x

Siapa Fatih Karagumruk? Klub Turki Calon Pelabuhan Andrea Pirlo setelah Juventus

Minggu, 5 Juni 2022 11:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mengenal Karagumruk, klub Turki yang sedang dikaitkan dengan Andrea Pirlo. Foto: Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengenal Fatih Karagumruk, klub Turki yang sedang dikaitkan dengan Andrea Pirlo setelah pelatih yang satu ini hengkang dari Juventus beberapa waktu lalu.

Untuk diingat kembali, Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih tim utama Juventus usai dipercaya membesut U-23 mereka yang berkompetisi di Serie C Liga Italia.

Baca Juga

Ketika mendapat promosi tersebut, ia pun mendapat banyak nada sumbang karena dianggap belum punya banyak pengalaman melatih tim besar.

Akan tetapi, sepak terjangnya bersama Si Nyonya Tua ternyata tidak terlalu buruk. Sebelum hengkang pada Mei 2021, ia sudah menyumbangkan trofi Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Posisinya sebagai pelatih tim utama Juventus kemudian digantikan oleh Massimiliano Allegri, yang membawa Leonardo Bonucci cs finis di peringkat klasemen akhir Serie A Liga Italia 2021-2022.

Baca Juga

Setelah pergi dari Juventus, Andrea Pirlo sempat dikaitkan dengan sejumlah klub yang kabarnya ingin meminangnya sebagai juru taktik.

Salah satunya sempat diutarakan pakar transfer, Fabrizio Romano, beberapa waktu lalu. Ia menyebut legenda Juventus tersebut bisa merapat ke Spezia untuk menggantikan pelatih mereka, Thiago Motta.

Akan tetapi, kini muncul kabar baru yang mengatakan Andrea Pirlo juga dilirik klub Liga Turki yang bernama Fatih Karagumruk.

Baca Juga

Salah satunya diwartakan Football Italia, yang dalam beritanya menulis legenda Juventus tersebut sedang melakukan negosiasi dengan Karagumruk.

Hal itu pun berdasar pada laporan seorang pakar transfer Italia, Alfredo Pedulla, yang juga menyebut Karagumruk berada di barisan terdepan untuk mendatangkan Andrea Pirlo. 


1. Mengenal Lebih Dekat Fatih Karagumruk

Mengenal Karagumruk, klub Turki yang sedang dikaitkan dengan Andrea Pirlo. Foto: Getty Images.

Bagi benerapa orang, termasuk para penikmat sepak bola, nama Karagumruk mungkin belum terlalu familier di telinga, apalagi di tengah gempuran popularitas klub-klub Eropa yang ada saat ini.

Untuk itu, mari mengenal lebih dekat Karagumruk, klub Liga Turki yang sedang dikaitkan dengan eks pelatih Juventus, Andrea Pirlo. 

Baca Juga

Kontestan Liga Turki

Hal pertama yang harus dibahas jika ingin mengenal Karagumruk tentu identitas mereka sebagai salah satu kontestan Liga Turki.

Untuk saat ini, Karagumruk bermain di kompetisi Super Lig, kompetisi sepak bola kasta pertama di Liga Turki. Pada musim 2021-2022, mereka finis di peringkat 8 klasemen akhir dengan 57 poin.

Karagumruk merupakan klub yang berbasis di Istanbul dan memakai Ataturk Olympic Stadium untuk menggelar pertandingan kandangnya.

Baca Juga

Selain itu, Karagumruk juga belum lama promosi ke Super Lig usai bermain di kompetisi kasta kedua, TFF 1. League beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, semangat mereka pun akan sangat menggebu-gebu untuk meraih hasil yang lebih baik lagi musim depan.

Kedatangan Andrea Pirlo juga akan menambah warna tersendiri bagi klub maupun kompetisi Super Lig di Turki nantinya.

Baca Juga

Selain itu, Liga Turki sendiri selama ini juga sudah akrab dengan para pesepak bola Eropa, baik yang pernah maupun masih merumput di sana.

Sebut saja beberapa di antaranya: Daniel Sturridge, Loris Karius, Anton Ferdinand, dan masih banyak lagi.

 

2. Ada Aroma Italia

Mengenal Karagumruk, klub Turki yang sedang dikaitkan dengan Andrea Pirlo. Foto: Getty Images.

Jika merapat ke Karagumruk, Andrea Pirlo dipastikan berjumpa beberapa pemain yang juga berasal dari Italia.

Salah satunya adalah Emiliano Viviano yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia pun salah satu pemain tertua di Karagumruk dengan usianya yang saat ini menginjak 36 tahun.

Baca Juga

Sebelum merapat ke Liga Turki, ia sempat bermain di sejumlah klub Italia seperti SPAL, Inter Milan, Sampdoria, Palermo, Bologna, dan Brescia.

Selain itu, Emiliano Viviano adalah putra Timnas Italia yang sudah mengabdi untuk negaranya sejak usia muda.

Ia tumbuh dan berkembang sebagai pemain muda yang merangkak naik ke tim senior usai bermain di level usia.

Baca Juga

Selain Emiliano Viviano, juga ada pemain-pemain lainnya yang memiliki hubungan dengan Italia, yakni Rayyan Baniya dan jangan sampai terlupakan, Fabio Borini.

Nama yang kedua, merapat ke Karagumruk setelah bermain di sejumlah klub Italia seperti Parma, AS Roma, AC Milan, dan yang terakhir Hellas Verona.

Sejak merapat ke Karagumruk pada akhir Desember 2020 lalu, ia menjalani karier yang tidak terlalu buruk dan nampak baik-baik saja di Turki hingga saat ini.

Baca Juga

Tentu patut dinanti apakah Emiliano Viviano dan Fabio Borini yang notabene mantan pemain Serie A Liga Italia ini akan berjumpa Andrea Pirlo di Turki?

Namun yang jelas, para penggemar akan dengan senang hati melihat pelatih asal Italia itu kembali bekerja setelah masa-masa singkatnya di Juventus. 

Andrea PirloJuventusTurkiLiga TurkiBola InternasionalOne Football

Berita Terkini