x

Jebolan Garuda Select Sudah Promosi, Persib Langsung Seleksi Robi Darwis

Minggu, 29 Mei 2022 15:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Diklat Persib, Robi Darwis, saat game internal bersama Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Setelah mempromosikan pemain Diklat Persib, Ridwan Ansori, Persib Bandung siap memantau produk lokal lainnya, Robi Darwis, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Sebelumnya, Ridwan Ansori, sempat bergabung dengan Garuda Select 3 dan dipantau kualitasnya oleh Robert Alberts sejak pekan lalu tepatnya dalam game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad, Yani Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

Baca Juga

Robert Alberts menambahkan, sudah berbicara kepada Ridwan Ansori mengenai keputusannya untuk mempromosikan yang bersangkutan ke skuat Maung Bandung.

"Ridwan sudah kami tawarkan satu tempat, dia merupakan seorang striker," kata Robert Alberts setelah pertandingan game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22).

Sebagai informasi, Robert Alberts sebelumnya mengatakan akan memprioritaskan pemain muda dari Diklat, Akademi maupun tim satelit Persib untuk dipromosikan.

Baca Juga

Pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2022-2023, Robert Alberts sudah mempromosikan dua pemain dari tim satelit Persib, Bandung United, yakni Arsan Makarin Al Haq dan Satrio Azhar Aisy Santoso.

Arsan Makarin Al Haq, merupakan pemain berposisi sebagai winger, sedangkan Satrio Azhar Aisy Santoso berposisi sebagai penjaga gawang.

Langkah Persib yang mempromosikan pemain muda bukan yang pertama, pasalnya sejak beberapa musim terakhir, tim kebanggaan Bobotoh sering merekrut pemain lokal hasil binaan baik dari Akademi maupun Diklat.

Pemain yang promosi ke tim Persib di antaranya, Febri Hariyadi, Gian Zola, Henhen Herdiana, Beckham Putra, Indra Mustafa, Mario Jardel, Aqil Savik, Kakang Rudianto hingga Ferdiansyah dan Dimas Juliono Pamungkas.

Baca Juga

Bahkan, beberapa pemain jebolan Akademi dan Diklat Persib tersebut sering mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.


1. Seleksi Robi Darwis

Pemain Diklat Persib, Robi Darwis saat game internal bersama Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Sementara itu, setelah memastikan satu tempat untuk Ridwan Ansori di tim senior, Robert Alberts kembali memantau salah satu pemain Diklat Persib, Robi Darwis.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini sudah diturunkan pada game internal yang digelar di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22).

Baca Juga

"Hari ini kami juga memutuskan untuk melanjutkan pemantauan terhadap Robi Darwis," ucap Robert Alberts.

Robert Alberts menuturkan, akan membawa Robi Darwis ke Batam, saat tim kebanggaan Bobotoh menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Selama di Batam, Persib berencana menggelar pertandingan uji coba menghadapi tim asal Singapura, Tanjong Pagar. Sehingga, dalam game tersebut Robert Alberts akan kembali menyeleksi dan memantau kualitasnya.

Baca Juga

Jika penampilannya konsisten, maka Robi Darwis berpeluang untuk dipromosikan oleh Robert Alberts ke skuat Maung Bandung guna persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

"Dia akan bergabung dengan kami di Batam dan kami akan melihat penampilannya. Jika dia bisa bermain dengan stabil (akan direkrut)," jelas Robert Alberts. 

Pada game internal, Robert Alberts mengaku cukup terkesan dengan penampilan Robi Darwis, hanya saja satu laga tidak cukup untuknya memberikan penilaian.

Sehingga, Robert Alberts bakal membawa Robi Darwis ke Batam untuk kembali dipantau kualitasnya dalam pertandingan uji coba.

Baca Juga

"Kami tidak bisa memberi penilaian dari satu laga saja, tapi harus melihat performa dia apakah stabil atau tidak. Kalau kesan positif hari ini bisa dilanjutkan di Batam maka kami akan mengontraknya," ungkapnya.

"Iya Robi dan Ridwan. Untuk Ridwan kami sudah memberikan penawaran dan Robi akan kami pantau di Batam," jelasnya.


2. Pemain Potensial

Zalnando, Robi Darwis (Diklat Persib), Ridwan Ansori (Diklat Persib) dan Arsan Makarin Al Haq berfoto bersama sebelum game internal Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22).

Sebagai informasi, Robi mengenal sepak bola dari SSB Atep7, kemudian ditempa di Akademi Persib Cimahi dan bergabung dengan Persib U-16, setelah itu dia ambil bagian di tim Persib U-18.

Penampilan Robi di EPA menarik perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-18 untuk menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Itu merupakan bagian dari sebagai persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20. 

Robi Darwis juga sempat masuk dalam daftar 40 pemain tim U-19 Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. TC di Negeri Ginseng sebagai persiapan mengikuti Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Selain itu, Robi sempat memperkuat Bandung United yang berlaga di kompetisi Liga 3. Diasuh pelatih Lukas Tumbuan, Robi membawa tim satelit Persib ini hingga melaju ke babak 32 besar putaran nasional.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Diklat PersibBerita Liga 1Ridwan AnsoriRobi Darwis

Berita Terkini