x

Disindir Bintang Emon Lewat Materi Stand Up Comedy, Begini Reaksi Iwan Bule

Selasa, 31 Mei 2022 20:23 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Isman Fadil
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule kembali mendapat kritik dari Komika kawakan, Bintang Emon dalam acara Somasi di Channel Youtube Deddy Corbuzier.

INDOSPORT.COM - Bola panas terus bergulir usai komika kawakan jebolan ajang Stand Up Comedy Academy, Bintang Emon kembali memperlihatkan kecakapan membuat materi kritis.

Gusti Muhammad Abdurrahman alias Bintang Emon ini memang telah dikenal sebagai salah satu komika yang peduli dengan dinamika sosial politik dalam negeri.

Baca Juga

Tentu masih lekat dalam ingatan ketika Bintang Emon pernah berurusan dengan Buzzer, usai membagikan set-up atau premis komedi yang menyinggung kasus eks Ketua KPK.

Saat itu Bintang Emon bahkan dituduh sebagai pengguna obat-obatan terlarang oleh Buzzer yang memang bekerja membentuk kontra narasi, sesuai pesanan.

Tuduhan tak berdasar itu langsung dibalas Bintang Emon dengan hasil surat keterangan bebas narkoba yang dia lakukan di Rumah Sakit Pondok Indah dan dia bagikan ke sosmed.

Baca Juga

Bahkan dia juga sempat dikasuskan oleh salah satu kader partai yang membela Hakim, kasus ini sempat dibawa ke Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Namun, sekali lagi komedian dengan rasa sosial tinggi itu dapat kembali lolos. Dia memang tidak terbukti bersalah, hal itu tentu menambah daftar kesuksesan Emon dalam memberikan kritik di ruang publik.

Kisah terbaru tentu saja ketika Bintang Emon tampil di acara Somasi yang diprakarsai Deddy Corbuzier. Pada kesempatan itu, Emon kembali menyuarakan keresahan banyak pihak.

Baca Juga

Bit (materi komedi) dan Punchline yang menyinggung soal latar belakang Mochamad Iriawan sebgai anggota alat negara langsung menjadi bahan pembicaraan di sosial media.

Hasilnya dapat dilihat, Bintang Emon kembali mendapat serangan dari beberapa pihak, namun banyak suporter bola nasional yang mendukungnya, sebab merasa terwakilkan.


1. Komentar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan Mengenai Kritik Bintang Emon

Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

Pada tayangan yang dibagikan di channel Youtube Deddy Corbuzier itu. Seperti biasa Bintang Emon kembali membuat materi yang tergolong 'berani' di ruang publik.

Kali ini Bintang Emon ikutan berkomentar mengenai sepak bola nasional yang memang selalu gagal berprestasi dan justru lebih banyak menimbulkan polemik tak berujung.

Baca Juga

Selain itu, dalam beberapa kepengurusan mulai dari Nurdin Halid, La Nyalla Mattalitti, Edy Rahmayadi hinga Mochamad Iriawan. PSSI kerap menjadi batu loncatan.

Baca Juga

Hal itulah yang kemungkian menjadi latar belakang Bintang Emon memberikan komedi bernada satire ke PSSI terlebih ke Ketua Umum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan.

Awal keributan ini bermula saat Bintang Emon memberikan materi yang mempertanyakan kenapa 'alat negara' selalu jadi Ketua PSSI baik Polisi maupun Tentara.

Ia lantas menganalogikan jika Polisi bisa jadi Ketua PSSI, pemain sepak bola tentu juga memiliki kesempatan menjadi Kapolri. Iwan Bule sendiri telah memberikan komentarnya.

Baca Juga

"Bintang Emon? Santai saja, saya fokus ke bola, saya cuma ingin menang (Timnas) dan itu saja," ungkapnya.

Meski mengaku hanya fokus ke timnas, nama Iwan Bule sendiri tengah didorong sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat.

Selain itu, Bintang Emon juga mendapat banyak dukungan mulai dari rekan sejawatnya Ernest Prakasa, Kikiy Saputri hingga ribuan netizen yang merasa terwakilkan.


2. Dukungan untuk Bintang Emon

Ketum PSSI 2019-2023 terpilih, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menemui awak media.

Setelah mendapat serangan dari beberapa akun tak dikenal, komedian Bintang Emon lantas mendapat dukungan dari berbagai pihak, mulai dari kawan sejawat hingga netizen.

Mulai dari Ernest Prakasa dan Kikiy Putri, keduanya bahkan sangat salut dengan keberanian Bintang Emon tampil di acara Somasi Deddy Corbuzier membawakan materi 'keluar zona nyaman'.

Baca Juga

Komentar pertama datang dari pengguna Twitter @kikyputrii, "Kasian liat @bintangemon di acara somasi. Materi secerdas itu hanya mendapat respon "senyum nyari aman" dari yg ngundang,"

Tak mau ketinggalan, senior komika sekaligus produser film Ernest Prakasa ikut nimbrung dan menganggap Bintang Emon merupakan komika yang berani mengambil konsekuensi.

"Bintang Emon padahal gausah kritis pun bisa idup tenang. Tapi dia memilih untuk tetap lantang. Rispek," tulis Komika senior itu di akun Twitter miliknya @ernestprakasa.

Baca Juga

"Kenyamanan sering kali jadi musuh bagi seniman, pembunuh kekritisan. Padahal seniman sejatinya adalah "voice of rason" pembawa aspirasi dan keresahan masyarakat," tegasnya.

Selain itu, penampilan Bintang Emon di acara Somasi ini juga mendapat dukungan dari ribuan netizen yang juga menanggap hal itu sebagi kritik cerdas.

"Bukan benci Polisinya yang jadi poin mbak, tapi suatu pekerjaan haruslah dipimpin oleh mereka yang berkompeten di bidangnya, makan mbak," komentar akun @SajakRinduMU.

Baca Juga

"Dari sekian komika yg bawain materi 'tepi jurang' di channel Youtube Close The Door: Somasi, cuma Bintang Emon yg paling sesuai ekspektasi dari kesan nama konsepnya SOMASI," komentar akun @m_jabaln.

"Namanya juga komedi, titik beratnya itu di 'kenapa yg menjabat Ketum PSSI bukan yg berkompeten dibidangnya', nah perihal 'pemain bola gak bisa jadi Kapolri itu kan punchline-nya," komentar akun @angginovita93.

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaDeddy CorbuzierMochamad IriawanBintang Emon

Berita Terkini