x

5 Klub Top Eropa yang Memiliki Utang Terbanyak di 2022: Barcelona Paling Parah

Senin, 6 Juni 2022 10:39 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
5 Klub Top Eropa yang Memiliki Hutang Terbanyak di 2022: Barcelona Paling Parah. Foto: Reuters/Albert Gea

INDOSPORT.COM - Berikut lima klub top Eropa yang memiliki hutang paling banyak pada 2022, termasuk tim raksasa Liga Spanyol, Barcelona hingga jawara Serie A Italia, AC Milan.

Hutang menjadi masalah besar yang harus dihadapi setiap klub sepak bola. Apalagi kondisi ini membuat mereka tidak bisa leluasa untuk berbelanja pemain di bursa transfer.

Baca Juga

Bahkan sebagian dari mereka ada yang terpaksa melepas salah satu pemain bintangnya. Kemudian memangkas gaji pemain demi terbebas dari kebangkrutan.

Kali ini INDOSPORT akan membahas lima klub top Eropa yang memiliki hutang paling banyak pada 2022 menurut Sportskeeda:

Barcelona

Raksasa Liga Spanyol yakni Barcelona menjadi klub paling parah dalam berhutang. Hal itu setelah mereka menjadi klub paling boros selama beberapa musim terakhir.

Baca Juga

Apesnya, investasi Barcelona tidak membuahkan hasil yang membuat manajemen memiliki beban finansial yang sangat tinggi. Menurut Sportskeeda, saat ini hutang Blaugrana menumpuk sebesar 1,3 miliar euro atau sekitar Rp20,4 triliun.

Hal itu membuat pelatih saat ini yaitu Xavi Hernandez tidak bisa leluasa dalam berbelanja pemain di bursa transfer musim panas mendatang.

Mereka sebenarnya sukses mendapatkan dua bintang yakni bek Andreas Christensen dan gelandang Franck Kessie secara gratis.

Baca Juga

Sayang, kedua pemain tersebut masih belum bisa didaftarkan dikarenakan pihak klub terbentur oleh aturan Financial Fair Play (FFP).

Selain Barcelona, masih klub dengan hutang terbanyak seperti salah satu raksasa Liga Inggris hingga jawara Liga Italia. Berikut kelanjutannya:


1. Juventus

Perayaan gol Juventus ke gawang AC Milan yang dicetak oleh Alvaro Morata..

Klub raksasa Serie A Liga Italia, Juventus menjadi tim kedua yang memiliki utang terbanyak. Hal itu setelah ada beberapa keputusan kurang tepat pada bursa transfer termasuk pembelian Cristiano Ronaldo pada Juli 2018 lalu.

Kemudian adanya pandemi virus corona sejak 2020 lalu membuat kondisi keuangan Bianconeri amburadul. Selain itu, prestasi mereka juga mengalami penurunan setelah pada musim 2021-2022 lalu tidak meraih satupun trofi.

Baca Juga

Kini kabar terbaru menyebut kalau hutang Juventus pada 2022 menumpuk menjadi 900 juta euro atau sekitar Rp13 triliun. Kondisi ini membuat mereka tidak bisa leluasa di bursa transfer musim panas mendatang.

Massimiliano Allegri hanya bisa mencari pemain murah dan gratisan seperti Francesco Acerbi (Lazio), Ivan Perisic (Inter Milan) dan Angel Di Maria (PSG).

Baca Juga

Tottenham Hotspur

Setelah Juventus, ada salah satu raksasa Liga Inggris yakni Tottenham Hotspur yang memiliki utang terbanyak ketiga di antara klub top Eropa.

Utang banyak yang dihadapi Spurs bukan karena boros dalam berbelanja pemain. Daniel Levy memiliki kebijakan ketat sehingga sangat jarang menghabiskan banyak uang di bursa transfer.

Baca Juga

Faktor utama utang yang dialami oleh Tottenham Hotspur yaitu setelah mereka menelan biaya sangat besar untuk membangun stadion baru. Kemudian pandemi virus corona membuat beban finansial menumpuk

Total pinjaman Tottenham Hotspur mencapai kini disiyalir mencapai 826 juta euro atau setara dengan Rp 12,7 triliun.


2. Inter Milan

Theo Hernandez (kanan) mencoba merebut bola dari penguasaan Milan Skrinia (02/03/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Pada musim lalu, Inter Milan terpaksa harus melepas Romelu Lukaku ke Chelsea dan Achraf Hakimi ke PSG dengan harga jual cukup besar. Namun, penjualan itu ternyata tidak cukup untuk menutup utang.

Apalagi perginya sponsor utama mereka, Pirelli, semakin membuat beban finansial Nerazzurri bertambah. Pada 2022, mereka tercatat punya utang sebesar 702 juta euro atau sekitar Rp10,8 triliun.

AC Milan

Meski baru saja sukses meraih gelar juara Liga Italia musim 2021-2022, AC Milan ternyata menjadi klub top Eropa kelima yang punya utang besar.

Sejumlah masalah disinyalir menjadi penyebabnya seperti pandemi virus corona, buruknya pengelolaan klub hingga kebijakan transfer yang tidak tepat.

Kini laporan terbaru menyebut kalau AC Milan memiliki utang sebesar 666 juta euro atau sekitar Rp10,3 triliun. Meski begitu, para fans tidak perlu panik karena Rossoneri baru saja diakuisisi oleh RedBird Capital Partners.

Baca Juga
BarcelonaFinancial Fair PlayAC MilanInter MilanJuventusTottenham Hotspur

Berita Terkini