x

5 Pemain Asia Terbaik yang Pernah Main di Liga Inggris: Son Heung-min Kalah dari Sosok Ini

Selasa, 7 Juni 2022 13:26 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Totenham Hotspur, Son Heung-min, merayakan golnya ke gawang Manchester City dalam pertandingan Liga Inggris, Minggu (22/11/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain terbaik dari negara benua Asia yang pernah berkarier di Liga Inggris, termasuk Son Heung-min dan Takumi Minamino.

Di kompetisi tertinggi Liga Inggris saat ini, hanya Son Heung-min dan Takumi Minamino yang kontraknya masih aktif di klubnya masing-masing.

Sebelum mereka, ada beberapa pemain dari Asia yang juga mampu menembus Premier League. Bahkan ada yang prestasinya melebihi Son Heung-min.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima pemain Asia terbaik yang pernah berkarier di Liga Inggris:

1. Son Heung-min

Son Heung-min baru saja membuat masyarakat Korea Selatan takjub setelah mampu menorehkan prestasi individu di Liga Inggris musim 2021-2022.

Ia berhasil meraih sepatu emas di Liga Inggris musim ini setelah mengoleksi 23 gol dalam 35 penampilan bersama Tottenham Hotspur. Hal itu membuatnya mampu mencetak sejarah baru.

Baca Juga

Mantan anak asuh Shin Tae-yong itu sukses menjadi pemain dari Asia pertama yang mendapatkan gelar top skor Premier League.

Soal prestasi individu, Son Heung-min memang berhasil menempati posisi pertama. Akan tetapi, ia masih kalah hebat dari sosok ini karena mampu membawa klubnya mendapat banyak gelar juara. Siapa dia?


1. 2. Park Ji-sung

Park Ji-Sung, mantan pemain Manchester United.

Sebelum Son Heung-min, ada pemain sepak bola asal Korea Selatan yang sudah lebih dulu berkarier di Liga Inggris yakni Park Ji-sung.

Kini Park Ji-sung sudah pensiun namun masih terlibat dengan dunia sepak bola. Dia mengelola yayasan yang didirikannya pada 2011 bernama JS Foundation.

Baca Juga

Saat masih aktif sebagai pemain, dirinya mampu membuat pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson merekrutnya pada 2005 silam.

Berbeda dengan Son Heung-min, belum ada gelar individu yang didapat oleh Park Ji-sung. Namun soal gelar juara untuk klub, tercatat sudah 13 trofi ia sumbangkan bagi Setan Merah.

Baca Juga

Berikut rinciannya: Liga Inggris (2006–07, 2007–08, 2008–09, 2010–11) Piala Liga (2005–06, 2008–09, 2009–10), Piala FA (2007, 2008, 2010, 2011) , Liga Champions (2007–08), Piala Dunia Antarklub FIFA (2008).

3. Shinji Okazaki

Shinji Okazaki menjadi pemain terbaik ketiga dari Asia yang pernah bersinar di kompetisi bergengsi Liga Inggris.

Baca Juga

Namanya sempat melejit ketika berseragam Leicester City pada 2015 lalu karena mampu membawa The Foxes merengkuh gelar Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Pemain asal Jepang ini sempat tampil sebanyak 114 laga untuk Leicester City dengan menyumbang 14 gol. Saat ini Shinji Okazaki memutuskan berkarier di klub kasta kedua Liga Spanyol bernama FC Cartagena.


2. 4. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa dalam sesi latihan Timnas Jepang di Piala Dunia 2018.

Shinji Kagawa merupakan pemain asal Jepang yang pernah berseragam Manchester United pada musim panas 2012 lalu. Saat itu Setan Merah menebusnya dari Borussua Dortmund dengan mahar 17 juta pounds atau sekitar Rp278 miliar.

Bersama Man United, Kagawa mencetak enam gol dan 10 assist dari 57 penampilan dan membawa klub ini juara Liga Inggris musim 2013 dan Inggris Super Cup musim selanjutnya.

Selain itu, ada salah satu momen yang diingat fans saat dia mencetak rekor kala Manchester United melawan Norwich City pada 2013 silam. 

Saat itu Kagawa mencetak hattrick dan membawa Setan Merah menang 4-0 dan membuat dirinya menjadi pemain Asia pertama yang mencetak hattrick di Liga Inggris.

5. Takumi Minamino

Takumi Minamino menjadi pemain asal Jepang selanjutnya setelah Shinji Okazaki dan Shinji Kagawa yang berkarier di Liga Inggris. Ia bergabung ke Liverpool dari RB Leipzig pada Januari 202 lalu.

Bersama The Reds, Takumi Minamino sudah tampil sebanyak 53 kali dengan menyumbang 13 gol dan tiga assist di semua kompetisi.

Pemain berusia 27 tahun itu telah meraih tiga gelar bersama Liverpool yakni Liga Inggris 2020 dan Piala Liga Inggris serta Piala FA pada 2022.

Baca Juga
Manchester UnitedLiverpoolPark Ji SungShinji KagawaTottenham HotspurLeicester CityShinji OkazakiSon Heung-MinLiga InggrisTakumi Minamino

Berita Terkini