x

3 Pemain Liverpool yang 'Hilang' dari Final Liga Champions 2018, Apa Kabarnya?

Sabtu, 28 Mei 2022 11:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Beberapa pemain Liverpool di final Liga Champions 2018 ada yang tidak akan berpartisipasi di final tahun ini. Foto: Peter Powell - Pool/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pertandingan final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid akan digelar pada hari Minggu (29/05/22) dini hari WIB.

Tampil sebagai dua tim terbaik di edisi kali ini, baik The Reds maupun Los Blancos akan mengerahkan tenaga mereka semaksimal mungkin untuk meraih trofi juara.

Baca Juga

Apalagi, perjuangan mereka untuk sampai ke titik ini pun terbilang tidak mudah, bahkan bagi The Reds yang punya rekor sempurna di fase penyisihan grup.

Anak-anak asuh Jurgen Klopp tampil gemilang dengan membabat habis seluruh lawan-lawannya yang semuanya bukan tim recehan: AC Milan, FC Porto, dan Atletico Madrid.

Akan tetapi, Liverpool sempat menghadapi lawan berat di semifinal, Villarreal. Wakil Spanyol ini jadi tim kuda hitam di edisi 2021-2022 dengan mendepak para raksasa Eropa macam Juventus dan Bayern Munchen.

Baca Juga

Beruntung, Jordan Henderson dkk tidak jadi korban para pemain Unai Emery selanjutnya. Dengan sedikit perjuangan, mereka pada akhirnya menginjakkan kaki di final.

Sementara itu, jalan Real Madrid juga tidak kalah berliku. Di semifinal, mereka nyaris saja kalah dari Manchester City kalau bukan karena comeback luar biasa Karim Benzema cs saat leg kedua.

Kini, dua kontestan terbaik sudah tersaring dengan ketat dan bakal berhadapan lagi setelah final 2017-2018.

Baca Juga

Pada saat itu, Real Madrid tampil sebagai pemenang setelah menekuk Liverpool 3-1. Mereka bahkan sukses membuat Mohamed Salah cedera.

Seiring berjalannya waktu, baik Liverpool dan Real Madrid sudah mengalami banyak perubahan di kubu masing-masing.


1. Ada yang Bertahan, Ada yang Pergi

Beberapa pemain Liverpool di final Liga Champions 2018 ada yang tidak akan berpartisipasi di final tahun ini. Foto: Peter Powell - Pool/Getty Images.

Untuk juru taktik, Liverpool sampai sekarang masih setia menggunakan jasa Jurgen Klopp yang telah membawa tim ini melaju ke final Liga Champions 2018-2019 dan meraih gelar juara.

Sementara itu, Real Madrid saat ini ditangani Carlo Ancelotti ketika di final 2017-2018 lalu berada di bawah asuhan Zinedine Zidane.

Baca Juga

Kemudian soal pemain, Liverpool tercatat sudah melepas sejumlah anggota tim mereka yang dulu berpartisipasi di final 2017-2018.

Meski begitu, masih ada beberapa nama familier yang akan kembali menghadapi Real Madrid empat tahun setelah nestapa final Kyiv menghinggapi mereka.

Beberapa di antaranya adalah Mohamed Salah yang dicederai oleh Sergio Ramos; lalu sang kapten, Jordan Henderson; dan beberapa bek seperti Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, dan Andrew Robertson.

Baca Juga

Kemudian ada pula James Milner, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Di sisi lain, pemain-pemain seperti Alisson, Diogo Jota, Luis Diaz, Fabinho, dan Thiago belum pernah merasakan kepahitan final 2018 tersebut.

Mereka para ‘sisa’ skuat final Liga Champions 2018 yang masih bertahan di Liverpool saat ini tentu punya misi besar untuk membalas kekalahannya dahulu.

Lantas, bagaimana mereka yang sudah angkat kaki dari Anfield, maupun yang masih bertahan namun tidak akan dipakai nanti malam? Simak kabarnya berikut ini.

Baca Juga

Gini Wijnaldum

Yang pertama mari bahas Gini Wijnaldum yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG) pada tahun 2021 lalu.

Akan tetapi, kepindahannya ke rasaksa Prancis tersebut ternyata tidak semanis ekspektasi. Bukannya sukses, namanya justru meredup di sana.

 

2. Lovren Pergi, Karius Tersisih

Dejan Lovren saat masih berseragam Liverpool. Foto: John Powell/Liverpool FC via Getty Images.

Bahkan salah satu legenda Liverpool yakni Jamie Carrageher, belum lama ini menyinggung-nyinggung nama Gini Wijnaldum yang menurutnya gagal bersinar setelah angkat kaki dari skuat Jurgen Klopp.

Hal ini pun menurutnya harus jadi pertimbangan Mohamed Salah apabila muncul pikiran ingin pergi dari Liverpool dalam waktu dekat.

Baca Juga

Dejan Lovren

Pemain yang juga ‘lenyap’ dari susunan line up Liverpool empat tahun lalu. Ia belum lama ini pindah ke klub Rusia, Zenit.

Setelah kepergiannya, Virgil van Dijk pun menemukan partner baru untuk berkolaborasi yakni Joel Matip, Joe Gomez, dan Ibrahima Konate.

Loris Karius

Selanjutnya ada Loris Karius yang disebut-sebut sebagai salah satu biang keladi kekalahan Liverpool dari Real Madrid di final Liga Champions 2018.

Baca Juga

Bukan hanya satu, ia bahkan membuat dua blunder yang membuat Real Madrid berada di atas angin malam itu di Kyiv.

Buntut insiden mengenaskan tersebut, ia pun jadi bulan-bulanan publik, bahkan terlihat menangis setelah laga sembari meminta maaf ke penonton.

Saat ini, Loris Karius masih berstatus kiper Liverpool namun sudah telanjur merosoti di pecking order Jurgen Klopp.

Baca Juga

Ia pun harus bersaing dengan Adrian sebagai deputi Alisson, sembari berkompetisi dengan dua kiper lainnya yakni Caoimhin Kelleher dan Marcelo Pitaluga.

Selain itu, ia juga harus rela menonton aksi para rekannya di lapangan sembari mengingat kenangan buruknya empat tahun lalu bersama musuh yang sama.

Real MadridLiverpoolDejan LovrenLiga ChampionsGeorginio WijnaldumLoris KariusBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini