, ia bergabung dengan Genoa dari Torino.

Baca Juga

Kiper berusia 35 tahun itu tampil apik. Ia membukukan 123 penyelamatan dengan catatan 10 clean sheets dari37 pertandingan yang dimainkan bersama Genoa di Liga Italia.

Namun, catatan tersebut gagal membawa Genoa bertahan di Serie A musim depan. Pasalnya, tim berjuluk Il Grifone ini harus puas finis di posisi ke-19.


2. Lukasz Skorupski

Kristjan Asllani (Empoli) mengawal Dusan Vlahovic (Juventus) di Liga Italia (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Kiper-kiper dengan penampilan cemerlang di Liga Italia rupanya banyak dari tim-tim papan tengah ke bawah, karena mereka sering mendapat gempuran dari lawan yang notabenenya cukup kuat dengan diperkuat banyak pemain bintang.

Kali ini ada kiper Bologna, Lukasz Skorupski. Pemain asal Polandia ini mencatatkan 126 penyelamatan di ajang Liga Italia musim kemarin untuk Bologna.

Baca Juga

Statistik itu diperoleh Lukasz Skorupski dari 36 pertandingan yang ia mainkan. Torehan tersebut juga membawanya berhasil mengoleksi 12 clean sheets.

Pencapaian itu menjadikannya sebagai kiper dengan jumlah nirbobol tertinggi kelima pada musim ini di Liga Italia.

Guglielmo Vicario

Kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga Italia musim 2021/2022 justru ditorehkan oleh seorang pemain pinjaman. 

Baca Juga

Dia adalah Guglielmo Vicario, kiper berkebangsaan Italia yang dipinjamkan oleh Cagliari ke Empoli pada musim ini.

Kiper berusia 25 tahun ini bermain sangat impresif dan membawa Empoli bertengger di posisi ke-14 klasemen akhir. 

Dari 38 pertandingan yang ia mainkan, Vicario sukses mencatatkan 152 penyelamatan dengan torehan 7 nirbobol.

AC MilanSalvatore SiriguLiga ItaliaTRIVIAMike Maignan

Berita Terkini