x

8 Pemain yang Pernah Membela Man United dan Barcelona, Frenkie de Jong Selanjutnya?

Sabtu, 11 Juni 2022 22:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut ini adalah delapan pemain yang pernah membela Manchester United dan Barcelona. Akankah Frenkie de Jong menjadi yang ke-9?

INDOSPORT.COM – Berikut ini adalah delapan pemain yang pernah membela Manchester United dan Barcelona. Akankah Frenkie de Jong menjadi yang ke-9?

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong terus dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Baca Juga

Namanya dikaitkan seiring kedatangan mantan pelatihnya di Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, sebagai juru taktik baru Man United.

Ten Hag secara blak-blakan menginginkan mantan anak asuhnya itu dapat bereuni dengannya kembali di Old Trafford musim depan.

Apalagi, Man United saat ini tengah kekurangan gelandang tengah, menyusul kepergian Paul Pogba dan Nemanja Matic secara gratis di akhir musim 2021/22.

Baca Juga

Di sisi lain, ketertarikan Ten Hag dan Man United ini selaras dengan kondisi Barcelona yang dipaksa harus menjual De Jong demi mengatasi krisis finansial tim.

Barcelona merasa perlu menjual pemain berusia 25 tahun itu untuk mendapat dana belanja sekaligus mengurangi beban gaji di tubuh tim.

Man United sejauh ini telah menunjukkan ketertarikannya dengan melayangkan tawaran 60 juta euro (Rp922 miliar) ditambah 10 juta euro (Rp153 miliar) sebagai bonus.

Baca Juga

Namun tawaran ini belum meluluhkan Barcelona. Meski begitu, penolakan ini pun membuat kedua tim makin intens melakukan negosiasi untuk mencapai kata sepakat.

Dengan kemungkinan bakal bergabungnya De Jong, ada baiknya kembali melihat delapan pemain yang pernah membela Man United dan Barcelona. Akankah ia menjadi pemain ke-9?


1. 1. Mark Hughes

Jordi Cruyff, anak dari Johan Cruyff yang sempat bermain di Manchester United.

Mark Hughes merupakan salah satu penyerang kenamaan yang merupakan jebolan akademi Man United. Ia berhasil menembus tim utama sebelum hijrah ke Barcelona pada 1986.

Di Barcelona, kiprah Mark Hughes tak berjalan lancar. Malahan, pria yang kini berprofesi sebagai pelatih itu dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Hanya dua tahun saja berada di Barcelona, Mark Hughes kembali ke Man United dan mencatatkan tinta emas di periode keduanya bersama Setan Merah.

Baca Juga

2. Jordi Cruyff

Jordi Cruyff lebih dikenal sebagai anak dari Johan Cruyff. Kiprahnya di sepak bola sendiri tak berjalan mulus, terutama saat membela Barcelona dan Man United.

Jordi Cruyff pertama kali membela Barcelona saat ditukangi sang ayah. Usai promosi ke tim utama pada 1994, dirinya kemudian dilepas pada 1996 ke Man United.

Di Man United, Jordi Cruyff juga sulit berkembang. Pada Januari 1999, ia dipinjamkan ke Celta Vigo sebelum akhirnya dilepas dengan status bebas transfer pada tahun 2000.

3. Laurent Blanc

Mark Hughes bukan satu-satunya pelatih yang semasa bermain pernah membela Barcelona dan Man United. Selain dirinya, ada nama Laurent Blanc.

Laurent Blanc terlebih dulu membela Barcelona, kala diboyong pada 1996. Hanya semusim berselang, ia dilepas ke Marseille.

Setelah bermain untuk Marseille dan Inter Milan, pada 2001 Laurent Blanc bergabung Man United dengan status bebas transfer dan pensiun di Old Trafford pada 2003.

Baca Juga

4. Henrik Larsson

Henrik Larsson merupakan penyerang kenamaan Swedia yang kehadirannya disesali oleh Sir Alex Ferguson. Sebab, dia datang ke Man United dengan status pinjaman.

Sebelum datang ke Man United, kiprah Henrik Larsson sendiri sudah cukup melegenda, terutama saat bermain untuk Barcelona.

Ia datang dengan status bebas transfer dari Celtic pada tahun 2004 dan menjadi juru gedor andalan Barcelona hingga 2006.


2. 5. Gerard Pique

Gerard Pique, saat bermain di Manchester United.

Gerard Pique diketahui merupakan produk akademi Barcelona. Namun sebelum dirinya masuk tim utama, Man United datang menjemputnya.

Pada 2008, Pique kemudian diboyong kembali oleh Barcelona yang ditukangi Pep Guardiola. Bisa dikatakan, ia menjadi pemain tersukses yang membela dua klub ini.

Baca Juga

6. Victor Valdes

Berbeda dengan Pique, nasib Victor Valdes justru sedikit buruk saat membela Barcelona dan juga Man United. Meski menjadi andalan, ia sempat dicampakkan oleh Blaugrana di akhir-akhir kariernya.

Usai dilepas Barcelona pada 2014, Valdes harus menganggur selama enam bulan sebelum dipinang Man United. Sayangnya, perjalanannya di Old Trafford juga mengenaskan.

7. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic merupakan pemain yang kerap bergonta-ganti klub. Dalam kariernya, ia pernah membela Barcelona dan Man United.

Uniknya, Ibrahimovic hanya menghabiskan waku singkat di Barcelona dan Man United. Kendati begitu, dirinya mampu memberikan trofi bergengsi ke dua klubnya itu.

Baca Juga

8. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez menjadi nama terakhir yang pernah membela Barcelona dan Man United. Ia datang terlebih dulu ke Blaugrana pada 2011 dari Udinese.

Usai sukses di Barcelona, Sanchez pergi ke Inggris dengan membela Arsenal. Tampil apik di The Gunners, ia pun kemudian dilepas ke Manchester United. Nahasnya, ia gagal di Old Trafford.  

Bursa TransferManchester UnitedBarcelonaFrenkie de JongSepak Bola

Berita Terkini