x

Pernah Gagal di Man United, Kapten Ajax Wejangi Wonderkid Belanda Sebelum Susul Ten Hag

Minggu, 5 Juni 2022 16:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Daley Blind berharap Jurrier Timber tidak terburu-buru putuskan pindah ke Manchester United di bursa transfer nanti dan bertahan lebih lama di Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM - Bek senior Ajax Amsterdam, Daley Blind, mengirim nasehat kepada juniornya yakni Jurrien Timber yang kabarnya tengah diminati Manchester United pada bursa transfer musim panas kali ini.

Meski dinilai sudah cukup matang dan punya skill untuk hijrah ke Old Trafford, sang defender muda diminta untuk bertahan setidaknya semusim lagi di Johan Cruyff ArenA.

Baca Juga

Blind jelas ingin agar Timber lebih menempa diri lagi mengingat belakangan cukup sulit bagi pesepakbola asal Eredivisie Belanda untuk sukses di Liga Inggris.

Terutama di Manchester United yang dinilai tidak bisa mengembangkan karier Memphis Depay dan Blind sendiri.

Daley Blind sempat berkostum The Red Devils dalam rentang 2014-2018 dan ia tidak pernah dianggap punya peran cukup untuk disebut sukses.

Baca Juga

Padahal fullback kidal yang juga fasih bermain sebagai gelandang bertahan dan bek tengah itu tampil dalam 141 pertandingan plus memenangi empat trofi.

Ia tidak ingin Jurrien Timber menjalani takdir yang serupa sehingga bertahan di Ajax sedikit lebih lama menjadi sarannya.

“Dia cukup bijaksana untuk membuat pilihannya sendiri,” kata Blind yang saat ini bersama Timber tengah sama-sama memperkuat timnas Belanda.

Baca Juga

“Saya tidak perlu menjelaskan bakat dan pemain seperti apa Jurrien itu. Betapa pentingnya dia bagi kami. Apa yang dia tunjukkan sejak awal sungguh luar biasa," 

"Tentu saja, sebagai rekan setim, saya berharap dia bertahan untuk satu tahun lagi. Saya tidak bisa mempengaruhi itu. Saya hanya bisa mengatakan bahwa Ajax harus melakukan yang terbaik untuk menjaganya tidak pergi.” tambah pemain 32 tahun itu lagi.


1. Bujukan Ten Hag

Erik ten Hag, pelatih baru Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer

Jurrien Timber memang masih sangat muda terlebih untuk ukuran pemain bertahan dimana pengalaman memegang peran penting untuk sukses.

Ia baru berusia 20 tahun dan baru menembus tim senior Ajax Amsterdam tiga tahun lalu untuk kemudian menjadi pemain reguler dalam dua musim terakhir.

Baca Juga

Timber walaupun posisinya adalah bek sentral, namun hanya memiliki tinggi badan 182 cm yang tergolong pendek.

Liga Inggris yang sangat menonjolkan fisik jelas bisa jadi tantangan besar baginya andai memutuskan hijrah ke Manchester United.

Baca Juga

Namun ajakan ke Old Trafford bukan tanpa sebab karena Erik ten Hag, pelatihnya di Ajax kini menjadi arsitek baru United.

Ten Hag jelas tahu kualitas Timber dan tahu betul si anak asuh bisa sukses di luar Belanda kendati tidak punya postur ideal.

Baca Juga

Ada kemungkinan nanti Jurrien Timber tidak akan diplot sebagai bek tengah utama Manchester United melainkan digunakan sebagai bek kanan yang memang bukan peran asing untuk si wonderkid.

Jika setuu maka tawaran seharga 30 juta Euro yang dilayangkan pada bursa transfer nanti akan bisa diproses lebih cepat.


2. Pique Tolak Potong Gaji, Barcelona Makin Kepepet Lepas De Jong ke Man United

Gerard Pique.

Barcelona menemui ganjalan baru dalam misi mereka menyelamatkan diri jerat kebangkrutan usai Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergio Busquets menolak untuk dipotong lagi gajinya.

Dengan demikian urgensi klub raksasa Spanyol itu untuk melepas pemain, seperti Frenkie de Jong yang diminati Manchester United, demi bertahan hidup semakin terasa.

Pemotongan gaji yang Barcelona kini minta pada tiga pemain senior sekaligus kapten mereka itu dilakukan demi bisa bergerak di bursa transfer.

Barcelona telah menyepakati transfer Franck Kessie dan Andreas Christensen dengan status bebas transfer namun mereka tak kunjung diresmikan. 

Diduga, Barca belum mengumumkan karena belum bisa mendaftarkan keduanya ke Liga Spanyol akibat struktur gaji yang tidak memenuhi syarat.

Baca selengkapnya: Bursa Transfer: 'Dianiaya' Barcelona, Pique Pilih Bantu Manchester United Gaet De Jong

Bursa TransferManchester UnitedAjax AmsterdamDaley BlindBerita Bursa TransferErik ten Hag

Berita Terkini